Masih menunggu perbaikan Bendungan Leuwi Nangka, Dangdeur, Subang yang jebol

Sampurasun … Rampes… 

Pascajebol duatahun yang lalu, Bendungan Leuwi Nangka, di Dangdeur, Kec. Subang, Kab. Subang, Jawa Barat (Jabar), saat ini masih diperbaiki, sebelumnya Blog Mang Yono pernah menulis juga tentang Bendungan Leuwi Nangka yang jebol ini.


Padahal, Bendungan Leuwi Nangka tersebut sangat penting. Mengingat, ada 4.835 hektare sawah yang mengandalkan pengairan dari bendung tersebut termasuk sawah saya juga memerlukan pengairan dari Bendungan Leuwi Nangka ini

Masih menunggu perbaikan bendungan leuwi nangka dangdeur, Subang yang jebol
Saung tempat merenung saya
Sawah - sawah pada kering, seperti terlihat pada poto saya yang diatas, itu sawah saya yang tidak melakukan penanaman padi, karena air yang sulit. Maklum saya tidak mempunyai pompa untuk menyedot air, kalau sewa dari awal penanaman nanti malah merugi ... Betul .... Tidak?.

Tapi ada juga ding sawah saya yang menggunakan pengairan bukan dari Bendungan Leuwi Nangka dan sekarang sudah melakukan semai benih, sawah saya yang ini bisa melakukan tanam padi 3 kali dalam setahun, airnya lancar jaya sampai musim kemarau saja tetap airnya melimpah. Dan sekarang sudah melakukan penyemaian benih di pawinian/perbenihan, seperti pada poto di bawah ini terlihat khan airnya melimpah. Alhamdulillah saya masih bisa tanam padi dan bisa makan hehehe.




Dengan masih belum berpungsinya Bendungan Leuwi Nangka itu, ribuan hektare sawah itu tidak melakukan tanam padi pada saat ini, tapi yang memaksakan untuk menanam padi juga banyak, yang memaksakan itu melakukan pengairan sawahnya dengan bantuan pompa air.

Waktu tahun 2013 pernah menggunakan tanggul sementara dari beronjong – beronjong, tapi namanya juga sementara giliran debit air naik tanggul bronjong tersebut jebol lagi .
 
Kabid Sumber Daya Dinas Pertanian pada dua tahun yang lalu telah mengusulkan perbaikan
Bendungan Leuwi Nangka tersebut ke instansi terkait. Dan perbaikannya baru dilaksanakan pada 2014 ini.
 
Menurut kabar burung perbaikannya akan selesai pada bulan  Juni, nah untuk bulan juni ini tidak tahu bulan juni tahun berapa bisa juga bulan juni tahun 2014, 2015 atau bahkan tahun 2016 hehehe.


Sawah yang terancam kekeringan karena jebolnya Bendung Leuwi Nangka ini, tersebar di Kecamatan Pagaden, Pagaden Barat serta Cipunagara.

Tiga kecamatan itu, merupakan daerah unggulan penghasil padi. Namun, bila kondisi infrstuktur pertaniannya seperti itu, tahun ini produktivitas pertanian akan menurun.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar