logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara menanam lidah buaya (Aloe Vera) di tanah langsung.

Sampurasun ... Rampess.

Blog Mang Yono. Mungkin anda sudah pada tahu ya, tentang salah satu tanaman hias yang paling banyak manfaatnya yaitu, tiada lain selain lidah buaya?. Memang betul, tanaman yang mudah untuk di budidayakan adalah lidah buaya (aloe vera). 

Tanaman ini sangat mudah berkembang biak meskipun ditanam di lahan kurang subur, bahkan di taman atau dibelakang rumah di kebun apotek hidup. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang menanam Lidah Buaya dengan menggunakan media pot. Selain bisa ditanam di dalam pot, polybag atau media lain yang terdapat di sekitar rumah, anda juga bisa menanam di taman atau tanah langsung . Tanaman lidah buaya dapat kita jadikan sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman Apotek Hidup atau lebih dikenal dengan istilah tanaman  herbal. 



Cara menanam lidah buaya ini cukup sederhana, seperti berikut ini:   
(i). Siapkan lahan kosong,yang mau ditanami aloe vera.

(ii). Ambil calon bibit lidah buaya, bisa memindahkan yang dari pot atau kalau gak punya bisa ngambil dari kebun orang lain atau dari tetangga (minta), cabut tanaman lidah buaya 1 saja usahakan akarnya jangan sampai tertinggal.

(iv). Gali tanah ukuran 20 x 20 Cm, masukan kompos atau pupuk organik, pada tanaman baru jangan menggunakan kotoran kambing, karena akan menimbulkan panas.  Tanam lidah buaya yang anda ambil tersebut sehingga semua akar tidak terlihat lagi. Siram dengan air.

Pada minggu pertama perhatikan daun paling luar lidah buaya, apakah layu atau tetap segar. Jika layu ada kemungkinan akar di gerogoti hama seperti semut dan serangga tanah lainnya. Jika ini terjadi lidah buaya dapat dicabut kembali terus lihat penyebabnya, apabila akar ada yang busuk, potong akar tersebut, supaya jangan merembet ke yang lainnya. Lalu tanam kembali.

Biasanya dalam sebulan akan tumbuh tudas baru di samping tanaman lidah buaya yang ditanam. Tunas baru ini bisa dijadikan bibit lidah buaya baru.

Bagai mana coba, sangat sederhana bukan? memang demikianlah cara menanam lidah buaya. Setelah lidah buaya tumbuh besar kurangi penyiraman air, sebab lidah buaya tidak membutuhkan banyak air sama seperti tanaman kaktus lainnya.

Untuk memanfaatkan lidah buaya menjadi perawatan rambut cukup mudah, ambil saja daun lidah buaya, belah daun tersebut dan gosokkan ke rambut. Lidah buaya dikenal mampu menyuburkan rambut. Selain sebagai perawatan rambut dan kulit, aloe vera juga dapat dijadikan minuman berkhasiat menurunkan panas dalam

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

11 komentar

yang di foto itu lidah buaya jenis apa mang ? kok bisa tinggi gitu...biasanya kan ndak kelihatan batangnya, lha itu kok bisa gitu...bagus saya suka...

Balas

ternyata dapat pertamax...ambil ah

Balas

Lidah buayanya besar sekali Mang, pasti pupuknya bagus ya ?

Salam

Balas

waw..adsense nya nongol lagi tuh mang, selamat yah moga pengalamannya jadi guru yang baik

Balas

Tanahnya cuma secuil mang ... kalau nanam lidah buaya ya bisanya di pot ditaruh diteras aja mang :D

Balas

Kebetulan saya belum pernah nyoba nanam
Lidah buaya itu Mang, ijin coba Mang makasih

Balas

iklan di dalam artiek atas, spertinya masuk masuk kekamar orang deh mang

Balas

Tanamana Lidah Buaya ini memang salah satu komoditi Andalan dari Kalimantan Barat. Selain bisa diadikan salah satu menu masakan, juga bsa dibuat jamu, es buah , serta alat kosmetika

Balas

lidah buaya yg model beginian aku baru lihat mang,,,gak seperti itu biasanya,,,

Balas

Sya Mau Coba Nanam Ah....?

Balas

Salam kenal mang,
Apa mang tahu kebun lidah buaya di wilayah subang,purwakarta,karawang.
Saya lagi perlu banyak. Karena kalau dari bogor ongkos transportnya mahal.
Nuhun mang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger