Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya

Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya

Sampurasun .... Rampes ... Selamat wayah kieu sobat, ketemu lagi dengan Blog Mang Yono. Nah kali ini saya kaan berbagi tentang tanaman Genjer. Genjer adalah Gulma yang enak dikonsumsi, baik itu dibuat olahan Pecel, Lotek, Sayur atau cuma di rebus atau dikukus, atau dibilas pakai air pendidih. Ternyata katanya tanaman atau tumbuhan genjer memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tanaman Genjer mempunyai nama ilmiah Limnocharis flava .

Genjer adalah tumbuhan yang tumbuh liar di sawah seperti tumbuhan Gunda, bagi para petani tumbuhan ini merupakan tumbuhan Gulma yang berbahaya pada Tanaman Padi jika dibiarkan tumbuh diantara tanaman padi, karena kalau terlalu banyak tumbuh genjer di antara padi, maka akan terjadi perebutan makanan antara Tanaman Padi dengan tumbuhan Genjer itu sendiri.

Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi

Nah, demi untuk mempertahankan tumbuhan Gulma Genjer ini, biasanya para petani  memisahkan Genjer atau ditanam tersendiri  apabila mau membudidayakannya. Tanaman Genjer dapat diperbanyak dengan cara VEGETATIF atau bisa juga dengan cara GENERATYIF yaitu menggunakan biji Genjer.


Pada jaman dahulu tanaman Genjer ini kata Nenek saya dikenal dengan Sayuran Orang miskin, karena kalau sayuran dari tanaman lain harganya mahal, tapi sekarang tanaman Genjer masuk pada semua golongan. Coba saja sobat lihat sayuran Genjer ini sekarang sudah masuk ke Restoran mewah.


Menurut keterangan yang saya pernah baca, tanaman genjer ini mempunyai banyak manfaat, karena banyak mengandung Nutrisi – nutrisi bagi tubuh kita, diantaranya:


Energi 33 kkal.
Protein 1,7 gr.
Lemak 0,2 gr.
Karbohidrat 7,7 gr.
Kalsium 62 mg.
Fosfor 33 mg.
Zat Besi 2 mg
Vitamin B1 0.07 mg.


Nah bagi tubuh kita tanaman Genjer ini sangat bermanfaat sekali untuk :


Meremajakan sel – sel tubuh kita, Cadangan energi, memperkuat tulang kita, mencegah kanker dan masih banyak lagi manfaat – manfaatnya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar