logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia

Sampurasun ... Rampes 


Blog Mang Yono. Kabupaten Subang merupakan daerah penghasil batik yang baru. Batik Subang sekarang sedang dalam proses pengembangan. mulai dari pengembangan motif dan pengembangan teknik pewarnaan. Salah satu motif khas dari batik Subang yaitu, batik bermotif nanas atau yang biasa disebut dengan batik ganasan. Sebelumnya saya pernah nulis tentang Batik dari daerah Subang, Jawa Barat

Batik Subang ada sejak ditetapkan  Batik sebagai Warisan Budaya  milik Indonesia oleh UNESCO tahun 2009 lalu, akhirnya batik semakin berkembang. Perkembangan tersebut juga terjadi di kabupaten Subang, Jawa Barat. Meskipun kabupaten Subang tidak memiliki budaya dalam pembuatan batik, tapi kini di Subang juga mulai mengembangkan motif batik dengan ciri khas Kabupaten Subang, seperti batik ganasan. Menggambarkan ciri khas wilayah Subang, diantaranya motif batik ganasan yang terinspirasi corak buah nanas yang merupakan buah khas Subang. Adapula motif sisingaan, daun teh, kupu - kupu dan lain – lain yang menggambarkan flora, fauna dan kekayaaan budaya yang menjadi ciri khas wilayah Subang. 

Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia.
Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia. Sumber Foto www.kotasubang.com


Salah satu pelopor pengembangan batik di Subang adalah Arves Batik, yang berlokasi di daerah Cinangsi, Kecamatan Cibogo, Subang. Bicara industri batik lokal, tidak semata bicara bisnis. Ada nilai lain yang jauh lebih penting, seperti nilai budaya, kebanggan atau nasionalisme dan ekonomi itu sendiri. Dalam ukiran batik, ada nilai-nilai kebanggaan atas potensi daerah yang dimiliki misalnya kabupaten Subang.



Batik ganasan adalah motif yang sangat mungkin untuk lebih dikembangakan dan dapat menjadi motif batik  identitas Subang. Motif Ganasan bisa berupa corak kulit nanas, bentuk buah nanas ataupun bentuk daun nanas.

FOTO : Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia
 FOTO : Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia



Batik Subang juga pernah diangkat dalam acara “Mata Lensa“ yang ditayangkan di ANTV. Kekhasan batik Subang ada pada warnanya, lebih terang dan eksperiental. Silahkan saja lihat sendiri poto – poto berikut ini yang diambil dari youtube acara mata lensa dengan model - model asli dari Subang dan dijepret oleh potografer Subang dengan lokasi jepretan di daerah Subang, iya khan. Batik Subang memiliki khas dalam hal pemaduan warna. Pembuatan batik di Subang dibuat dengan tekhnik membatik tradisional.

Pegawai/pejabat Subang setiap Rabu mengenakan pakaian batik. Tapi sayangnya, Batik khas subang belum dijadikan pakaian batik yang hari Rabu dipakai, padahal hitung – hitung sebagai bagian dari sosialisasi dan promosi batik lokal.



Batik Subang


Batik Subang Warisan Budaya Milik Indonesia. Sumber Foto www.kotasubang.com


Jika Bapak Bupati yang terhormat berani mengeluarkan instruksi, pejabat harus menggunakan batik khas Subang, ini memiliki nilai kebanggan sekaligus promosi.
 

Alangkah lebih bijaknya, gerakan cinta batik Subang itu diawali dari pejabat. ... Betul Tidak?.

Tanpa ada bantuan pada pemasaran, dan atau permodalan dari pemerintah khawatir produksi batik Subang akan bernasib sama dengan produksi Rumahan lainnya yang diakhiri gulung tikar.


Ya sudah lah .....

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

33 komentar

batik subang pun tak kalah menariknya dengan batik yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Balas

Betul sekali kang, tinggal orang Subangnya aja yang mempromosikan ... bayar ah akang ke saya hehehe

Balas

betul Mang, pejabat harus memberi contoh agar rakyat ikut mencintai batik :)

Balas

keren keren juga mang batiknya :)

Balas

wah motif batik nya keren keren ya master, jadi penasaran nih sama batik subang, semoga saja harga nya nggak begitu mahal ya master :D

Balas

Indonesia kaya dengan akan batik ya Kang.

Salam

Balas

semoga batik subang semakin berkembang dan sukses ya...dan arves batik semakin laris manis batiknya.....benar juga sich..pejabat harus memberi contoh...menggunakan batik asli Indonesia......keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

Balas

ternyata batik subang tidak kalah dengan batik lainnya yang terkenal ya kang, apalagi ditambah dengan model-model yang cantik :D

Balas

betul kang, alau tidak oleh pimpinan kabupaten itu sendiri, mau sama siapa coba hehe

Balas

model nya juga keren ya mas

Balas

gak mahal kok mbak master, waktu di pameran sih harganya sekitar 60 ribu sampai 600 ribu hehe, tergantung kesulitan pembuatannya hehe

Balas

betul sekali mas, banyak sekali batik yang terkenal di Indonesia

Balas

mudah - mudahan seperti daerah pekalongan dan daerah lainnya ya bang

Balas

batiknya cerah ya mas, itu model - model asli Subang mas hehe

Balas

Saya suka batik yg biru
melambangkan hati rindu
dan senyum tak kenal layu

Balas

wah batik dan model yang mengenakan batiknya c akep ya mang hehehe.. sepertinya di indonesia hampir di setiap daerah mempunyai bantik khas sendiri-sendiri ya mang..? :)"

Balas

duh kok saya ndak fokus ke batiknya ya mang :D
pastinya warisan ini mebuat kita semua bangga

Balas

bisa menjadi kebanggan bangsa Indonesia yah mang begitu banyak batik dari beberapa daerah di negeri kita termasik di subang :)

Balas

wah wah... baru tahu batik subang, euy!
kbtulan banget, IShmah bentar lagi mau ke subang buat cari ilmu :D

BTW, mang yono... IShmah udah kerjain PR-nya ^^

Balas

Batik udah ngga identik lagi dengan jawa tengah, wilayah sundapun punya kebudayaan batik, termasuk Batik subang...
sumedangpun ternyata punya khas batik...sayangnya emang masih kalah pamor dengan batik pekalongan. yogya dan yang lainnya ya kang.

Balas

ngasih contoh doang kalau ngga sekalian ngasih duitnya buat beli batik...ya gimana gituh ;)

Balas

ooo, iya mas benar yang mas katakan, kalau boleh tahu hitungan harga nya berapaan ya untuk ukuran baju :D

Balas

Jadi teu bosen ninggal Model na kang, jadi inget ka urang betok heheh

semoga batik subang tidak luntur dimakan zaman [-o<

Balas

sesuai info waktu ada pameran di Subang harganya sekitar 60 ribu - 600 ribu tergantung kesulitan motifnya mas ..

Balas

Rindu dan senyumannya buat siapa mba Anis hehehe

Balas

itu batik dan mojang asli Subang mas, biar gak penasaran mampir yuk ke Subang heheheh...
Betul seali mas, semoga batik tetap diminati ya mas

Balas

salah pokus ya kang ... pasti Fokus ke pemandangan sawahnya ya kang heheheh

Balas

Betul sekali mas, semoga ya batik tetap diminati ya mas

Balas

Batiknya baru dirintis belum berkembang seperti didaerah lain
Nanti alau ke subang mampir ya ke Gubug saya hehehe

Waw terimakasih Ishma ,... langsung ke TKP...

Balas

Betul sekali kang hampir tiap daerah mempunyai khas batik, tapi belum setenar batik pekalongan, yogya.

Tinggal promosi dari elit abupaten itu sendiri ya ang, dengan seringnya memaai batik, lambat laun batiknya akan dikenal

Balas

waw ada apa kang di betok hehehe

Mudah - mudahan begitu kang

Balas

ohh... Subang juga punya corak ciri kkhas batik sendiri ya?, mamang... aku mau dong, kirimin... hehe

Balas

Batik subang salah satu kekayan bangsa indonesia.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger