logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara pematangan pisang secara alami

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Banyak cara digunakan untuk mempercepat proses pematangan pisang. Salah satunya yang sering digunakan oleh masyarakat zaman dulu adalah mematangkan pisang secara alami, kalau nenek dan kakek saya suka menggunakan daun johar, jarak jakarta.

Cara ini dipilih karena sifatnya yang ekonomis dan mudah didapat yaitu, hanya cukup mengambil dari alam saja dan karena dulu belum ditemukan cara yang praktis dalam pemasakan pisang seperti penggunan karbit. 

Cara pematangan pisang secara alami. Ini adalah pisang MANALAGI ...    
Cara pematangan pisang secara alami. Ini adalah pisang MANALAGI ...

Sebenarnya penggunaan daun ini mengasilkan pisang dengan nilai gizi yang lebih baik dari pada dengan menggunakan karbit, itu kata ahli gizi loh, bukan kata saya hehehe.

Salah satu tanda dari buah pisang yang masak menggunakan daun ini yaitu aroma yang dihasilkan akan lebih alami dan ramah lingkungan. Hasil pemasakan buah dengan menggunakan daun ini bisa bertahan lama kira – kira bisa sampai seminggu, tanpa dimasukan ke lemari pendingin. Waktu untuk memasakan buah dengan sisitim daun ini memakan waktu 3- 4 hari. 

Pisang Manalagi gak enak dimakan mentah, tapi ada juga pisang yang enak dimakan mentah, silahkan baca di Pisang Klutuk, pisang batu, cau keu’eus lalapan yang enak


Cara untuk memasakan buah dengan daun – daunan, yaitu sebagai berikut :
 1. Siapkan buah pisang yang mentah tapi sudah tua, kalau masih dipohon silahkan tebang dulu pohonnya dan pisahkan dari tandannya. Disini saya ambil contoh buah pisang MANALAGI.

Buah pisang sudah tua tapi masih dipohon, siapa yang mau nolongin saya nebang pohon pisang hehehe
 Buah pisang sudah tua tapi masih dipohon, siapa yang mau nolongin saya nebang pohon pisang hehehe

 2. Menyiapkan kardus / boboko / said atau wadah lain untuk tempat pemeraman dan juga menggunakan karung untuk penutup, daun - daun pohon johar, jarak jakarta, atau daun dadap.

3. Mengisisi daun johar / jarak jakarta atau daun dadap disektar pisang, dengan menyelipkan antara sela-sela pisang dengan bentuk zig-zag sampai menutup seluruh permukan pisang.

4. Selanjutnya, pisang tersebut dimasukan ke dalam kardus yang sudah berisi kertas semen / karung. 

5. Tutup bagian atas kardus / boboko rapat-rapat dengan karung. Tunggu 3 – 4 hari.

Nah kalau sudah masak, boleh di angkat, dan siap untuk dicicipi ... monggo ... silahkan sobat untuk mencicipi pisang hasil peraman saya ini hehehe.

Buah pisan siap dimakan ... siapa yang mau heheheh

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

mantap.. blog mang yono kahiji aja euy.. ditampilan google nya..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger