logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Cara memanen buah mangga yang tepat waktunya memang serba menguntungkan. Bila terlalu cepat memanen, maka mutu buah akan jelek. Terlambat memanen, buah tidak tahan lama disimpan. Terus, kapan dong sebaiknya memanen mangga?

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa tingkat ketuaan buah pada saat dipanen sangat menentukan kualitas buahnya setelah masak nanti. 

Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua. Mangga Manalagi.   Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua. Mangga Manalagi.

Salah satu cara yang mudah dan dapat dipakai pada hampir semua jenis mangga adalah dengan melihat cupat / tangkai buah, tempat buah tergantung. Jikalau dua pertiga tangkai ini sudah mengering atau menguning, buah sudah cukup tua dan siap dipanen.
Kalau ini mangga Goleknya masih muda
 Kalau ini mangga Goleknya masih muda

Pada beberapa jenis buah mangga yang kulitnya berwarna hijau pada waktu muda dan kuning bila sudah masak, tanda ketuaan dapat dilihat bila mulai timbul warna kuning atau warna keabu – abuan pada pangkal buah. Tapi cara ini tidak dapat dipakai untuk mangga Manalagi, di mana buah tetap berwarna hijau sekalipun buah sudah masak.

 Ini juga mangganya masih muda, tapi cocok nih buat rujakan hehehe
 Ini juga mangganya masih muda, tapi cocok nih buat rujakan hehehe


Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua bisa dilihat dari kulit buah mangga, waktu masih muda kulit mangga agak kasar, setelah tua menjadi halus dan setelah mengkal kulit buah mangga lebih halus lagi dan mengkilat. Jika  kulit buahnya sudah mengkilat dapat dipastikan mangga sudah tua benar dan siap dipanen.

Ini sekedar info saja ya, mungkin masih banyak cara - cara mengetahui buah mangga yang sudah tua... 

Kalau temen saya malah bilang begini Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua atau masih muda itu ...

" Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua itu gampang Mang, kita petik aja buah mangganya, terus lihat di tangkainya apakah getahnya sedikit atau banyak, kalau sedikit berarti sudah tua, kalau banyak berarti masih muda" 

Heheheh terus kalau getahnya banyak dan mangga itu masih muda, apa bisa ditempel lagi haha .... Semprul hahaha

Silahkan baca juga tulisan tentang Cara pematangan pisang secara alami


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

16 komentar

buah mangga memang kesukaan saya mang, yang matang saya santap yang mudapun biasa saya petis, tergantung jenis mangganya, tapi triknya menentukan matang atau ngganya beneran ga tau..

Balas

terima kasih atas infonya, pak Yono

Balas

wah ternyata mudah banget ya mas ter, saya sih jarang banget makan buah mangga kecuali ada yang ngasih hehe :D

Balas

liat mangga muda jadi pengen ngopi

Balas

Ahaaaaaaaaaa asyiik bisa ngerujak nih ntar siang
jadi kepengen cari buah Mangga deh. Mangga muda kayaknya bagus banged buat ngerujak. Heiheiiee. Uhuoooooooo

Balas

Wow ini inopasih banged sama mba Uswah
Kopi dengan Mangga. Kombinasi yang unik
Hihihihihi

Balas

Tosssss Saya juga Berhenti Makan Mangga

*Baca : Berhenti Beli. Maunya dikasih terus sama orang

Balas

Saya suka Mangga Muda. Tapi tidak suka sama Daun Muda
nah nah

Balas

Mas yono....tangkai buahnya yg dimaksud kering itu apa dari warna hijau menjadi coklat gtu ya? mksh sblmnya

Balas

Betul sekali ... tapi ada juga dari warna hijau berubah warna menjadi hijau kekuning - kuningan... ya seperting tangkai daun yang sudah tua yang sebentar lagi akan jatuh

Balas

Yuk ngerujak kang... Tapi kang Asep yang siapin sambalnya ya... :)

Balas

Yup, pas bangd... apalagi kopi tanpa gula... mantab

Balas

HHaha trik yang bagus tuh :)

Balas

I like it ... jebred

Balas

Silahkan dicomot teh .... hahah kang asep bisa ae ...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger