Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Sampurasun … Rampes… 

Ngomong – ngomong tentang tanaman lengkeng (kelengkeng, Bahasa Jawa) buah yang satu ini sangat digemari karena rasanya yang khas serta manis bikin ketagihan, saya nyari pohon lengkeng ke teman saya Untuk dicangkok atau diperbanyak tapi tidak ada yang punya, padahal saya bisa mencangkok loh heheh, dan sudah di tulis di Blog Mang Yono. Mau beli belum sempat - sempat juga. coba sobat ada yang mau ngasih pohon atau cangkokan lengkeng tidak ya hehehe

Buah lengkeng ini sangat digemari masyarakat dalam dan luar negeri. Harga buah lengkeng di pasaran pun tergolong mahal bila dibandingkan dengan harga jenis buah lainnya. Pada saat musim panen pun harganya bisa mencapai Rp.20.000/kg

Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Pohon lengkeng berdiri tegak lurus dengan tinggi mencapai 12 meter bila sudah dewasa, tapi kalau yang menanam dengan cangkokan biasanya tingginya tidak segitu, Berkayu keras dan alot tetapi tidak lurus berdaun rimbun, percabangannya banyak,dan tanaman ini bisa di jadikan untuk tanaman peredam dari kebisingan.

Tanaman lengkeng dapat diperbanyak secara generatif maupun vegetatif. Namun sayangnya, perbanyakan secara generatif membutuhkan waktu cukup lama sampai bisa dipetik buahnya yakni sekitar 8 -15 tahun , lama sekali ya heheh, dan cara ini tidak menjamin hasil buahnya akan sama dengan induknya bahkan dapat mandul alias tidak berbuah karena tanaman lengkeng ada yang berumah satu dan berumah dua.

Dengan demikian, cara perbanyakan lain yang dianggap menguntungkan karena buahnya lebih cepat bisa dipetik dan akan serupa dengan induknya, yakni cara vegetatif khususnya melalui pencangkokan.Dengan cara cangkok ini,maka umur 4 tahun saja sudah berbuah.

Nah, waktu teman saya pulang dari proyek Pulau Topang, dia mau ngasih cangkokan pohon lengkeng, katanya dirumahnya punya, berhubung saya tidak punya pohon lengkeng jadi kebetulan sekali, dia bilang kalau tidak berangkat lagi ke Proyek Topang, pohon cangkok lengkengnya akan dikirim via exspedisi, lalu saya bilang ke mandornya.

“ Dor, nanti kalau proyek Pulau Topang mulai lagi, jangan lupa tuh si Yosep ikut lagi ya”

sang mandor menjawab “ Beres, mang”.

Haha, padahal saya kan pengen dibawakan tanaman cangkok lengkeng … # Semprul nih si mamang heheheh.
 
Cangkokan Pohon Lengkeng dari Purwokerto
Pohon lengkengnnya malam - malam saya jepret heheh

Temen saya yang mau ngasih cangkokan Pohon Lengkeng ini namanya Yosep AW, dia asli Purwokerto, dari jawa bawa cangkokan Lengkeng mantab dah hehehe. Nah, rencana mulainya lagi proyek Topang pun tiba, semua kru akan berangkat hari Kamis dan berkumpul di Kantor. Hari rabu sudah saya telepon Yosep teman saya ini,

“Halo…. Sep, gimana sudah berangkat belum dari Purwokwrto?”

“Sudah mang. Sekarang saya sudah di Bus, mungkin tiba di Jakarta jam 9 malam, ini saya bawa juga cangkokan pohon lengkengnya” Dalam hati saya” Nah ini yang saya maksud, cangkokan pohon lengkeng” hahah # Semprul hehehe.

Jam 22 WIB teman saya ini baru sampai Kantor, dia terlihat menenteng cangkokan Pohon Lengkeng. Nah, ini nih yang saya tunggu – tunggu Cangkokan pohon lengkeng, tapi ini mirip okulasi ya, ya sudah ini juga saya bersyukur ada yang mau ngasih pohon lengkeng heheh. Mungkin nanti hari Minggu saya tanam di Halaman Rumah saya di Kampung, saya tidak tahu ini lengkeng jenis apa apakah lengkeng pingpong, tennis, basket atau apalah yang penting saya punya tanaman lengkeng dan mudah – mudahan tumbuh dan berbuah tidak mandul hehehe.

Nanti saya tulis lagi kelanjutannya tentang menanam lengkeng ala saya hehehe.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar