logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara / Tips Mengobati Ngorok Atau Folk Pada Ayam

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog mang Yono. Bagi yang tinggal di Desa kebiasaan memelihara ayam atau beternak ayam sangat diminati, biasanya ayam – ayam tersebut di lepas untuk mencari pakan sendiri. 

Tapi sering kali peternak dibuat pasrah dan tidak tahu apa yang mesti di lakukan, termasuk saya juga begitu, saya sih gak piara / ternak ayam, tapi yang ternak ayam anak – anak saya, anak saya ini rajin sekali, setiap pagi memberi pakan dengan pakan dedak yang dicampur dengan air mendidih tapi kadang – kadang diberi juga nasi panas dengan ditambah air biar tidak lengket seperti permen karet hehehe.

Silahkan baca juga : Anak saya dan Ayam kampung

Cara / Tips Mengobati Ngorok Atau Folk Pada Ayam
Ayam piaraan anak saya GIN & GUM

Silahkan baca juga : Bakakak ayam kampung ( Ayam bakar ) acara hari minggu di kampung

Tapi yang namanya penyakit apalagi pas musim kemarau yang cuacanya sangat dingin dan lembab, itu ayam dipastikan kedinginan dan langsung tewas seketika. Setelah berbagai usaha pengendalian penyakit dilakukan, mulai dari obat tradisional hingga obat pabrikan yang tidak bermerek sampai yang bermerk, dari yang oplosan sampai yang tulen. Dan akhirnya dari pengalaman itu yang diawali dengan hasil coba-cobalah bisa memecahkan masalah dan menjawab permasalahan tersebut. Melalui Blog Mang Yono ini saya mencoba berbagi pengalaman ternyata bahan yang tidak lepas dari lingkungan kita sangat ampuh dan tokcer, kata orang sunda mah CESPLENG hehehe.

Ayam Negeri / ayam potong
Ayam Negeri / ayam potong juga sering piara

Bahan dasarnya sangat sederhana dan mudah didapat bagi yang sering kedapur, yaitu dengan Bawang putih, ini jenis bahan yang sering kita dengar bahkan kita konsumsi setiap hari sebagai penyedap masakan, kalau masih gak tau ... sungguh ter... la... lu ... hehehe.

Ternyata khasiatnya dari bawang putih ini dapat menyembuhkan penyakit ngorok dan penyakit folk basah penyakit ini  sering menyerang anak ayam umur kurang dari tiga bulan.

Penyakit Ngorok. Penyakit ini banyak menyerang ayam berbagai umur dan dapat mengurangi produksi. Untuk mengatasi penyakit ini berikan secara rutin parutan bawang putih yang dicampur pada air minum dengan ukuran satu siung per liter. Bawang putih tidak saja dapat menyembuhkan penyakit ngorok, tetapi juga dapat membunuh cacing dan meningkatkan nafsu makan ayam.

Penyakit folk yang sering menyerang anak ayam ini terbagi menjadi dua yaitu, Folk basah dan Folk kering. Penyakit folk biasanya terjangkit pada musim-musim kemarau dengan kelembaban yang tinggi dan keadaan ternak yang padat.

Folk basah ini menyerang rongga-rongga disekitar kepala, seperti rongga hidung, mulut dan mata. Akibatnya ayam akan meras sulit bernafas, menelan dan melihat. Karena menyerang bagian dalam akan sangat sulit mengobatinya. Biasanya, ayam yang terserang pada ronga-rongga tersebut terdapat sejenis keju berwarna krem yang menyumbat jalannya pernapasan dan mengakibatkan pembengkakan pada bagian yang terkena. Untuk mengatasi penyakit Folk basah ini gunakan bawang putih yang telah diparut kemudian di teteskan pada bagian yang sakit. Jika yang terkena mata, maka diteteskan pada mata, jika dihidung dan tenggorokan diteteskan pada mulut. Lakukan beberapa kali sehari.

Cara Mengobati Ngorok Atau Folk Pada Ayam
Sedangkan Folk kering adalah penyakit ayam yang berupa kutil yang tumbuh disekitar kepala dan dapat mengakibatkan kebutaan pada mata. Kalau ini cara penaggulangan atau penyembuhannya saya belum dapat pencerahannya, mungkin juga itu kutilnya dikupas.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

mantap mang,ini nanti saya kasih tahu sama mamaku deh,,dia suka pelihara ayam...thank ya mang

Balas

Ternyata obatnya Bawang putih ya Mang Yono.
Terima kasih deh, atas bawang putihnya ya Mang. Salam sukses selalu

Balas

minal aidin walfaidin pak mohon maaf lahir batin

Balas

Wah saya malah baru tahu kalau ayam bisa ngorok juga.. informasi baru nih buat saya

Balas

Sama Kang ayam siam saya di kandang juga mengalami hal sama seperti diatas tenggorokannya basah dan banyak lendir, ternyata pengobatannya menggunakan bawang putih, mudahan saja bisa sembuh ini ayam :)

Balas

ternyata ayam bisa ngorok juga yah? wkwkwk. ^^

Balas

penyakit yang merugikan memang pantas untuk diatasi, itu bermanfaat bagi si pemilik maupun ayamnya sendiri :)

Balas

Astaga simple banget obatnya dan banyak di dapur lagi heheh, makasi ya mang ilmunya

Balas

Mang Yono, apa itu untuk semua jenis penyakit ngorok dengan kasus berbeda bisa juga pakai bawang putih ? matur nuhun.

Balas

Bisa juga dengan daun sirih, di kombinasikan dgn chlorine akan lebih cepat, Tp kalo ngoroknya umur 21 ke atas untuk ayam broiler, biasanya susah sembuh.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger