logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya

Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya

Sampurasun .... Rampes ... Selamat wayah kieu sobat, ketemu lagi dengan Blog Mang Yono. Nah kali ini saya kaan berbagi tentang tanaman Genjer. Genjer adalah Gulma yang enak dikonsumsi, baik itu dibuat olahan Pecel, Lotek, Sayur atau cuma di rebus atau dikukus, atau dibilas pakai air pendidih. Ternyata katanya tanaman atau tumbuhan genjer memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Tanaman Genjer mempunyai nama ilmiah Limnocharis flava .

Genjer adalah tumbuhan yang tumbuh liar di sawah seperti tumbuhan Gunda, bagi para petani tumbuhan ini merupakan tumbuhan Gulma yang berbahaya pada Tanaman Padi jika dibiarkan tumbuh diantara tanaman padi, karena kalau terlalu banyak tumbuh genjer di antara padi, maka akan terjadi perebutan makanan antara Tanaman Padi dengan tumbuhan Genjer itu sendiri.

Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi

Nah, demi untuk mempertahankan tumbuhan Gulma Genjer ini, biasanya para petani  memisahkan Genjer atau ditanam tersendiri  apabila mau membudidayakannya. Tanaman Genjer dapat diperbanyak dengan cara VEGETATIF atau bisa juga dengan cara GENERATYIF yaitu menggunakan biji Genjer.


Pada jaman dahulu tanaman Genjer ini kata Nenek saya dikenal dengan Sayuran Orang miskin, karena kalau sayuran dari tanaman lain harganya mahal, tapi sekarang tanaman Genjer masuk pada semua golongan. Coba saja sobat lihat sayuran Genjer ini sekarang sudah masuk ke Restoran mewah.


Menurut keterangan yang saya pernah baca, tanaman genjer ini mempunyai banyak manfaat, karena banyak mengandung Nutrisi – nutrisi bagi tubuh kita, diantaranya:


Energi 33 kkal.
Protein 1,7 gr.
Lemak 0,2 gr.
Karbohidrat 7,7 gr.
Kalsium 62 mg.
Fosfor 33 mg.
Zat Besi 2 mg
Vitamin B1 0.07 mg.


Nah bagi tubuh kita tanaman Genjer ini sangat bermanfaat sekali untuk :


Meremajakan sel – sel tubuh kita, Cadangan energi, memperkuat tulang kita, mencegah kanker dan masih banyak lagi manfaat – manfaatnya.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

14 komentar

Bner Mang, favorit saya itu genjernya, rasanya phit2 gmana gtu ya Mang....

Balas

iya mas Olahan Genjer rasama pahit tapi nyoy - nyoyan hehehe

Balas

Kalu dikampung saya dulu genjer ini suka dibuat Lotek ( semacam gado-gado ) uenaknya bukanmain yah Mang,tapi sekarang hampir langka Mang,kalau dulumah banyak disawah,terus ada juga yang sejenisnya namanya eceng,itu juga enak kalau dimasak hehe

Balas

wah WS suka sekali lalap genjer ini mang...mantap dh :D
sama sambal terasi makin top heheh

Balas

hhhihihi mamang, udah kayak praktisi gizi ajah neh, udah tahu kandungan gizi dari suatu kandungan tumbuhan., :D
kembali berkunjung mang., :)

Balas

aih ternyata genjer yang banyak dianggap makanan kelas kaum du'afa ini punya kandungan nutrisi yang makjleb banget ya...muley sekarang mo tiap hari makan genjer ah.

Balas

Aku suka genjer..ditumis pake tauco sama di campur oncom mang
Hmmm...nikmat nya nyoiii banget... ^^

Balas

ternyata banyak manfaatnya ya kang?

Balas

genjer? kalau di kampung saya namanya apa ya?

Balas

Kayak kangkung yah mas.hehhe

Balas

baru dengar nih tanaman ganjer :D

Balas

Itu kesukaan saya mang sayur genjer hehehe.
Tapi genjer tidak bisa di cerna loh mang.. Beneran deh hehehe

Balas

pak kl mau beli bibit genjer dimana ya?

Balas

kl mw beli bibit genjer dmn ya?

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger