Pentingnya menanam Tumbuhan yang dapat memikat Burung

Sampurasun .... Rampes ....


Blog Mang Yono. Pentingnya menanam Tumbuhan yang dapat memikat Burung. Tanamlah berbagai jenis tanaman seperti pohon bunga, pohon buah atau pohon sayuran. Karena jika kita memiliki berbagi jenis tumbuhan dan bunga atau Halaman Rindang Dan Berbunga, Burung Datang Dan Bersarang. Semakin beraneka ragam jenis yang ditanam di halaman rumah, semakin banyak pula jenis burung yang akan datang kehalaman kita. Seperti pada postingan sebelumnya tentang Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang.

Pentingnya menanam Tumbuhan yang dapat memikat Burung. Menurut yang saya ketahui tentang halaman di daerah Jawa Barat khususnya daerah Sunda, pekarangan dibagi menjadi tiga wilayah. 

Pentingnya menanam Tumbuhan yang dapat memikat Burung
Pohon palem dapat memikat Burung

(1). Halaman depan disebut buruan yang biasanya didominasi oleh tanaman hias dan buah sebagai elemen “main entrance” atau semacam “welcome area”.

(2). Halaman samping disebut pipir yang biasanya ditanami tanaman produktif untuk baik buah maupun obat-obatan.

(3). Halaman belakang biasa disebut kebon yang ditanami pohon buah-buahan, bumbu, obat-obatan serta sayuran dan biasanya juga menjadi lokasi kolam ikan bagi yang perairannya lancar dan melimpah.


Pekarangan yang ditanam berbagai jenis tanaman atau tanaman pemikat burung secara tidak sengaja akan menghadirkan burung dan juga satwa liar lainnya seperti kupu-kupu, kumbang.Namun untuk menanam tumbuhan seperti beraneka ragam itu membutuhkan lahan yang agak luas. Tapi bagi yang memiliki rumah diperkotaan, ini merupakan hal yang mustahil, karena kebanyakan rumah – rumah diperkotaan memiliki halaman yang agak sempit, tapi hal ini bisa di siasati dengan menanam tanaman di pot, menanam di pot gantung, di tiang vertikal, maupun di atap. Dengan begitu lahan yang terbatas dapat dioptimalkan untuk menghadirkan pekarangan yang khas Indonesia dan tetap menarik bagi burung.
Berikut ini sesuai yang saya ketahui ada beberapa jenis tumbuhan yang disukai bagi habitat burung. 


Tumbuhan yang termasuk pohon pemikat burung yaitu :

Pohon berdaun jarum seperti jenis-jenis pinus dan cemara.

Pohon  rindang seperti beringin, pohon kapuk, pohon sengon, pohon mangga, pohon lengkeng, pohon jambu air dan sebagainya.  Pohon tersebut sangat penting sebagai peneduh pekarangan sekaligus tempat berteduh burung. Pada siang hari, saat panas terik, karena disa’at ini burung-burung tidak terlalu aktif dan lebih suka berteduh di bawah rindangnya pepohonan.


Disamping pohon peneduh masih banyak tumbuhan yang bisa ditanam di pekarangan Rumah kita selain menghasilkan buah atau harumnya bunga  tumbuhan tersebut dapat menarik perhatian burung – burung. Seperti tumbuhan penghasil bunga biasanya sangat disukai burung madu atau burung penghisap madu yang memang menyukai bunga. Karenanya, tanaman hias maupun tanaman bunga yang disukai burung – burung yaitu dadap, pisang hias, palem, Melati Belanda  sangat baik untuk menarik perhatian burung. Demikian pula dengan pohon buah-buahan. Saat musim bunga sebelum berbuah, pohon-pohon seperti jambu, mangga dan rambutan seringkali didatangi burung. 


Pentingnya menanam Tumbuhan yang dapat memikat Burung Selain tanaman yang menghasilkan buah atau bunga ada juga pohon yang berbiji. Pohon ini juga dapat menarik perhatian burung-burung. Selain daging bijinya, pohon berbiji juga menjadi tempat yang bagus untuk bersarang bagi burung – burung seperti di habitat alami.


Memang bermanfaat sekali kalau Pekarangan kita ditanami tanaman atau bunga beraneka ragam, mulai dari lumut, rumput, hingga pohon tinggi. Serta tanaman tanaman hias, umbi-umbian, penghasil buah, tanaman obat, sayuran, serta pohon peneduh.

Pembuatan rumah yang ideal memang harus mempunyai ruang hidup bagi makhluk lain seperti burung, kupu – kupu, kumbang dan lain - lain. Tapi menyisakan ruang untuk halaman sudah sangat berkurang di kota-kota besar. Tapi ini bermanfaat sekali bagi kita. Kalau tiap pagi atau sore kita menghirup udara segar dari pekarangan kita sendiri dan mendengarkan kicauan burung .



Kebanyakan orang lebih suka membuatkan penjara bagi burung - burung indah. Menurut saya, biarkan ia mampir di pekarangan kita sepanjang pagi sampai petang, setelah itu terbang ke alam bebas, dan kembali keesokan hari. Dan cerita saya tentang Cerita berburu telur burung Pipit, Anak burung, Sarang burung pipit  jangan ditiru ya.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar