logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Sampurasun … Rampes… 

Ngomong – ngomong tentang tanaman lengkeng (kelengkeng, Bahasa Jawa) buah yang satu ini sangat digemari karena rasanya yang khas serta manis bikin ketagihan, saya nyari pohon lengkeng ke teman saya Untuk dicangkok atau diperbanyak tapi tidak ada yang punya, padahal saya bisa mencangkok loh heheh, dan sudah di tulis di Blog Mang Yono. Mau beli belum sempat - sempat juga. coba sobat ada yang mau ngasih pohon atau cangkokan lengkeng tidak ya hehehe

Buah lengkeng ini sangat digemari masyarakat dalam dan luar negeri. Harga buah lengkeng di pasaran pun tergolong mahal bila dibandingkan dengan harga jenis buah lainnya. Pada saat musim panen pun harganya bisa mencapai Rp.20.000/kg

Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Pohon lengkeng berdiri tegak lurus dengan tinggi mencapai 12 meter bila sudah dewasa, tapi kalau yang menanam dengan cangkokan biasanya tingginya tidak segitu, Berkayu keras dan alot tetapi tidak lurus berdaun rimbun, percabangannya banyak,dan tanaman ini bisa di jadikan untuk tanaman peredam dari kebisingan.

Tanaman lengkeng dapat diperbanyak secara generatif maupun vegetatif. Namun sayangnya, perbanyakan secara generatif membutuhkan waktu cukup lama sampai bisa dipetik buahnya yakni sekitar 8 -15 tahun , lama sekali ya heheh, dan cara ini tidak menjamin hasil buahnya akan sama dengan induknya bahkan dapat mandul alias tidak berbuah karena tanaman lengkeng ada yang berumah satu dan berumah dua.

Dengan demikian, cara perbanyakan lain yang dianggap menguntungkan karena buahnya lebih cepat bisa dipetik dan akan serupa dengan induknya, yakni cara vegetatif khususnya melalui pencangkokan.Dengan cara cangkok ini,maka umur 4 tahun saja sudah berbuah.

Nah, waktu teman saya pulang dari proyek Pulau Topang, dia mau ngasih cangkokan pohon lengkeng, katanya dirumahnya punya, berhubung saya tidak punya pohon lengkeng jadi kebetulan sekali, dia bilang kalau tidak berangkat lagi ke Proyek Topang, pohon cangkok lengkengnya akan dikirim via exspedisi, lalu saya bilang ke mandornya.

“ Dor, nanti kalau proyek Pulau Topang mulai lagi, jangan lupa tuh si Yosep ikut lagi ya”

sang mandor menjawab “ Beres, mang”.

Haha, padahal saya kan pengen dibawakan tanaman cangkok lengkeng … # Semprul nih si mamang heheheh.
 
Cangkokan Pohon Lengkeng dari Purwokerto
Pohon lengkengnnya malam - malam saya jepret heheh

Temen saya yang mau ngasih cangkokan Pohon Lengkeng ini namanya Yosep AW, dia asli Purwokerto, dari jawa bawa cangkokan Lengkeng mantab dah hehehe. Nah, rencana mulainya lagi proyek Topang pun tiba, semua kru akan berangkat hari Kamis dan berkumpul di Kantor. Hari rabu sudah saya telepon Yosep teman saya ini,

“Halo…. Sep, gimana sudah berangkat belum dari Purwokwrto?”

“Sudah mang. Sekarang saya sudah di Bus, mungkin tiba di Jakarta jam 9 malam, ini saya bawa juga cangkokan pohon lengkengnya” Dalam hati saya” Nah ini yang saya maksud, cangkokan pohon lengkeng” hahah # Semprul hehehe.

Jam 22 WIB teman saya ini baru sampai Kantor, dia terlihat menenteng cangkokan Pohon Lengkeng. Nah, ini nih yang saya tunggu – tunggu Cangkokan pohon lengkeng, tapi ini mirip okulasi ya, ya sudah ini juga saya bersyukur ada yang mau ngasih pohon lengkeng heheh. Mungkin nanti hari Minggu saya tanam di Halaman Rumah saya di Kampung, saya tidak tahu ini lengkeng jenis apa apakah lengkeng pingpong, tennis, basket atau apalah yang penting saya punya tanaman lengkeng dan mudah – mudahan tumbuh dan berbuah tidak mandul hehehe.

Nanti saya tulis lagi kelanjutannya tentang menanam lengkeng ala saya hehehe.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

Ntar kalo udah berbuah, jangan lupa dikirimin buahnya ke medan ya mang.....heheheheheehehe

Balas

sip dah Bang Yadi, nanti Lengkengnya barter dengan buah dukuh ya bang heheh

Balas

langsung tanam sekarang aja mas, lebih cepat lebih baik. hehe. ^^

Balas

hahah sekarang khan saya masih di Jakarta mas, hari sabtu baru pulang kampung hehehe

Balas

keburu berbuah lengkengnya mang :D

Balas

selain enak proses penanaman pohon klengkeng ini pun terbilang sangat mudah ya kang

Balas

hahah malah bagus kang, oleh - olehnya jadi dobel hihi

Balas

mungkin begitu kang cara menanamnya gampang, tapi soal berbuah atau tidaknya itu belum tau, karena pohon lengkeng ada yang mandul alias tidak berbuah walau bertahun tahun ditanam hehehe

Balas

Saya juga pengin dapat kiriman buah Kelengkeng itu mas, soalnya di daerah saya adanya cuma di mall-mall...kalau ditanam tapi jarang berbuah...Selamat pagi mas Yono.

Balas

kalau di tempat saya, jogja, namanya pohon kelengkeng bang...ada juga pohon yang mirip, yaitu pohon cothotan...cara makannya dengan di chothot...ndak tahu kalau di jabar namanya pohon apa...hehe..salam hangat dan hormat dari blog jagd kawula :)

Balas

jangan lupa pula..yang ada didesa pelosok jogja harap dikirim juga..sudah ngiler jauhjauh hari lho :)

Balas

Wah asyik donk mang dapet bingkisan. Nanti kalau kelengkengnya sudah berbuah. Di bingkisin untuk saya ya mang buah nya. Hehehe

Balas

nanam kelengkeng itu konon katanya gampang-gapang susah ya mang, yang enak langsung memanen di swalayan :)

Balas

iya Uda, banyak orang yang menanam pohon klengkeng sudah tinggi tapi tidak berbuah, katanya memang begitu ada yang tidak berbuah juga ... Selamat pagi juga Uda

Balas

mungkin yang mirip klengkeng kalau ditempat saya itu Kosambi kang, buah dan pohonnya mirip, dulu saya membuat gangsing pakai kayu kosambi ini hehehee

Balas

oke sip mas, nanti buah Klengkengnya barter sama Lola atau salah satu Geng Unyu Unyus Di Film "Ayah Mengapa Aku Berbeda, ya mas .... wkwkwkw

Balas

nah betul sekali mas mending langsung metik di swalayan, tempatnya adem bisa cuci mata lagi, langsung lepp hehehe

Balas

keren mang, sekarang banyak klengkeng msh kecil sdh berbuah di dalam pot :D asyik tuh mang bingkisannya bisa buat hiasan di taman depan rumah ya mang :)

Balas

wah kalau udah berbuah boleh tuh di bagikan ma tema-teman blogger hehehehe

Balas

kalo pohonnya sudah berbuah nanti bagi-bagi ya mang :D

Balas

betul sekali mbak Juragan, banyak klengkeng dipot masih kecil sudah berbuah...

koleksi tanaman buah saya di halaman rumah jadi bertambah heheh

Balas

siip mas, nanti pada ambil sendiri - sendiri ya ke rumah saya hehehe

Balas

oke mbak, nanti barter sama obat Herbal ya hehehe

Balas

Rasanya memang manis dan buat ketagihan,,, tapi jujur saja.. saya belom pernah lihat batang pohonnya... entahlah kapan...

Balas

wah nuggu beberapa tahun nih buat panen lengkengnya :D
buruan kang di tanem :)

Balas

wah selamat ya master dapat bibit pohon kelengkeng, lumayan bisa ditanam di rumah, ntar kalau sudah besar, lumayan juga buah nya ;)

Balas

ingat yah Mang kalau sudah berbuah Lengkengnya hehehe,,,,saya do'akan biar cepat berbuah yah Mang

Balas

semoga kelak pohon lengkengnya membudaya dikampunya mamang dan bisa menambah pundi pundi rezeki dan pahalanya dengan banyaknya merekrut para pekerja untuk mengurusi budidaya lengkengnya mamang...aaamiiiin.

Balas

aq juga mau kang hasil buah cangkokannya itu.hehehe

Balas

ternyata belum tau batang Klengkeng ya bang heheheh... nanti saya kirim deh batangnya hehe

Balas

kira - kira duatahunan mas hehehe... nanti ya saya tanamnya hari Minggu heheh

Balas

iya mbak master dikirim geratis hehehe... Betul lumayan buat peredam global warming hehehe

Balas

iya deh akan saya ingat terus hehehe .... terimakasih doanya

Balas

iya deh kang nanti saya akan budidayakan heheheh

Balas

siip, mau berapa kilo mas hehehe

Balas

satu keluarga 10 orang cukup juga mau mas.kwkwkw

Balas

poho lengkeng saya udah gede banget koq nggak berbuah ya Mang?

Balas

Mas, katanya pohon lengkeng itu ada yang berbuah dan ada juga pohon lengkeng yang tidak berbuah alias mandul ... itu katanya mas

Balas

wah bagi bagi donk master phon nya lumayan bisa ditanam di samping rumah saya :D

Balas

mbok kapan2 kita bisa dikasih pak??? heheee lumayan bermanfaat lho..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger