Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.

Sampurasun .... Rampes .

MANGYONO.com - Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi  utuk pecel, dibuat urap atau lalapan mentah. Mungkin sebagian orang merasa asing dengan lalapan yang satu ini, tetapi bagi masyarakat di daerah sunda atau tepatnya di daerah saya gunda ini sudah biasa dikonsumsi. 

Gunda adalah gulma disawah yang bisa  dikonsumsi utuk pecel / lotek atau lalapan mentah. Gunda sering di konsumsi oleh masyarakat di kampung saya sebagai lauk-pauk pelengkap nasi.Tanaman ini tumbuh liar di daerah pesawahan, jadi tumbuhan gunda ini tidak ditanam, gunda merupakan gulma pengganggu tanaman padi.

Gunda adalah gulma disawah yang bisa  dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah. 
Pohon gunda diantara rumpun padi

Kalau saya mengkonsumsi Gunda ini kadang suka waktu masih mentah, kalau istri saya sering membuat pecel gunda, untuk pembuatannya hampir sama seperti pecel, pecel lainnya yaitu dikukus dan dikasih bumbu kacang, atau gunda ini bisa dibuat oseng – oseng atau dikukus / direbus dulu dan di colek pada sambal ... hehehe. 

sambal dicolek pakai rebus gunda
 Rebus Gunda pas mantab dicolek ke sambel

Rasa dari lalapan gunda, yaitu rasanya pahit – pahit enak hehehe. Seperti mengkonsumsi daun pepaya, tapi lebih pahitan daun pepaya ding ... hehehe.

Pohon Gunda biasanya tumbuh di sawah di antara tanaman padi yang berumur 2 bulan, biasanya gak lebih dari umur tanaman padi segitu, karena umur padi dua bulan merupakan waktunya penyiangan, ngarambet atau ngagurul, jadi gundanya juga ikut dicabut, kadang pas waktu penyiangan itu gunda – gunda dipisahkan untuk lalapan atau dibuat masakan lainnya.

Pohon gunda bentuknya hampir sama dengan kangkung biji. Cara untuk menambul gunda ini cukup gampang yaitu dengan cara dipetik atau dicabut dengan akarnya. Berhubung ditempat saya ada
penjual lotek keliling , jadi Blog mang Yono sekarang berani menuliskan cara membuat lotek, karena sering melihat racikan lotek ... hehehe

Cara membuat lotek gunda :
Siapkan Gunda secukupnya boleh juga ditambah kacang panjang, kol atau toge, kalau saya lebih suka gunda saja, tampa dicampur dengan sayuran yang lainnya.

Bahan bumbu lotek  :
(1).  Kacang tanah goreng secukupnya
(2). Bawang putih sesuai selera.
(3).  Cabai rawit merah sesuai selera
(4). Gula merah secukupnya
(5). Garam secukupnya
(6). Asam jawa secukupnya
(7). Kencur secukupnya

Cara membuat lotek
(i).  Pertama rebus Gunda dan sayuran lainya.
(ii). Buat sambal bumbu yaitu dengan mencampurkan bahan nomor 3,4,5,6 dan no. 7 semua bahan haluskan dengan ulekan  lalu campurkan sayuran dengan bumbu dengan cara diulek sambil diaduk supaya bumbu tercampur merata. . 


Baca : Mencari lalapan gunda di sawah



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar