logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengecat Dinding Luar Rumah dengan menggunakan cat besi atau cat minyak

Mengecat  Dinding Luar Rumah dengan menggunakan cat besi atau cat minyak

Sampurasun .... Rampes....  Mengecat  Dinding Luar Rumah dengan menggunakan cat besi atau cat minyak setelah sebelumnya Blog Mang Yono menulis tentang Cara mengecat dinding rumah memakai cat murah tapi berkualitas dan tahan lama dan Cara mengecat Plafon Rumah yang bernoda karena terkena bocoran air hujan atau lembab. Cara ini saya lakukan untuk pengecatan dinding Rumah dibagian luar Rumah saya , ini bertujuan untuk dinding Rumah supaya bersih dari coretan – coretan anak saya ataupun kotoran atau noda yang timbul dari debu – debu atau cipratan tanah lumpur.

Nah , Karena dinding Rumah saya menggunakan cat minyak atau istilah kerennya cat besi, maka apabila dinding kotor saya biasanya mencuci dengan air sambil disikat dengan menggunakan sikat cuci.

 Dinding Luar Rumah saya menggunakan cat besi atau cat minyak
Dinding Luar Rumah saya menggunakan cat besi atau cat minyak

Bagi sobat yang mau melakukan atau mengikuti cara ini kali ini Blog Mang Yono mau sedikit berbagi untuk itu yang mau mempraktekan cara ini sobat perlu memperhatikan dan mempersiapkan beberapa hal sebelum mulai mengecat. 

# Salah satu yang perlu Sobat perhatikan adalah kondisi dinding. Tak jarang, muncul masalah terkait dengan dinding yang hendak dicat. Permukaan dinding berkapur, mengelupas, berjamur, atau ditumbuhi lumut. Tapi jangan panik. Masalah ini mudah diatasi kok. 


# Sebelum pengecatan, dinding diampelas lebih dulu sampai bersih, kemudian semprot dengan air bertekanan tinggi. Setelah bersih, biarkan dinding sampai kering. Kini, dinding Anda siap dipoles dengan cat lapisan pertama, sebelum diberi lapisan cat yang kedua. 


# Nah apabila dinding Rumah sobat yang mau di cat berlumut, ya tidak ada cara lain, sobat harus mengerok atau mengelupas lumtnya dulu sampai bersih. Gunakan pembersih jamur fungisidal wash atau lumut. Selanjutnya, bersihkan dengan air untuk memastikan permukaan dinding bebas dari cairan asam yang mungkin masih tersisa. Biarkan dinding sampai kering, setelah itu pengecatan bisa mulai dilakukan.


Berikut ini yang harus diperhatikan untuk memulai pengecatan dengan cat minyak:


(i). Hindari mengecat pada musim hujan atau cuaca lembab. Kondisi tersebut mengakibatkan dinding Rumah akan lembab juga dan cat minyak tidak akan menempel  tidak dapat terbentuk secara maksimal. 


(ii). Sebelum mengecat, pastikan permukaan dinding dalam keadaan kering. Jangan memulai pengecatan lapisan kedua sebelum lapisan pertama benar-benar kering. Jika ini terjadi, pengecatan akan gagal karena cat meleleh dan sebagian cat yang belum kering akan tertarik roll atau kuas.


(iii). Penggunaan plamur (wall filler) tidak disarankan untuk diaplikasikan di seluruh permukaan tembok luar maupun dalam. Plamur akan mengurangi daya rekat cat terhadap tembok.


(iv). Jika terpaksa menggunakan plamur untuk meratakan permukaan tembok atau menutupi retak-retak halus, gunakan plamur seminimal mungkin.


(v). Gunakan pelindung mata agar mata tidak terkena cat secara langsung. Bersihkan percikan cat yang menempel di kulit dengan thiner campur air.




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

Pertamax gan....

Silahkan yang mau mengecat rumahnya, tapi ini husus untuk dinding rumah bagian luar, karena nantinya akan mengkilap, khan ndak bagus kalau dinding bagian dala mengkilap hehehe

Balas

Pertamaxnya sudah di ambil tuan rumah, habis buat campuran cat he....

Balas

Memang lebih bagus pake cat minyak, ngak gampang jamuran. Tapi kira kira untuk diluar habis berapa galon ya cat nya he...

Balas

halo kang, boleh tau merk cat minyak yg bagus utk tembok merk apa? utk aplikasinya sendiri pake kuas, rollan atau semprot kompresor kang..? thanks,

Balas

saya habis 1 galon yang 20 literan Kang...

Balas

pakai semua cat minya juga bagus, asal benar - benar cat minyaknya hehehe... saya pakai roll untuk cat epoxy

Balas

Akang cat minyaknya pake epoxy?
Trus biasanya tahan berapa lama cat minyak utk tembok exterior?

Balas

Kalo dinding rumah saya sebelumnya sudah ada cat tembok kalo langsung ditimpa pake cat minyak bisa enggak zzzz

Balas

Kalo dinding rumah saya sebelumnya sudah ada cat tembok kalo langsung ditimpa pake cat minyak bisa enggak zzzz

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger