logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Cara membasmi kutu daun pada tanaman dengan bawang putih. Mungkin sewaktu – waktu cara ini dibutuhkan oleh sahabat yang suka berkebun atau tanam – menanam bunga hias atau bahkan sekarang ada sahabat yang lagi pusing karena kebunnya (tanaman/bunga) kena hama aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu

Saya juga pernah dibuat pusing, dan di tulisan ini saya mau berbagi pengalaman juga tentang membasmi aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu.

Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih
Kutu daun ada yang berwarna hijau, hitam atau bahkan ada yang berwarna putih

Ngomong - ngomong soal kutu daun, kutunya ada yang warnanya hijau ada juga yang hitam atau bahkan ada yang berwarna putih, coklat dan lain sebagainya, tapi biasanya yang hijau sih. Ada yang hinggap di ujung-ujung daun-daun yang baru tumbuh, ada yang bersembunyi di belakang daun-daun dan ada pula yang hinggap di bakal buah tanaman. Kutu daun makan dengan cara menghisap getah tanaman, terutama pada pucuk tanaman yang masih muda. Sehingga tanaman menjadi kerdil dan daun tanaman menggulung. Tentu saja ini menjadi penghambat bagi perkembangan tanaman anda. dan ini harus diatasi agar tanaman hias, atau sayur-sayuran anda tetap bisa hidup sehat dan subur.

Cara membasminya yaitu dengan Bawang Putih (Allium sativum), pasti sobat sudah pada tahu khan bawang putih, yang suka dijadikan bumbu masak loh hehehe. Bawang putih secara alami akan menolak banyak membasmi aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu. 

Baca juga : Cara / Tips Mengobati Ngorok Atau Folk Pada Ayam


Cara meramunya sederhana sekali yaitu:

(1). Ambil bawang putih secukupnya ( 2-3 siung bawang putih untuk 1 liter air ), terus lumatkan / tumbuk / ulek / bisa diblender bawang putih tersebut sampai halus, setelah itu tambahkan 1 liter air.
Ambil bawang putih secukupnya, terus lumatkan
Melumatkan bawang putih

(2). Kemudian diamkan sekitar 1 jam. Lalu berikan 1 sendok makan deterjen, boleh deterjen cair, serbuk atau sabun colek.

(3). Aduk sampai rata, kemudian disaring.

(4). Air saringan bawang putih tersebit masukan kedalam Alat Penyemprot Hama (Sprayer). Lalu semprotkan pada tanaman yang terkena aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu dan ulat tak berbulu.

Cara ini sangat aman, meskipun disemprotkan ke tanaman sayuran atau buah, beda banget dengan pembasmi yang menggunakan Pestisida Kimia dan Insektisida Kimia.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

38 komentar

berapa siung yang dibutuhkan bawang putihnya mang?
kayanya layak dicobain resepnya buat tanaman ubi cilembu kesayangan sayah nih.

ilmu pisan ieu teh da.

Balas

Kalau saya biasa menggunakannya 2 - 3 siung bawang putih dalam 1 liter air kang, tapi kalau siung bawangnya besar mungkin gak segitu, jadi dikira - kira saja kang.

tapi ada dampaknya kang, setelah penyemprotan dengan cara ini dijamin dilokasi itu bau bawang putih hehehe. Tapi gak apa - apa ya kang daripada bau telur busuk hehehe

Balas

btw kalo bawang merah bisa ga mas?

Balas

saya serep buat ditranfer ke mertua sy di kampung nih mas....
plaese sedot ya :)

Balas

kasih dikit garam.... biar mangrem sekalian mas hehehe :)

Balas

Kalau bawang merah buat sambal kecap mas, betul kata mas budi tambah garam dikit dan irisan cabe rawit hehehe

Balas

Silahkan mas, jangan lupa nanti hasil kebunnya saya dibagi ya mas hehehe

Balas

Membasmi hama tanaman dengan obat semi organik ya Mang ?

Salam

Balas

Kalau di sini ada kepik khusus mas yang suka makan seranga penganggu di daun tanaman :)

tipsnya boleh juga mas, :)

Balas

sangat inovatif sekali

Balas

kayaknya ramuan ini sangat bagus ya mas untuk mertua yang selalu ikut campur urusan rumah tangga anak hehehehehe

Balas

saya pernah mencoba sekali tapi gak berhasil bang...
harus rutin tiap hari ya?
kalo tanaman sudah ada buah dan bunga bakal buah apakah tidak apa2?

Balas

Tolong di jelaskan, apakah bisa di lakukan dgn cara menuangkan cairan ke dlm media tanaman ? / bukan dgn cara menyemprot.

Balas

Saya telah mencoba pake deterjen ini pada tanaman hias, tapi kok tanamannya mati juga ya. Apakah ada cara lain , ataukah ??? Tolong dibantu, Trimakasih

Balas

ya Deterjennya kebanyakan kali? sy kmrn coba pake air ama minyak sayur dikit, terus semprot langsung pada hamanya,dlm bbrp hari hama tak nampak lg.

Balas

Makasih tipsnya pak. Saya memang lagi butuh info ini, untuk pohon jambu saya yg diserang hama ulat bulu.

Balas

Saya coba satu bonggol bawang putih, diulek sampai halus,beri air satu gelas belimbing, saring dan masukan dalam sprayer. semprotkan pada tanaman anda. Disini saya coba pada tanaman mawar saya yang terkena kutu daun.
Alhamdulillah berangsur2 pulih. saya semprotkan 2hari sekali. sekarang tanaman mawar saya sudah mau bertunas/pucuk lagi.

Balas

kalo buat rayap yang menyerang tanaman dari dalam tanah gimana kang?

Balas

om, kalau untuk ulat grayak bisa ga om?

Balas

bade dicobian resep nya biar hus hus sana.....

Balas

Kalo hama belalang bisa juga ga??

Balas

Wah makasih mang, infonya. Berguna banget nih . Kalau pakai pestisida takutnya tanaman dipegang anak malah bahaya. Model kutunya putih plus ada belalang gitu. Mending kalau belalang tempur sekalian ksatria baja hitamnya....wk wk wk

Balas

Bapak Yono saya sangat salut dengan cara cara yang bapak lakukan dan tularkan. Hanya saya masih ragu itu yang membunuh kutu sebenernya bawangnya apa detergenya? coba bapak pisah tidak usah dicampur dengna detergen atau cukup hanya disemprot detergen saja.
Begini bapak kalau saya sudah membasmi ribuan bahkan jutaan kutu merah yang ada di kompos kering, dengan disemprot minyak tanah dijamin 5 menit semua mati. tapi kalau kena tanaman pasti tanaman mati. Minyak tanah bisa dibuat larut dalam air dengan ditambah detergen. Nah kalau komposisinya bisa diatur dengan pas maka kutu bisa disemprot dan mati tapi tanaman tidak mati. Kalau detergen saja mungkin bisa juga tapi dosisnya perlu coba coba. Kalau bawang putih mungkin cocok untuk membasmi bakteri dan virus yang mungkin muncul pada tanaman tersebut. Tapi kalau kutunya saya kira cukup disemprot dengan detergen asal dosisnya diatur, soalnya detergen juga bisa membunuh tanaman. Karena detergen adalah bahan kimia sama halnya seperti minyak tanah. Salam. Adi Grahito.

Balas

Saya akan coba karna saya tanam kacang panjqng ada hama semacam.lalat kcil dan warna piti yg mengakibat kan daun jadi keriting..tolong saran nya terimakasih..salam sukses semua..

Balas

Ijin d coba kang

Balas

Mang..klo utk jenis anthorium gimana.. bisa jg ga cara itu ??

Balas

Assalamualaikum kang, mang.. punten mau tanya klo tuk pucuk merah dan anthorium bisa ga atw cocok ga cara itu mang..??, trus tanaman hias lain tnpa bunga gt, cocok kahhhhh..?? Dg cara itu (maklum awam),mati ga nnti anthorium sy pake cara itu..thnks ya mang yono..

Balas

Waalaikum salam, saya rasa sih gak masalah... saya juga sering pake ke tanaman hias bunga atau tanaman hias daun

Balas

Bisa .. semua tanaman hias bisa pake ramuan ini....

Balas

selamat membasmi kutu daun pada tanaman mawarnya ya mas

Balas

silahkan dicoba mbak... semoga cocok di Jerman juga

Balas

Pengen juga dapatkan kepik predator Kutu daun. Di mana bisa dapatkan kepik tersebut?

Balas

Di Mbak Ely... Di Jerman bang :)

Balas

Assalamualaikum agan.. mohon maaf mau tanya. kalau detergent atau sabun colek bukannya berasal dari perubahan kimia juga. Mohon maaf jika saya salah mohon dikoreksi.

Balas

Kl untuk jeruk nipis bisa gak mang,daun jeruk saya pada keritiing dan menggulung serta kuning....

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger