Sekedar numpang makan - minum di sawah

Sekedar numpang makan - minum di sawah

Sampurasun .... Rampes. Blog Mang Yono masih cerita di sawah neh. Kali ini saya isi dengan berbagai kegiatan yang menurut saya, gak semua orang tertarik dan gak semua juga punya kesempatan melakukannya , kalau anak saya sih senang di ajak ke sawah, katanya bisa Mencari ikan di sawah.


Tak afdol rasanya jika tinggal di desa tapi tidak pernah jalan - jalan ke sawah berhubung hari Minggu dan mengisi kegiatan anak dihari libur, kebetulan ada kegiatan di sawah, kegiatan apa coba?, Haha cuma kegiatan Sekedar numpang makan - minum di sawah sambil ngemandorin yang kerja, hitung – hitung merasakan jadi bos, walau cuma sehari ehehe....

Naplak untuk menanam padi
Naplak untuk menanam padi

Setelah semua siap, ya sudah langsung di sikat saja acara makan di saung sawahnya, makan bersama di saung sawah memang nikmat sekali, meskipun seadanya,  berpiringkan daun pisang atau daun jati gak masalah, ikan teri, lalapan mentah, lalapan yang direbus, jengkol gak ketinggalan juga, ditambah lagi sambel beledag  dengan nasi hangat.


Sekedar numpang makan - minum di sawah
Ngulek sambel beledag

Setelah selesai makan dan beristirahat, hanya duduk sebentar, terus kena angin sepoi - sepoi, langsung deh terguling dan hilang dalam sekejap…. Tapi, bangunnya beneran segaarrrr badan.
Mang Yono sekedar numpang makan - minum di sawah

Sungguh, bekerja di sawah itu merupakan warisan para leluhur saya yang sekarang sudah mulai pudar. Padahal, kebutuhan kita akan beras semakin tinggi. Dan, dari beberapa pembicaraan dengan para tetangga, dapat disimpulkan, banyak para petani yang gak lagi memiliki sawah. Kebanyakan sudah digadai atau dibeli oleh orang kota. Mereka hanya buruh sawah saja. Ah, sedihnya….
makan - minum di sawah


Kesawah itu ada gak enaknya juga apalagi kalau orang yang gak tahan dengan tanaman padi ini bisa gatelan, lho.
Bajak Pakai Traktor
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar