logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Dikalangan para petani termasuk saya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir hama burung Pipit.

Antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul, membunyikan kaleng, memasang plastik, ketapel dan bahkan ada yang menggunaka senapan karbit atau menggunakan kepingan CD atau DVD seperti petani di negara China, Para petani disana menggunakan kepingan CD ataupun DVD yang sudah tidak tepakai lagi untuk mengusir kawanan burung pipit .... *Gaya hehe.

Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik.Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik. Tentunya plastik yang digunakan yaitu plastik yang mengkilap seperti pada poto saya ini. Harga dari plastik tersebut Rp. 35.000,-/ kg, panjangnya kurang lebih sekitar 500 Meter, sedangkan lebar plastiknya sekitar 2 - 3 cm rangkap dua.

Di sini saya akan membagi sedikit pengalaman tentang cara menusir burung pipit disawah. Bagaimana caranya?.

Pertama : menancapkan bambu dengan diameter ±5 cm dan ±50 cm lebih tinggi dari batang padi. Di sekeliling sawah dan di tengah-tengah sawah berjejer dengan jarak tiap tiangnya sekitar 4 – 6 Meter .
Bambu untuk tiang. Poto jepretan admin
Bambu untuk tiang. Poto jepretan admin

Ikatkan diatas tiang tersebut dari tiang satu ke tiang yang lainnya, mengelilingi tanaman padi / petakan sawah.

Mengikatkan plastik ke tiang.Mengikatkan plastik ke tiang.
Mengikatkan plastik ke tiang. Saya memasang plastiknya berdua dengan mertua, terlihat jauh disan mertua sedang mengikatkan plastik ke tiang.

Cara kerjanya adalah, pelastik tersebut akan memantulkan cahaya dari matahari sehinga penglihatan burung-burung akan terganggu karena terkena pantulan sinar matahari. Dan burung-burung pun tidak dapat mendarat di sawah tersebut.
Pelastik tersebut akan memantulkan cahaya dari matahari
Pelastik tersebut akan memantulkan cahaya dari matahari, apalagi ditambah tiupan angin yang dapat menggerakan / menggoyang plastik sehingga plastik tersebut akan berkilau - kilau.

Tanpa ditungguin pun dijamin deh gak ada burung yang hinggap di sawah yang sudah dipasang plastik tersebut.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

22 komentar

wahh keren kreatif banget mamang :D

Balas

wah, kang mamang kreatif juga..
bisa dipraktekin dirumah nih.. :D
alat pengusir burung pipit yg murah meriah ..hehe

Balas

Saya pernah lihat petani pakai kepingan CD rasanya tidak efektif karena burung pipit masih banyak yang hinggap

Balas

Emang harus begitu, kalau gak begitu nanti repot dan padinya diserbu burung pipit hehehe

Balas

silahkan sob, meskipun murah meriah tapi praktis, saya malah menyukai cara ini dari cara - cara yang ada

Balas

iya Mbak, mungkin salah penerapan atau kurang banyak, menurut saya juga kurang praktis. Kalau memakai cara yang ini / menggunakan plastik sangat praktis, dengan dipasang berkeliling sawah dan di jalur tengan, burung pipit gak berani mendekat, mungkin karena kilauannya itu

Balas

keratif sekali kang..
biasanya sih pake bambu, tampar sama kaleng bekas.. lalu saling ikatkan..klo ditarik ntr bunyi krenceng2..hehe

Balas

Kalau pakai kaleng begitu malah repot harus ditungguin, cara saya ini malah gak usah ditunggu pun tanaman padi aman dari serangan sang burung pipit

Balas

wah keren banget gan :D , bisa jadi refrensi ni , sama request untuk mengusir hama belalang dll gan :D

Balas

kalau serangan hama seperti jangkrik gimana gan ?

Balas

Saya cari di daerah saya g ada dan apa nama platiknya pk? Mereka g kenal dan balik tanya

Balas

[ertanyaan sama, nama plastiknya apa yah

Balas

iya gan... nah kalau belalang belum tentu takut sama plastik ini gan

Balas

memang sulit mungkin plastik ini ... mungkin juga cuma ada di daerah saya hehehe... Nama plastiknya gak tau sob ... pas saya tanya ke tukang plastik ukuran segitu eh dia langsung kasih ....

Balas

nama plastiknya gak tau sob ...

Balas

mas brow... mau tanya neh... tanyanya sama di atas. apakah plastik yang digunakan semacam plastik un membuat es lilin?

Balas

Nama plastiknya apa bang????

Balas

Beli plastiknya dmna ya mas?

Balas

Di daerah saya kk gk work cara itu y gan

Balas

Plastiknya biasa yang dipakai untuk cocok tanam sistem fertigasi

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger