Skip to main content

Desa Pangsor, Kecamatan Pagaden Barat

Desa Pangsor terletak di Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kode Pos 41252

Sebelumnya, Desa Pangsor termasuk dalam satu kecamatan yaitu Kecamatan Pagaden, tetapi setelah ada pemekaran wilayah, kecamatan pagaden dibagi menjadi 2 kecamatan diantaranya Kecamatan Pagaden Barat dan Pagaden Timur ( Kecamatan Pagaden ). 

Menurut Sejarah dan para sesepuh desa Pangsor, asal mula penamaan "Pangsor" adalah dari pohon besar yang tumbuh di RW 03 desa Pangsor. Pohon itu bernama Pohon Pangsor. Nah dari pohon itulah akhirnya diputuskan menjadi nama desa Pangsor hingga sekarang. Pohon Pangsor yang ada di RW 03 hingga sekarang masih kokoh berdiri dan menjadi pohon yang "dikeramatkan" oleh seluruh masyarakat Desa Pangsor.

Ternyata desa Pangsor merupakan sejarah lahirnya kebudayaan sunda / atau kesenian khas daerah. Kebudayaan tersebut dapat disebut sebagai Genjring bonyok. Jenis kesenian yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Subang. Alat musik utama yang dipergunakan adalah bedug dan genjring. Pengertian Genjring Bonyok asal mula dari Genjring dan Bonyok. Genjring adalah waditra berkulit yang memakai semacam anting-anting terbuat dari besi atau perunggu sebagai penghias seperti rebana. Sedangkan Bonyok adalah nama daerah di desa Pangsor Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Genjring bonyok artinya kesenian Genjring yang awal mulanya berada di daerah Bonyok.
Desa Pangsor, Kecamatan Pagaden Barat
 Peta Desa Pangsor, Kecamatan Pagaden Barat

Batas-Batas Wilayah Desa Pangsor:
Bagian Utara      :  Desa Pagaden
Bagian Selatan   : DesaSumur Gintung
Bagian Barat      : Desa Margahayu
Bagian Timur      : Desa Sukamulya

Jarak dari Desa Pangsor ke:
Jarak Dari Pusat Kecamatan : 3   Km
Jarak Dari Pusat Kabupaten : 15 Km
Jarak Dari Provinsi                : 72  Km
Jarak Dari Pusat Ibu Kota     : 200 Km

Kelurahan/Desa lainnya di Kecamatan Pagaden Barat

  1. - Desa Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat
  2. - Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat
  3. - Desa Cidadap, Kecamatan Pagaden Barat
  4. - Desa Cidahu, Kecamatan Pagaden Barat
  5. - Desa Margahayu, Kecamatan Pagaden Barat
  6. - Desa Mekarwangi, Kecamatan Pagaden Barat
  7. - Desa Munjul, Kecamatan Pagaden Barat
  8. - Desa Pangsor, Kecamatan Pagaden Barat
  9. - Desa Sumurgintung, Kecamatan Pagaden Barat
Data dari  Desa Pangsor, Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Pangsor, Kecamatan Pagaden Barat, boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar