logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung

Sampurasun .... Rampes .... 

Blog Mang Yono. Cara memindahkan Bakalan bonsai Serut ke Alam terbuka alias tanah langsung tanpa menggunakan pot, sangat gampang sekali bagi yang sudah biasa. Berhubung saya baru dalam pembelajaran tanam – menanam tanaman, jadi sedikit ragu – ragu apakah akan tumbuh atau malah tewas seketika heheh.

Langkah – langgkah yang saya lakukan, untuk memindahkan bakalan bonsai serut ke alam terbuka alias tanah langsung tanpa menggunakan pot yang saya lakukan, mungkin berbeda dengan, para master bonsai atau master tanaman lainnya.  Sebelumnya sya pernah menulis tentang Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4  setelah saya mencoba Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper).

Cara membindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung
Bakalan Bonsai Serut
Di bawah ini akan saya sedikit jelaskan tentang cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung, dengan cara yang benar dan cara yang salah. Jadi langkah – langkah untuk memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung, cara - caranya harap diperhatikan dengan benar, jangan sampai melakukan cara yang salah seperti yang saya jelaskan dibawah.
Ini bakalan bonsai serut masih di pot
Ini bakalan bonsai serut masih di pot
Berikut caranya, untuk memindahkan bakalan bonsai serut ke alam terbuka alias tanah langsung tanpa menggunakan pot :
1.    Langkah pertama seperti biasa siapkan gula kopi dan diseduh dengan air panas, ini untuk menemani menanam bakalan bonsai serut ke tanah langsung hehehe.
2.    Siapkan lahan atau tempat yang cocok untuk menanam Bakalan bonsai serut, jangan sampai dikemudian hari tanaman ini akan pindah ketempat lain, karena mengganggu bagi tanaman lain. Seperti saya ini, lokasi untuk menanam bakalan bonsai serut adalah bekas Tanaman cangkokan lengkeng yang waktu itu saya tanam di tempat ini, tapi setelah saya pikir – pikir nanti malah tanaman lengkengnya mengganggu tanaman lain, ya tanaman lengkengnya saya pindah ke belakang Rumah saya hehe.
3.    Gali tanah menggunakan cangkul atau alat lainnya, asal jangan menggunakan tangan langsung nanti malah dikira kucing mau membuang harta karun hehe. Lubang untuk tanaman ini kira – kira 30 x 30 Cm sudah cukup.
4.    Setelah lubang atau galian tanah selesi, masukan humus atau arang sekam padi, kalau saya pada penanaman awal jarang menggunakan pupuk kandang, karena pupuk kandang tersebut akan menimbulkan panas, tanaman tersebut daunnya kan menguning, nanti saja kalau tanamannya sudah umur 1 bulan atau 2 bulan, baru boleh menggunakan pupuk kandang.
5.    Belah pot tanaman yang akan dipindah, ini untuk mempermudah pengambilan akar dan tanah tanaman tersebut, kalau di cungkil nanti kemungkinan besar malah akar dari tanaman tersebut akan terputus, kalau perakaran tanamannya sudah banyak sih tinggal disiram setelah basah langsung dicabut juga bisa.
6.    Letakan tanaman tersebut pada galian tanah yang sudah dibuat tadi, usahakan posisi tanaman berada di tengah galian dan posisinya tegak.
7.    Timbun dengan tanah galian dengan perlahan – lahan dan hati – hati, sampai tanah tersebut rata dengan tanah disekitarnya dengan sedikit dipadatkan
8.    Setelah selesai penanaman, langsung disiram sampai tanah tersebut basah.
Cara membindahkan tanaman dari pot ke tanah
Nah, cukup mudah khan cara untuk memindahkan bakalan bonsai serut ke tanah langsung, mungkin semua orang juga bisa, yang terpenting, jangan ragu atau terlalu memikirkan apakah tanaman akan hidup atau malah mati, memang sih dalam menanam tanaman kemungkinannya ada dua yaitu, tanaman yang kita tanam akan hidup atau malah sebaliknya, tanaman tersebut malah mati.

Kata orang sih, katanya yang mempunyai tangan panas setiap menanam tanaman apa saja akan mati, tapi saya tidak percaya itu, karena dalam menanam tanaman itu tidak ada tangan panas atau tangan dingin, mungkin yang menanam tanaman terus tanaman tersebut mati. Kemungkinan besar dalam menanam tanaman kurang hati – hati atau dalam penanamannya sedikit ceroboh. 

Berikut cara – cara yang salah dalam menanam tanaman atau memindahkan tanaman ke tanah, misalnya: 
a.    mengikuti langkah pertama, siapkan gula dan kopi terus diseduh dengan air panas terus air kopi tersebut malah di siramkan ke tanaman yang akan dipinda, ya jelas dong tanaman tersebut akan mati hehehe.
b.    Langsung mencabut tanaman yang akan dipindah, dengan ceroboh, tanpa membasahi tanah disekitarnya, kemungkinan besar akar tanaman yang dicabut tersebut akan terputus dan tertinggal.
c.    Menanam tanaman yang sudah berakar tanpa menggali tanah terlebih dulu, seperti menanam singkong, kemungkinan besar tanaman yang ditanam akan mati hehehe.
d.    Meletakan tanaman pada galian tanah yang dibuat tanpa menimbun kembali, ini juga langkah yang salah, dijamin tanaman tersebut akan roboh dan tanamannya akan mati.
e.    Setelah penanaman selesai malah menyiram tanaman tersebut dengan air mendidih, dijamin tanaman tersebut tidak akan tumbuh.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

nuah, kalau WS seringnya dulu dicungkil langsung mang tanamannya, yah kahirnya mati, hal yang nampak sepele padahal vital sekali y mang dalam memindahkan tanaman dari pot ke tanah ini...terima kasih mag

Balas

Untuk memindahkan tanaman itu memang susuah-susah gampang yang Mang ? Tapi kalau mengikuti pengalaman di atas jadi enak.

Salam wisata

Balas

makasih infonya kang, kalau saya tadi pagi baru mindahin tanaman cemara dari karung kecil ke ember :D

Balas

bermanfaat sekali ilmunya kang, kebetulan saya lagi suka sama tanaman nih :D

Balas

siapkan gula dan kopi terus diseduh dengan air panas itu mah kerjaanku kalau lagi ngeblog mang.kwkwkw

Balas

Ohh, jadi gitu yaa mas. saya coba terapkan nanti deh :)

Balas

Tanahnya subur ya Kang mudahan tanaman yang sudah dipindah dari pot ke tanah tumbuh subur dan rindang...

Balas

Kalau bicara tentang Bonsai pohon Serut,saya jadi teringat kemasa lalu,Bonsai serut punya saya dulu ditawar 3 juta,tapi saya nggak kasih soalnya sudah terlanjur sayang, tapi apa yang terjadi Bonsai tersebut hilang dicuri orang,hampir satu bulan saya stresssss.......

Balas

kopi tok ora seruuu tambah singkong goreng ma pisang goreng itu baru seruuuuuu

Balas

kalau ditanam di tanah nanti bukan jadi bonsai lagi dong mang ...

Balas

wah jadi begitu ya mang.. kalau saya sih b iasanya langsung saja mang.. gali tanah langsung saya masukan tanamannya tanpa saya kasih humus dulu hehehehe wah ternyata saya salah ya mang. pantesan gampang layu dan mati hehehehe

Balas

betul sekali kang, kadang kalau tidak sabar langsung cungkil saja dan akhirnya tanamannya layu dan tewas hehehe, mendingkan korbankan pot, atau dengan membasahi tanah di pot, biar gampang melepaskan tanah dari potnya kang

Balas

iyamas, kalau mengikuti cara yang cocok kemungkinan untuk gagal kecil sekali hehehe

Balas

terimakasih, sama - sama mas, ternyata mas Ficri senang menanam tanaman juga ya

Balas

Mudah - mudahan sedikit bisa membantu ya kang, waw hebat nih akang, kalau ditempat saya tanaman ini sudah sedikit langka kang

Balas

waw berarti hampir sama ya kang, ngeblog sama nanam tanaman ...

Nah, betul sekali tuh kang Dede katanya mau kirim singkong goreng ma pisang goreng, jangan pakai lama ya kang hehe

Balas

kurang lebihnya seperti itu mas, silahkan mas

Balas

kalau tanahnya kurang subur bisa ditambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang Kang

Balas

waduh, sayang sekali ya kang, berarti Kang dede Bonsainya ditanam di pot ya?. Coba bonsainya ditanam di tanah langsung, pasti kesusahan tuh yang nyurinya, harus dongkel tanah hehehe

Balas

iya juga sih kang, tapi dulu saya tanam di pot, eh pagi saya tengok tuh potnya di ambil sama tukang rongsokan, terus bonsainya dilempar ke got, saya tanam ditanah langsung biar tidak ada yang ngambil kang, kalau mau ngambil juga harus kuras tenaga untuk menggali tanah eheheh

Balas

tapi kalau mau kasih humus belakangan juga gak apa mas, asal jangan memakai pupuk kandang saja, karena sipat dari pupuk kandang itu panas, bagi tanaman baru saya gak pernah pakai pupuk kandang, kecuali kalau sudah umur 2 bulan ditanam

Balas

Trims infonya Mang, salam kenal.Helmi Komara

Balas

Kang kalau tanaman serut.nya kan idah di tanam di halaman sekitar 6 bulan yang lalu dia mau hidup.. eh tiba"sekarang udah layu dan kuning apa itu" ciri bonsai yang mau mati kang trus gmana solusinya..? terima kasih kang yono

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger