logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Supa Lember / Jamur kuping termasuk jamur yang tidak beracun

Supa Lember / Jamur kuping termasuk jamur yang tidak beracun

Sampurasun.... Rampes... Setelah sebelumnya Blog Mang Yono menulis tentang Berburu Jamur su’ung bulan / supa su’ung / jamur Barat dan Cara mengetahui ciri dari jamur liar yang beracun atau tidak beracun. Nah kali ini mau mencoba menulis tentang Supa Lember / Jamur kuping termasuk jamur yang tidak beracun.  Kenapa di namakan jamur kuping?, karena jamur ini mirip kuping, awas jangan asal kira jamur ini bukan terbuat dari kuping yang diiris... #Semprul heheh.

Jamur kuping terdiri dari 3 jenis yaitu, jamur kuping putih, jamur kuping hitam dan jamur kuping merah ketiga jenis tersebut tidak beracun. Nah karena jamur ini berwarna aneh, tetapi jamur ini aman untuk dikonsumsi, kalau saya berburu jamur ini biasanya tumbuh pada batang-batang pohon yang sudah lapuk, jadi cari saja pohon yang sudah lapuk atau sudah ditebang, bisa juga pada pohon yang belum di tebang tetapi sudah mati dan lapuk.

Supa Lember / Jamur kuping
Supa Lember / Jamur kuping

Tapi sekarang Jamur kuping sudah banyak di budidayakan ada yang membudidayakan  dengan cara ditanam pada potongan kayu gelondongan berdiameter 20 centimeter atau kurang dikit. Tapi karena sulit mencari kayu gelondongan, harganya mahal dan sayang khan untuk dilapukan, maka dicari media tanam lain, dari bahan limbah organik, seperti serbuk gergaji, ampas sagu, pucuk tebu, kertas bekas atau kertas koran, dan kapas bekas pabrik pemintalan. Ternyata kayu karet katanya merupakan jenis kayu yang paling baik untuk pertumbuhan jamur kuping. Setelah disiram atau terkena air hujan, selang beberapa bulan jamur kuping akan tumbuh pada batang kayu karet.


Keunikan dari supa lember ini kalau di pepes pas dimakan rasanya enak dan ada kenyal – kenyalnya hehehe

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

46 komentar

Supa lembar jamur kuping memang enak buat di sayur ya Kang ? saya baru tahu tuh kalau ini enak. Trims ya Kang .

Salam

Balas

di tempat saya lumayan banyak juga bang enaknya dimasak apa ya

Balas

iya mas jamur kuping memang mempunyai rasa yang berbeda, pas dimakan ada kernyil - kernyilnya hehe...

di pepes, di sayur, di oseng juga enak mas hehe

Balas

saya pernah ikut pelatihan budidaya jamur ini tahun 2011 di daerah centul di bogor mang.
Biasanya itu pakek serpihan kayu yang dipanaskan terlebih dahulu agar bakteri menghilang, baru dimasukkan bibitnya.

kalau dulu saya dimentawai mang, sering makan jamur ini, benar dari batang pohon yang lapuk.
Top Gondos mang

Balas

untuk rasanya gak kalah enak sama jamur kancing ya mang.. kalau di sayur manteb tuh

Balas

kalo di daerah saya nyebutnya supa rembel mang hehehe....
emang enak banget tuh mang, gurih-gurih enyoy... :)

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

supa ceuli memang enak dimakan ya mang, kenyal dan gurih nyoi nyoi :D

Balas

keren Skaleee Nih kang Info Tentang Jamur Kupingnya hehee tapinya saya Kira jamur kuping tersebut beracun Tapi ehhh Ternyata Kaga Juga yahhh ehehe

Balas

wow ternyata ... eh ternyata Bang Ronny master jamur kuping ... jempol dah bang

Balas

betul sekali mas dan jamur kuping rasanya lain dari jamur jamur yang lain hehehe

Balas

karena rembel di batang pohon ya kang, kalau di saya supa lember hehehe...

nah betul gurih - gurih enyoy kang eheheh

Balas

aduh maaf sekali link aktif pada komentar anda saya hapus.... ckckckc

Balas

Ini favorit saya kang, kalo digigit ada sensasi tersenndiri, klo kata orang sundamah "nyakrok" .

Balas

nah makan supa ceuli ini mungkin seperti gigit ceuli ya kang nyoi nyoi gituh ...hahaha

Balas

iya sih kang kalau melihat warnanya gak menarik banget, dan warna gelap identik dengan jamur beracun, tapi gak berlaku khan buat jamur kuping ini...

Balas

nah betul kang kalau dimakan jamur ini nyakrok tapi bikin deudeuieun ehhehe

Balas

kalau jamur ini saya belum berani makan mang, takutnya sih keracunan, sepertinya kenyal ya mang.
nah kalau sudah baca mana jamur beracun dan mana yang tidak beracun dari mang yono, saya tetep tidak mau makan, tidak terbiasa makan jamur mang, hehehe

Balas

Jamur kuping diiris kecil panjang seperti mi lalu ditumis dg cabe merah dan hijau besar oh nikmatnya

Balas

Masakan sayur dari jamur ini adalah bagian dari makanan kesukaan saya ini mang..
Salam kenal dan salam persahabatan

Balas

Jenis jamur ini memang cukup banyak juga di kampung saya mang

Balas

sama kaya lemer apa gimana yah mang xixixi

Balas

saya paling suka jamu kuping di sayur campur sama bayem. Waduh jadi laper hehehe. Jamur kuping emang udah ga di ragukan lagi rasanya yang begitu khas. Oh ya salam kenal ya mang

Balas

jamur kuping ( lember ) adalah jamur yang sangata banyak mannfaatnya,harganyapun cukup tinggu terutama jamur kuping hitam yang sudah kering,

Balas

bener tuh mbak anis tahu saja nih hehe

Balas

dikampung saya juga namanya lember Mang,biasanya tumbuh di bambu kering yang dibuat ( paratag ) tanaman labu siam hehe

Balas

kalau dimasak enak kok, saya pernah makan

Balas

wah di tempat saya ada juga mang, bisa dimakan ya mang....

Balas

jamur kuping mah emang makjleb, apalagi kalau yang ngolahnya ibue'...mang yono bakal dedeui-eun lah....

Balas

Jamur kalo di krispi saya paling suka mas.. salam kenal

BLogwalking yuk :)

Balas

jadi jamur ini bisa dimakan yh
cocok donk buat yang vegetarian

Balas

di dareah saya banyak mang ..jamur kayak gni ..kirain beracun

Balas

Kenyil-kenyil ya mang, rasanya jamur kuping,..

Balas

Kalau beracun pasti jamurnya ada gambar tengkoraknya Mas.., hehehehe...:)

Balas

Yang pemakan daging pun juga cocok..:)

Balas

Jamur Kuping emang enak yah Mang? saya belum pernah coba makan
Tuh Mang simak artikelnya deh Mang Yono. terima kasih atas infonya :)

Balas

Kalau saya sering nya Jamur Jerami Tuh Mang Yono
Di masak atau di pepes enak rasanya. jamur kuping
Juga enak yah Mang?

Balas

hhmm .... iya tu mas kayaknya

Balas

salam cemerlang ya mang. hehehe nyam nyam nyam

Balas

Saya belum pernah makan nih jamur kuping, apalagi yang pake tindikan ... hehehe

Balas

wah saya malah belum pernah master makan jamur itu. Katanya sih banyak gizi nya :)

Balas

saya malah baru tahu mas.. :)

Balas

jadi tambah pengetauan lagi tentang jamur. trus beanya dengan jamur merang seperti yang dibududayakan di pegunungan dieng itu gemana ya

btw
blog agan koten maupun desainnya unik

Balas

Selain yg putih, saya belum pernah makan, mang. Kl yg putih digoreng tepung + sambal trasi, wes maknyusss...

Balas

nambahi lagi, kriuk kriuk...

Balas

Iya mang memang jamur kuping tidak beracun. Tapi kalau di olah kira-kira doyan nggak ya.? Soalnya bentuknya yang agak gimana gitu hehehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger