Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Cara memanen buah mangga yang tepat waktunya memang serba menguntungkan. Bila terlalu cepat memanen, maka mutu buah akan jelek. Terlambat memanen, buah tidak tahan lama disimpan. Terus, kapan dong sebaiknya memanen mangga?

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui bahwa tingkat ketuaan buah pada saat dipanen sangat menentukan kualitas buahnya setelah masak nanti. 

Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua. Mangga Manalagi.   Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua. Mangga Manalagi.

Salah satu cara yang mudah dan dapat dipakai pada hampir semua jenis mangga adalah dengan melihat cupat / tangkai buah, tempat buah tergantung. Jikalau dua pertiga tangkai ini sudah mengering atau menguning, buah sudah cukup tua dan siap dipanen.
Kalau ini mangga Goleknya masih muda
 Kalau ini mangga Goleknya masih muda

Pada beberapa jenis buah mangga yang kulitnya berwarna hijau pada waktu muda dan kuning bila sudah masak, tanda ketuaan dapat dilihat bila mulai timbul warna kuning atau warna keabu – abuan pada pangkal buah. Tapi cara ini tidak dapat dipakai untuk mangga Manalagi, di mana buah tetap berwarna hijau sekalipun buah sudah masak.

 Ini juga mangganya masih muda, tapi cocok nih buat rujakan hehehe
 Ini juga mangganya masih muda, tapi cocok nih buat rujakan hehehe


Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua bisa dilihat dari kulit buah mangga, waktu masih muda kulit mangga agak kasar, setelah tua menjadi halus dan setelah mengkal kulit buah mangga lebih halus lagi dan mengkilat. Jika  kulit buahnya sudah mengkilat dapat dipastikan mangga sudah tua benar dan siap dipanen.

Ini sekedar info saja ya, mungkin masih banyak cara - cara mengetahui buah mangga yang sudah tua... 

Kalau temen saya malah bilang begini Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua atau masih muda itu ...

" Cara mengetahui buah mangga yang sudah tua itu gampang Mang, kita petik aja buah mangganya, terus lihat di tangkainya apakah getahnya sedikit atau banyak, kalau sedikit berarti sudah tua, kalau banyak berarti masih muda" 

Heheheh terus kalau getahnya banyak dan mangga itu masih muda, apa bisa ditempel lagi haha .... Semprul hahaha

Silahkan baca juga tulisan tentang Cara pematangan pisang secara alami

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar