logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Dulang kayu alat dapur tradisional Indonesia

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Dulang yaitu alat dapur tradisional Indonesia, mungkin sebutan dulang hanya di daerah saya aja ya. Dulang Terbuat dari batang kayu yang di lubangi semakin kebawah makin kecil, biasanya untuk mendinginkan nasi dengan bantuan Hihid sambil nasinya dibolak - balik. Baca juga Hihid / Kipas Bambu, Alat Dapur Tradisional Indonesia.

Di pedesaan alat ini sudah semakin jarang, termasuk saya juga  sudah dimusiumkan, yaitu untuk pajangan, bukan untuk alat masak lagi .... Hehehe.

Foto Ilustrasi Dulang kayu alat dapur tradisional Indonesia.
Foto Ilustrasi Dulang kayu alat dapur tradisional Indonesia.

Beberapa puluh tahun yang lalu sempat boming alat ini, sampai – sampai orang kota mencari alat ini, entah untuk apa coba, yang dicari sih bukan hanya alat masak yang satu ini, tetapi alat alat jaman baheula, mungkin untuk pajangan dirumah. 

Selain untuk ngakeul mendinginkan nasi. Dulang dipakai juga untuk ngarih nasi yang setengah matang biasanya di tambah air ditempat ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

9 komentar

Kalau dikampung saya dulu bukan hanya dulang kayu yang dicari kolektor barang antiq tapi,Lisung kayu juga jadi sasaranya dulu Mang,,,skrgmah sudah tidak ada lagi tuh yang namanya dulangteh,,,

Balas

Wah berarti sama kang, ditempat saya juga yang antik - antik dicari, sekarang cari lisung aja dah susah kang...

Balas

Wah iklan Adsensenya kok ilang ya di sini mang?

Balas

Berarti jaringan internet Kang Asep yang sedang galau... disini mah ndak ilang Kang... Apa kehalangin Dulang nasi ya... hehehe

Balas

Alhamdulillah saya masih punya dulang peninggalan nenek, berrrat banget mang, kemarin aku pakai buat nutu suuk dan beras ketan sampe berminyak hehe..

Balas

jelas dan jentre kode adsense nya..

Balas

liat dulang kayu jadi inget jaman perjuangan dulu, kala itu saya sebagai komandan tempur memerintahkan prajurit saya untuk menyusup keperkampungan dan mencuri dulang kayu untuk kami pakai menanak nasi di hutan. oh dulang kayu ku

Balas

Saya kira itu bakul nasi... Saya gak ngerti alat itu ya? Nanti tak nanya ama emak saya. Hehe

Balas

Ini belinya dimana ya?mohon infonya. Terima kasih

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger