Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Dikalangan para petani termasuk saya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir hama burung Pipit.

Antara lain membuat orang-orangan, umbul-umbul, membunyikan kaleng, memasang plastik, ketapel dan bahkan ada yang menggunaka senapan karbit atau menggunakan kepingan CD atau DVD seperti petani di negara China, Para petani disana menggunakan kepingan CD ataupun DVD yang sudah tidak tepakai lagi untuk mengusir kawanan burung pipit .... *Gaya hehe.

Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik.Cara mengusir burung pipit di sawah dengan plastik. Tentunya plastik yang digunakan yaitu plastik yang mengkilap seperti pada poto saya ini. Harga dari plastik tersebut Rp. 35.000,-/ kg, panjangnya kurang lebih sekitar 500 Meter, sedangkan lebar plastiknya sekitar 2 - 3 cm rangkap dua.

Di sini saya akan membagi sedikit pengalaman tentang cara menusir burung pipit disawah. Bagaimana caranya?.

Pertama : menancapkan bambu dengan diameter ±5 cm dan ±50 cm lebih tinggi dari batang padi. Di sekeliling sawah dan di tengah-tengah sawah berjejer dengan jarak tiap tiangnya sekitar 4 – 6 Meter .
Bambu untuk tiang. Poto jepretan admin
Bambu untuk tiang. Poto jepretan admin

Ikatkan diatas tiang tersebut dari tiang satu ke tiang yang lainnya, mengelilingi tanaman padi / petakan sawah.

Mengikatkan plastik ke tiang.Mengikatkan plastik ke tiang.
Mengikatkan plastik ke tiang. Saya memasang plastiknya berdua dengan mertua, terlihat jauh disan mertua sedang mengikatkan plastik ke tiang.

Cara kerjanya adalah, pelastik tersebut akan memantulkan cahaya dari matahari sehinga penglihatan burung-burung akan terganggu karena terkena pantulan sinar matahari. Dan burung-burung pun tidak dapat mendarat di sawah tersebut.
Pelastik tersebut akan memantulkan cahaya dari matahari
Pelastik tersebut akan memantulkan cahaya dari matahari, apalagi ditambah tiupan angin yang dapat menggerakan / menggoyang plastik sehingga plastik tersebut akan berkilau - kilau.

Tanpa ditungguin pun dijamin deh gak ada burung yang hinggap di sawah yang sudah dipasang plastik tersebut.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar