logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Rambutan Kabupaten Subang sedang berbuah, petani tinggal menghitung hari

Rambutan Kabupaten Subang sedang berbuah, petani tinggal menghitung hari

Sampurasun... Rampes. Sebentar lagi buah berbentuk bundar dengan bulu-bulu disekujur kulitnya ini akan berjejer di pinggir jalan daerah Subang. Petani di Kabupaten Subang sekarang tinggal menghitung hari dan akan menikmati hasil jerih payahnya. Komoditi andalan Kabupaten Subang itu kini sedang berbuah, nah buah apa itu yang bulat dan berbulu?, hahaha ya gak adalain itu buah Rambutan.

Kalau pas Panen Rambutan  mereka memanfaatkan pengguna jalan yang melintas di jalur tersebuat, khususnya rombongan bus yang datang dari jakarta menuju wilayah Ciater atau tempat lainnya.


Rambutan Kabupaten Subang sedang berbuah, petani tinggal menghitung hari
Rambutan Kabupaten Subang sedang berbuah, petani tinggal menghitung hari, kendatia demikian, sejumalh petani Rambutan berharap ada intervensi dari pemerintah. Selain soal pemasaran, petani juaga berharap pemerintah melakukan inovasi buah rambutan menjadi makanan ringan sejenis keripik atau makanan kalengan. Ini mengingat, daya tahan buah rambutan tidak lebih dari 4 hari sampai sepekan.


Menurut saya akan lebih bagus lagi kalau pemerintah melakukan inovasi. Misalnya dibuat jadi kue ringan dan ini bisa dimasukkan ke minimarket-minimarket yang ada di Subang dan sekitarnya.

Berhubung saya punya pohon Rambutannya sedikit, ya ini buat pribadi saja, gak di jual, kalau ada yang beli sih di jual ding... eheheh.
Rambutan sedang berbuah

Buah rambutan Subang salah satu jenis buah lokal yang mampu bertahan atas serbuan buah impor. Bahkan Buah Rambutan  Indonesia ini mampu menggeser dominasi pasar buah impor di sejumlah sentra penjualan buah.
Salah satu sentra produksi buah rambutan berada di wilayah Kabupaten Subang. Di Subang terdapat areal perkebunan rambutan.

Rambutan asal dari daerah Kabupaten Subang ada Empat  jenis yang suka ditanam petani Rambutan di Subang yakni rambutan Lebak, Binjai, Rapiah, dan Si Pelat. Dari keepat jenis itu yang paling banyak ditanam petani adalah rambutan jenis Lebak. Kendati hargnya murah, pohon rambutan Lebak burbuah sangat lebat dan rasanya cukup enak dan nikmat.
Kebun Rambutan

Kalau mau cari yang paling enak  yaitu buah rambutan jenis Rapiah dan Si Pelat. Namun rambutan jenis itu sulit tumbuh dan buahnya jarang, sehingga harganya mahal.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

26 komentar

Nah Asyik nih Mang jika Musim Rambutan Panen berarti saya
Juga Ikutan panen deh makasih atas artikelnya Mang Yono

Balas

Alhamdulilah dapat Pertamax nih dari Mang Yono.. dimana ngambilnya Mang

Balas

gpp dpt yg kedua...
yg di bwh sy pegangan y...

Balas

kampungnya mang yono enak.. adem.. [skalian nyari buah xixixi]

Balas

klau udah matang lempar kesini mang

Balas

kang saud memang keren deh ... saya ga app dapet ketigax juga hehehe... harus pegangan nih pegang apa ya hehehe

Balas

maklum mbak Tari, kampung saya kan di pelosok negeri heheh.. ( nyarinya kesini aja sekalian naik pohonnya sendiri heheh)

Balas

oce sob nanti saya lempar sekarung ya hehehe

Balas

enak sekali buah rambutan.. ditambah pula dengan isinya yang manis..

Balas

Jangan lupa mang ngundang saya kalau sudah panen saya langsung kesana

Balas

sembari menunggu, kita nyanyi dulu kang

menghitung hariii, detik demi detiikkk (lanjutin) :D

Balas

kalo di tempat saya udah ada yang dipupu mang hehe

Balas

Ditunggu rambutannya juga kue dari buah rambutannya mang .... heehe

Balas

Buah rambutan dagingnya putih
Kenyal saat dikunyah
Wah sudah tiba musim rambutan nih
Rasa kesendal pengen meranggah

Balas

Di tempat saya lagi musim rambutan juga Kang, salah satu buah favorit saya nih :D

Balas

iya mizz bahkan sekarang sudah banyak yang mulai panen

Balas

iya deh nanti saya ngundang Mbak Jenk kalau siap panen ngundang buat naik pohon ngambilin buah rambutan eheheh

Balas

hahaha itu nanti buat lirik lagu dan mp3 untuk hari sabtu depan hehehe

Balas

asik nih bisa di lemparin sekarung ke sini kang ehehe

Balas

iya mas nanti ya, buat ngemil pas rondaan ehehe

Balas

Buah rambutan buah yang manis
mari kita makan buah rambutan bareng mbak Anis... haha gak nyambung ya

Balas

wah asik nih udah duluan panen ya

Balas

Kalau lagi musim rambutan di musim hujan, biasnya rasanya jadi anyep Mang. Manisnya kurang. Tapi saya belum mencoba rambutan kabupaten dari Subang sih......

Salam

Balas

kalau rambutan dari subang meskipun hujan badai tetep rasanya manis mas hehe

Balas

Kopinye sekalian ya mang .. hehehe

Balas

2 karung aja mang..buat dibagi2

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger