logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman

Sampurasun ... Rampes...

Blog Mang Yono. Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman. Ini merupakan pembuatan Pupuk Organik yang kedua setelah sebelumnya pembuatan pupuk Organik yang pertama berhasil, silahkan baca di artikel saya sebelumnya Memanfaatkan daun dan sisa makanan untuk pupuk organik.

Bahan utamanya kali ini dari daun – daun bunga Palem ini untuk menghemat biaya pembuangan sampah, di jakarta khan susah buang sampah, kalaupun terpaksa di buang kita harus menambah biaya untuk pembuangan sampah dari biaya bulanan. 

Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman
 Cara membuat Pupuk Organik dari daun tanaman

Ya sudah lah, saya buat Pupuk Organik saja. Nah untuk pembuatan pupuk organik ini saya lakukan sendiri. Kalau yang pertama, saya dibantu Mmas Sukri.  Untuk membuat pupuk organik atau Pupuk organik hasil fermentasi, kita harus membuat campuran dengan Ferto –DEK dengan air, perbandingannya 1:30, 1 untuk Ferto –DEK dan 30 untuk air, lalu ditambah gula pasir , terus didiamkan selama 2 jam.
Campuran dengan Ferto –DEK dengan air
 Campuran dengan Ferto –DEK dengan air

Langkah pembuatan pupuk organiknya yaitu :

i). Daun Palem dicacah / dihaluskan dengan hati – hati dan telaten, jangan gerasak – gerusuk. Cacah daunnya nyantai aja broww.. heheh. Seperti Photo 1.
Photo 1. Penyacahan daun palem.
 Photo 1. Penyacahan daun palem.

Seperti photo dibawah ini saya sedang melakukan pencacahan daun palem, sambil mendengarkan lantunan musik, kecapi suling ... waw, serasa di desa broww hehehe.
Saya sedang melakukan pencacahan daun palem
Poto saya sedang melakukan pencacahan daun palem

ii). Selanjutnya, bahan organik tersebut disemprot dengan larutan Ferto –DEK yang sudah dicampur tadi dengan menggunakan sprayer, sambil bahan organik tersebut diaduk - aduk.. Kadar penyemprotan sekitar 40%, yaitu jangan terlalu kering atau terlalu basah. Seperti Photo 2.
Photo 2. Penyemprotan bahan organik
Photo 2. Penyemprotan bahan organik tersebut disemprot dengan larutan Ferto –DEK yang sudah dicampur

iii). Masukan kedalam ember / wadah. Tutup bahan organik tersebut, bisa dengan karung goni, pelastik  atau penutup lainnya. Usahakan jangan terkena hujan atau terkena panas matahari. Seperti Photo 3.
Masukan kedalam ember / wadah.
Photo 3. Masukan kedalam ember / wadah dan tutup.

Waktu pembuatan yang pertama pupuk organik digunakan setelah 1 bulan. Padahal dalam waktu 6 hari juga pupuk organik sudah siap dan bisa dipakai untuk pupuk tanaman atau bunga.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

6 komentar

Apa yang dilakukan mang yono pernah saya lakukan juga ketika mendapat tugas dari guru ketika masih sekolah. kurang lebih seperti ini caranya..walaupun berbeda tetapi tidak jauh jauh.

Balas

ferto-dek nya bisa dibeli dimana mang ? ditoko pertanian ada ndak ?

Balas

ternyata cukup mudah n ndak usah grasak grusuk juga ya mang...saya juga bisa ikutan praktek atuh

Balas

wah cocok nih bagi yang hobi bertani. kreatif

Balas

wah,,rumahnya mang Yono super ijo,,,aku pengen main kesitu mang,,,

Balas

mang yono tampak ganteng

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger