logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Musim Jeruk Bali ( Pamelo ) Tapi Jeruk Bali Akan Berbuah Sepanjang Tahun

Musim Jeruk Bali ( Pamelo ) Tapi Jeruk Bali Akan Berbuah Sepanjang Tahun

Sampurasun ...... Rampes.... Jeruk bali termasuk buah musim. Namun sebenarnya, selain musim panen raya, pohon Jeruk bali atau biasa disebut juga pohon pomelo masih bisa berbuah sepanjang waktu, walau jumlah terbatas.



Nah, bagi sobat yang mau memilih jeruk bali yang manis gampang-gampang susah. Soalnya, tidak bisa melihat dari luar karena kulit jeruk bali biasanya berwarna hijau atau hijau kekuning - kuningan ketika matang. Untuk mengetahui jeruk bali  tersebut manis tidaknya , kita harus melihat isi daging buahnya yaitu caranya dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Buah Jeruk Bali ( Pamelo ) - Buah Pertama
Buah Jeruk Bali ( Pamelo ) - Buah Pertama

Biasanya daging buah jeruk bali ada yang berwarna putih, namun ada juga yang berwarna kemerahan, jeruk bali yang berwarna kemerahan ini rasanya memiliki rasa lebih manis bila dibandingkan dengan jeruk bali yang memiliki daging berwarna putih.

Jeruk bali ini hanya dikenal di Indonesia apalagi di pulau Bali hehehe. Kalau di negara lain Jeruk ini mempunyai nama pomelo. Di China kalau tidak salah dikenal dengan nama youzi.

Kalau saya cara membudidayakan atau memperbanyaknya pohon Jeruk Bali yaitu dengan cara cangkok. Karena cara budidaya dengan cangkok merupakan langkah yang tepat dan sangat menguntungkanbila dibandingkan dengan penanaman secara biji atau stek, karena cara mencangkok itu bertujuan untuk mempercepat pohon Jeruk Bali untuke berbuah.

Karena dengan cara mencangkok lebih praktis, dan katanya ada juga jeruk bali yang tidak memiliki biji. Nah kalau jeruk balinya tidak memiliki biji terus yang ditanam biji apa coba... hehehe.. 
Musim Jeruk Bali ( Pamelo ) Tapi Jeruk Bali Akan Berbuah Sepanjang Tahun
Jeruk Bali ( Pamelo ) Akan Berbuah Sepanjang Tahun

Pohon jeruk bali akan aktif berbuah mulai tahun ketiga dari penanaman cangkok. maksimal bisa berbuah mulai dari 15 jeruk hingga 25 jeruk tiap pembuahannya, kalau buah terlalu banyak nanti pohonnya bisa kekurangan nutrisi. Jadi di awal-awal kita harus membuang atau memangkas buah yang dirasa berlebih atau dirasa terlalu banyak.



Dari tahun ketahun, jumlah panen akan bertambah seiring pertumbuhan pohon. Katanya Pohon jeruk bali akan menghasilkan buah maksimal di usia tujuh atau delapan tahun. Ketika itu, satu pohon bisa menghasilkan sekitar 300 hingga 400 buah dalam sekali panen.

Biasanya Jeruk bali akan berbuah antara bulan Februari hingga Mei dan selama bulan Oktober sampai November. Tapi diluar bulan itu juga pohon Jeruk bali masih bisa berbuah namun buahnya kurang banyak.

Poto diatas adalah poto Pohon Jeruk Bali Saya yang baru berbuah tingginya kira - kira 1,5 Meter, karena pohon Jeruk Bali yang sudah Besar dan sudah berumur 9 Tahun sengaja saya tebang heheheh.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

12 komentar

Di tempat saya ad jga Kang jeruk Bali, tapi udah agak susah carinya, skarang malah bnyak yg ganti tanam jeruk manis...

Balas

Kalau musim jeruk bali, anak-anak seneng ya, bisa buat mobil-mobilan dari kulit jeruk ..
btw masih ada gak ya yang bikin mobil2an pake kulit jeruk ..? :)

Balas

Tapi aneh ya mang kl jeruk rasanya terlalu manis... mustinya harus ada kecut2nya dikit gitu loh...

sm kyk salak yg lebih enak kl ada sepet2nya... ^_^

Balas

wah mantab2 ukuran jruk bali ny :D

Balas

betul...hrus nano-nano rasanya...bru top :D

Balas

Saya pernah mencobanya baru metik lalu diambil isi setelah itu dicampur sama sambel rujak...telinga sampai berdenging

Balas

coba atuh gorolongkeun hiji atuh mang jeruk bali na hehe

Balas

wah kalau dikampung saya sudah tidak ada jeruk bali,sekalipun ada buahnya tidak bisa besar ukuranya cenderung kecil,mungkin caran perawatanya yang salah Mang hehe

Balas

di desa saya gk pernah berbuah jeruk ini mang.... yg ada durian tuh bajibun... hehe

Balas

thanks kang, saya akan coba nih tipsnya
:)

Balas

di tempat q mahal mas.. :)

Balas

Jenis jeruk ini paling enak dibikin rujak ya kang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger