--> Skip to main content

Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat

Sampurasun ... Rampes.

Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat

MANGYONO.com - Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang merupakan desa yang memilki potensi perikanan dan pertanian. 

Desa ini sebelum tahun 2008 termasuk desa di Kecamatan Pagaden. Namun pada tahun 2008 dimekarkan menjadi Kecamatan Pagaden Barat dan Kecamatan Pagaden. Desa sumurgintung masuk ke Kecamatan Pangaden Barat.

FOTO 1 : Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat
 FOTO 1 : Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat

Perikanan di desa Sumurgintung tidak memproduksi sampai ikan pedaging, tapi dijual sampai ikan berukuran 100 ekor/Kg. selain itu ada juga petani yang menjual bibit ikan sebesar jarum (disebut sebagai kebul). perikanan desa Sumurgintung sering juga sebagai tempat studi banding untuk daerah-daerah lain, ada yang datang dari Aceh, Pemda setempat maupun dari luar negeri. 

Desa Sumurgintung memiliki 6 dusun yaitu, Dusun Sumurgintung, Dusun Ciwaru, Dusun Keresek Baru, Dusun Kamarung, Dusun Keresek Tua dan Dusun Panyingkiran. 

Jarak dari desa ke Kecamatan 13 km dengan kendaraan bermotor ditempuh dengan lama perjalan 30 menit dengan jalan kaki 3,5 Jam. 

Jarak ke ibukota kabupaten 15 km dengan kendaraan bermotor ditempuh dengan lama perjalan 45 menit dan dengan jalan kaki 3,5 jam

FOTO 2 : Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat
FOTO 2 : Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat


Sedangkan Desa Sumurgintung berbatasan dengan:
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Pangsor & Cidadap    
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Cidahu & Balingbing dan Jabong   
Sebelah Timur berbatasan dengan Gunung sembung    
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa  Balingbing & Cidadap

 
FOTO 3 : Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat
FOTO 3 : Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat

  
Sektor perikanan yang menojol di Desa Sumurgintung hampir semua dusun mempunyai kolam ikan. mulai sektor pertanian yang banyak di desa ini tapi lambat laun para petani merubah lahan pertanian manjadi kolam ikan. Saat ini lebih banyak kolam ikan dibandingkan lahan pertanian. ikan-ikan di suplai ke berbagai tempat antara lain, purwakarta (Cirata, Jatiluhur), Cianjur, Solo untuk dibesarkan lagi. pasar sudah terbentuk, petani tidak usah repot-repot mencari pasar karena para pembeli sudah menjadi langanan dan langsung datang ketempat.

Kelurahan/Desa lainnya di Kecamatan Pagaden Barat

- Desa Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Cidadap, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Cidahu, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Margahayu, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Mekarwangi, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Munjul, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Pangsor, Kecamatan Pagaden Barat
- Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat

Data dari  Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments