logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak

Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak

Sampurasun .... Rampes .... Sisa bunga pisang yang tidak lagi bisa menghasilkan buah dikenal sebagai jantung pisang. Karena memiliki nilai gizi dan khasiat yang penting untuk kesehatan, jantung pisang banyak disukai orang termasuk saya sendiri , makanya saya tulis di Blog Mang Yono, setelah kemarin saya berbagi tentang lalapan Gunda dan Rebung bambu betung. Jantung pisang biasanya diolah menjadi berbagai produk seperti dibuat sayur lodeh, abon, bakso, dan dendeng.

Jenis jantung pisang yang umumnya dibuat masakan, yaitu jantung yang berasal dari jenis pisang kepok, keu’eus / klutuk / batu, pisang siam pisang pulo. Tapi menurut saya yang paling enak adalah jantung pisang batu / klutuk, kadang saya  memakannya dalam keadaan mentah, yaitu untuk lalapan atau sebagai rujak colek.

Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak
Jantung Pisang Keu'eus / Batu / Klutuk
Kalau istri saya biasanya mengolah / memasak Jantung pisang   untuk diolah menjadi pepes jantung, pecel, tumisan dan Sebagai variasi dapat juga dimasak bersama sarden atau bisa juga dimasak menjadi sambal goreng jantung pisang. 

Selain jantungnya kalau pisang keu’eus / klutuk / batu, pisang yang masih mudanya atau istilah bahasa kerennya “Keu’eus” pisang Klutuk biasa di manfaatkan masyarakat atau tetangga saya untuk dijadikan olahan pecel dan bahan sambal lotek.
Kalau Keu’eus yang masih mentah biasanya untuk rujak, rujak tumbuk atau rujak colek sama saja... Nikmaatt.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

saya sering makan jantung pisang mang,.. emank rsanya enak

Balas

pernah makan sih tapi sebagaicampuran sayur dan bukan sebagai lalapan

Balas

Salah satu makanan favorite saya Mang... rasanya gimana gitu. Walaupun ada mitos makan jantung suka jantungan tp saya ngak percaya he...

Balas

Jantung pisang kalau di buat sayur enak banget Mang. Apalagi kalau yang masak orang yang kita sayangi, emakin mengikat jantung hati deh.......:D

Salam

Balas

Saya kurang suka makan jantung pisang ini mang mungkin rasa pengolahannya yang beda jadi lain kali ya

Balas

Jantung pisang yg di sebut juga bazoka hehehe..

Balas

wah saya juga suka mang, jantung pisang klutuk mah dilalap mentah aja enak mang cukup di coel sama sambel juga dah enak, apalagi makannya kalo lagi di sawah beuh nikmat pisan... :)

Balas

jadi inget waktu tinggal didesa....lauk nasi pake jantung pisang macem gini mah udah makanan sehari hari dengan berbagai macam olahan dan cita rasa...

Balas

Skrang udh jarang Mang mkan jntung psang, pdahal enak ya Mang...

Balas

Kalau bapakku nyebutnya cau kulutuk, hehe.... oh iya aku rekomendasiin ah sama ibuku, biar masak jantung pisang klutuk, :)

Balas

Mitos yang beredar disekitar saya, jika sakit boyok dilarang konsumsi ontong (jantung pisang)

Balas

kalau pisang klutuk yang masih muda biasanya untuk pelengkap bumbu rujak cingur Mang

Balas

wah mantap berarti ya mang, dibalik pisangnya yang rada rese ternyata jantungnya lumayan menarik buat dicoba heheh

Balas

Kalau di olah dengan benar, Jantung pisang eman enak ya kang, Tergantung yang masak

Balas

sayur jantung aku malah ga bisa bedain dari pisang apa
asal terhidang yaudah embat sajah... :D

Balas

Mantap mang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger