logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Zamioculcas zamifolia ( Pohon Dollar )

Sampurasun ... Rampes...

Blog Mang Yono. We have been stocking this plant for about three years now and it seems like it is gaining popularity for it’s shiny waxy green foliage.

Zamioculcas zamifolia ( Pohon Dollar ). This plant is on the expensive side but is well worth it: it can tolerate any light conditions you throw at it and needs to be watered once a month! It performs better in high light but will need a little more water. 


Zamioculcas zamifolia ( Pohon Dollar )Zamioculcas zamifolia ( Pohon Dollar )

Bunga Dollar!? Siapa yang tak tergiur dengan Dollar. Jangankan dollar, bunga rupiah pun menggiurkan ... Betul khan?. Tiga tahun yang lalu, seorang kawan istri saya memberi pohon dollar / batang tanpa akar. Siapa tak senang, bunga dollar ini sudah lama menjadi idaman, tetapi bibitnya sulit . Betapa pemurah, hati kawan istri saya itu. Terus Bunga Dollarnya saya tanam di bawah kanopi depan rumah saya, yang dibuat menyerupai pot.

Sebenarnya, bukan bunga, tetapi pohon. Jenis tumbuhan ini, memang tidaklah berbunga. Para kollektor memburunya karena hijau daunnya yang mengkilap indah, serta batangnya yang berbonggol unik. Kenapa disebut ‘bunga,’ karena tanaman hias jenis apapun di daerah saya, selalu ternamakan BUNGA termasuk Bunga Desa... Hehehe.

Nama “dollar” tentu memiliki arti. Tumbuhan yang seperti pelepah ditanam ini, memang dipercaya mendatangkan hoki. Karena berkhasiat Hoki, ada juga yang menyebutnya bunga rejeki. Mungkin karena itu, zamiaoculcas dikaitkan dengan mata uang.

Membiakkan dollar juga mudah, tetapi butuh kesabaran menantinya berkembang menjadi pelepah daun yang indah mengkilap. Memelihara dollar butuh keuletan. Jikalau ingin daunnya mengkilap, Kita harus rajin melap daunnya dengan air susu dan kain lembut.

Dollar memang berasal dari daerah panas, tetapi bagi wilayah tropis seperti Indonesia, tumbuhan ini jangan sampai terpapar matahari langsung. Bunga dollar ini menyukai matahari pagi sampai pukul 10.00 dan tak senang dengan air yang tergenang di akarnya. Air yang terlalu banyak, bisa mengakibatkan bunga dollar mati karena akarnya yang membusuk kelebihan air.

Seperti uang, mudah mencarinya, tetapi bagi yang ulet dan tahu tekniknya. Yang kaya tetap kaya dan yang miskin terus merana. Orang kaya tahu teknik menanam investasi, karena itu uangnya terus bertumbuh. Orang yang belum kaya seperti saya butuh kerja keras, karena barulah saya mengembangkan bibit dari anakan.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

oalah,,,,namanya si dollar ta,,,itu ada di kantor saya,,,maunya aku pritili,,mau di tanam di rumah mang,,,hahahaha

Balas

sama, baru tau juga klo namanya pohon dolar.. hehe

Balas

Namanya unik ya Mang Pohon dollar.. baru tau namanya Mang
Makasih sekali nih berkat artikel Mang Yono saya banyak nambah pengetahuan :)

Balas

Betul ya Mas.. sama an kita baru tau dengan
Pohon dollar itu :-d

Balas

saya juga sama baru tau di Blog ini hahaha ... Untuk menanam pohon dollar ini sangat gampang cukup potong batangnya ( stek ) dan ditancapkan... tunggu beberapa minggu... pasti tumbuh deh.

Balas

iya pohon dollar kang, makanya biar dapet dollar nanam pohon ini hehehe.

Balas

nah kalo yang ini saya belum punya.
juara nggak?

Balas

unik lagi pohon rupiah

Balas

pritili bahasa dollar pasti nih

Balas

kalau begitu mampir kerumah saya aja mas hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger