Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Cara membasmi kutu daun pada tanaman dengan bawang putih. Mungkin sewaktu – waktu cara ini dibutuhkan oleh sahabat yang suka berkebun atau tanam – menanam bunga hias atau bahkan sekarang ada sahabat yang lagi pusing karena kebunnya (tanaman/bunga) kena hama aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu

Saya juga pernah dibuat pusing, dan di tulisan ini saya mau berbagi pengalaman juga tentang membasmi aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu.

Cara membasmi hama tanaman dengan bawang putih
Kutu daun ada yang berwarna hijau, hitam atau bahkan ada yang berwarna putih

Ngomong - ngomong soal kutu daun, kutunya ada yang warnanya hijau ada juga yang hitam atau bahkan ada yang berwarna putih, coklat dan lain sebagainya, tapi biasanya yang hijau sih. Ada yang hinggap di ujung-ujung daun-daun yang baru tumbuh, ada yang bersembunyi di belakang daun-daun dan ada pula yang hinggap di bakal buah tanaman. Kutu daun makan dengan cara menghisap getah tanaman, terutama pada pucuk tanaman yang masih muda. Sehingga tanaman menjadi kerdil dan daun tanaman menggulung. Tentu saja ini menjadi penghambat bagi perkembangan tanaman anda. dan ini harus diatasi agar tanaman hias, atau sayur-sayuran anda tetap bisa hidup sehat dan subur.

Cara membasminya yaitu dengan Bawang Putih (Allium sativum), pasti sobat sudah pada tahu khan bawang putih, yang suka dijadikan bumbu masak loh hehehe. Bawang putih secara alami akan menolak banyak membasmi aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu. 

Baca juga : Cara / Tips Mengobati Ngorok Atau Folk Pada Ayam


Cara meramunya sederhana sekali yaitu:

(1). Ambil bawang putih secukupnya ( 2-3 siung bawang putih untuk 1 liter air ), terus lumatkan / tumbuk / ulek / bisa diblender bawang putih tersebut sampai halus, setelah itu tambahkan 1 liter air.
Ambil bawang putih secukupnya, terus lumatkan
Melumatkan bawang putih

(2). Kemudian diamkan sekitar 1 jam. Lalu berikan 1 sendok makan deterjen, boleh deterjen cair, serbuk atau sabun colek.

(3). Aduk sampai rata, kemudian disaring.

(4). Air saringan bawang putih tersebit masukan kedalam Alat Penyemprot Hama (Sprayer). Lalu semprotkan pada tanaman yang terkena aphid (kutu daun), rayap, hama-hama ukuran kecil lainnya, termasuk ulat bulu dan ulat tak berbulu.

Cara ini sangat aman, meskipun disemprotkan ke tanaman sayuran atau buah, beda banget dengan pembasmi yang menggunakan Pestisida Kimia dan Insektisida Kimia.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar