logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pisang Klutuk, pisang batu, cau keu’eus lalapan yang enak

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Pisang Klutuk / pisang batu atau pisang Keu’eus bahasa sunda atau banyak juga yang menyebut dengan Pisang biji kalau sudah masak rasanya manis tetapi banyak sekali bijinya, 1 buah terdapat ± 50 biji, biji kecil, warna hitam (seperti biji kapuk randu) kalau saya lebih suka dibuat lalapan makan atau di pakai rujakan tapi bisa juga di masak denag memakai bumbu  cobek atau pecel

Jenis dari pisang klutuk ini ada dua macam, yaitu pisang klutuk biasa dan pisang klutuk wulung untuk pisang klutuk wulung warna batang pohon dan warna pelepah daunnya yaitu berwarna ungu kehitaman / wulung.

Pisang Klutuk, pisang batu, cau keu’eus lalapan yang enak

 

Bunga / Jantung dari pisang klutuk juga sangat enak sekali, bahkan lebih enak dari daging ayam, bagi yang suka, silahkan baca juga di postingan saya tentang Jantung pisang keu’eus / Klutuk adalah jantung pisang paling enak

Dulu waktu saya kecil, suka menggunakan anakan batang pohon pisang klutuk untuk kekuatan betis agar betis kuat saat main bola, bila kena betis lawan, lawannya berasa kesakitan dan kita nyatai saja hehehe. Cara untuk membuat betis kuat ini saya dapatkan dari Guru silat ( bela diri)  saya hehehe. Caranya cukup sederhana. 
Pisang Klutuk Wulung


Caranya yaitu : 
Ambil batang anakan pohon pisang klutuk, kira – kira sebesar pergelangan tangan, panjangnya sekitar 50 – 80 Cm, lalu bakar dalam abu atau api unggun ( istilah sunda dibubuy ) selama 30 menit, setelah itu embunkan selama semalaman di luar, nah pagi – paginya, batang pohon pisang klutuk ini di pukul – pukulkan ke betis batangnya hancur juga gak apa – apa, asal jangan betisnya aja yang hancur hehehe.

Khasiat lainnya dari pisang klutuk baik pohonnya atau buahnya, sesuai yang saya baca dan pengalaman saya, yaitu untuk:

Diare / Mencret
Ambil Tiga buah pisang batu yang masak dan tiga buah pisang yang mentah terus dikupas kulitnya langsung diiris / dipotong kecil-kecil, ditumbuk / diblender atau bisa juga diparut, cairannya yang keluar di tampung , disaring dan diminumkan dua kali sehari.


Perhatian : jika kotorannya atau saat B A B ada lendir hijau atau gelap jangan pakai obat ini karena hanya akan menambah parah

 Ambien ( wasir )
Ambil  pisang batu atau pisang klutuk secukupnya , beberapa lembar daun jambu yang masih muda

daun jambu dan pisang dicuci bersih, pisang diparut, diambil airnya, daun jambu digerus halus atau ditumbuk, dicampur dengan perasan pisang, minum perasan ini selama beberapa hari jangan minum Cuma sekali saja, karena  pengobatan untuk Ambien memerlukan waktu yang lama

Mengobati rambut rontok
Parut bongol pisang segar lalu ditumbuk atau di blender lalu di saring dengan kain , airnya di embun pagikan diluar baru dipakai pada pagi harinya  untuk membasahi kepala, untuk bilasnya pada sore hari

Mengertukan rahim dan vagina sehabis bersalin
Ini khusus wanita, untuk laki – laki jangan coba – coba pakai ramuan ini. Wanita yang sehabis bersalin atau baru melahirkan secara normal / tidak melakukan Cesar, hendaknya membasuh alat vitalnya dengan cairan dari batang pisang batu / pisang klutuk yang belum pernah berbuah / berbunga , untuk mengambil airnya yaitu dengan cara menumbuk batang pohon pisang atau dengan cara apa saja yang penting keluar airnya dari batang pohon pisang tersebut.

Mengobati Batuk
Ini sering Nenek dan kakek saya lakukan untuk mengobati batuk saya, waktu saya masih kecil, yaitu meminum air dari batang pohon pisang.

Caranya : lubangi atau sadap batang pohon pisang ( tidak usah menebangnya) nanti airnya keluar melalui lubang atau goresan, tampung menggunakan gelas atau tempat yang bersih, biasanya cara ini dilakukan pada pagi hari, karena  selain pagi hari, kemungkinan besar tidak keluar airnya.
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

saya tidak pernah mencoba lalapan dengan menggunakan bahan pisang klutuk gan. tapi sukanya pisang goren. kalau lalapan mungkin menggunakan Kemangi

Balas

pisang klutuk dibuat rujak itu enak banget kang,,,

Balas

Helloowwwwwwww ...... !!!!
Gmn kabar kang?

Balas

Pisang batu ya ya saya pernah sesekali icip icip Pisang Batu. Memang agak keras ya digigitnya. Wahahahaha. Sudah tidak ingat lagi kapan saya terakhir makan Pisang Batu ya Hiehiheiheiehiee, Diingat ingat dulu deh

Balas

Pisang klutuk di goreng enak tu. hhehe

Balas

Gedang klutuk bunyi klutuk klutuk saat dimakan. Kalau buat lalapan klatak klatak ya Mang.... blum pernaah nyoba ini pisang buat lalapan

Balas

aku takut banget mo yobain makan pisang batu apa ga ronok nanti gigiku

Balas

wah belum pernah nyoba mang makan pisang klutuk buat lalapan, biasanya paling dibuat rujak ya ..

Balas

tapi enak juga mas kalau di coel sambel atau di buat rujak ulek hehehe

Balas

betul sekali mbak di buat rujak ulek buatan bu bariah di filem si unyil tambah enak hehehe

Balas

waw, kejutan di bulan Ramadhan nih...

Alhamdulillah kabar baik mbak cantik heheh

Balas

tapi kalau dibuat rujak ulek nikmat kang heheh

Balas

ah banyak bijinya mas kalau yang sudah masak hehehe

Balas

biar tau rasanya silahkan dicoba mas hehehe

Balas

nah kalau dibuat rujak memang pas, tapi saya lebih suka buat lalapan ehhehe

Balas

pisang klutuk sama pisang batu beda ga ya mang

Balas

Sama mas, pisan klutuk, pisang batu, cau keueus itu satu pisang hehe

Balas

Di kukus jg bisa x ya kang,,hee,,oh ya klo bwt rujakan itu ktnya biar gk sakit perut ya kang,,?

Balas

saya suka sayur jantungnya mang yono apalgi dicampur teri hehehe

Balas

Apa benar mang pisang bisa untuk lalapan. Jadi pengen coba kira-kira rasanya seperti apa ya..

Balas

belum pernah nyoba mang makan pisang klutuk rasanya gimana yah, kapan-kapan mau nyoba ah :)

Balas

Mang yono, temen saya butuh pisang klutuk yang buahnya ada yang gempet. Bisa minta no. Hp & alamatnya

Balas

Mas yono sy butuh bibit pisang klutuk wulung. Klo mas yono ada tlg hubungi sy di no ini mas 085606477318
Trima kasih

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger