Cara membuat masakan Loto dari daun talas

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Pada artikel sebelumnya saya menulis tentang Cara Membuat Dage Biji Karet Untuk Di Konsumsi. Nah, sekarang saya akan menulis tentang masakan yang belm dikenal masyarakat luas juga. Mungkin Anda – andini heran dengan masakan yang satu ini, memang sih warna dari masakan Loto sangat tidak menarik, tapi saya ketagihan loh, pengen mencicipi masakan yang satu ini. Loto berbeda sekali dengan Buntil.

Mungkin Masakan Loto dari daun talas, masih asing ditelinga Anda – andini. Mungkin juga ini makanan kampung ya dan cuma ada di kampung saya di Pagaden Barat, Subang. Tapi saya sering makan masakan yang satu ini. Loto adalah masakan ( lauk ) yang terbuat dari daun talas

Cara membuat masakan Loto dari daun talas

Cara membuatnya saya masih hapal dan akan saya tulis di disini. Ini untuk catatan saya saja, mungkin dikemudian hari cara membuat masakan Loto dari daun talas ini berguna bagi saya


Caranya sederhana sekali:


Bahan yang diperlukan

1) Daun talas muda 15 lembar, ini daun talas yang biasa dibuat sayur lompong atau yang batangnya berwarna ungu atau yang tumbuh dibantaran kali juga bisa digunakan. Asal jangan talas tanaman hiasan aja ya.
2) Daun pisang untuk membungkus secukupnya


Bumbu yang harus disiapkan

1) Bawang merah 5 buah
2) Kencur secukupnya
3) Bawang putih 3 siung
4) Gula merah 1 sendok teh
5) Garam 2 sendok teh
6) Lombok rawit 5 biji
7) Daun salam 3 lembar

PepesLoto dari daun talas


Cara membuat Loto daun talas

1) Pertama daun talas di cuci sampai bersih, lalu direbus atau dikukus sampai lunak setelah masak ditiriskan dan dihaluskan, untuk menghaluskan terserah mau pakai ulekan atau Blender.
2) Selanjutnya semua bumbu dihaluskan kecuali daun salam.
3) Semua bumbu dicampur dengan daun talas yang telah halus langsung diaduk sampai bumbu tercampur merata.
4) Selanjutnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang.
5) Terus dikukus sampai matang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar