--> Skip to main content

Paria Belut, Pare Belut alias Pare Ular, Snake Gourd

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Paria Belut ( Bahasa Sunda ) Pare Belut alias Pare Ular di sebut juga Snake Gourd ... Hehehe. 

Pare Belut adalah jenis sayuran yang mungkin tidak setenar saudaranya pare kisut aliasa pare pahit. Pare ini rasanya tidak pahit namun tawar seperti labu atau oyong.  Disebut pare belut / ular karena bentuk buahnya sangat unik yaitu berbentuk memanjang seperti belut panjangnya antara 40 hingga 120 cm dan berdiameter antara 5 cm sampai 8 cm. Tanaman ini  nama ilmiahnya adalah Trichosanthus cucumerina var anguina L.

Paria Belut, Pare Belut alias Pare Ular, Snake Gourd
 Paria Belut, Pare Belut alias Pare Ular, Snake Gourd

Tanaman pare ini termasuk dalam keluarga atau family Cucurbitaceae atau keluarga mentimun dan labu. Mungkin masih kakak adek ya ... Hehehe.  Untuk menanam pare belut tidak susah dan ribet, karena tanaman ini sangat mudah tumbuh dimana saja dan kapan saja, tapi saat ini mungkin bibitnya langka dijumpai di pasaran atau toko biji - bijian. 

FOTO : Paria Belut, Pare Belut alias Pare Ular, Snake Gourd di kebun belakang.
FOTO : Paria Belut, Pare Belut alias Pare Ular, Snake Gourd di kebun belakang.

Untuk menanam Paee Belut penanamannya  seperti menanam pare, kita harus menyediakan para - para  atau istilah sundanya paranggon dengan tinggi minimal 1,5 Meter, agar buahnya yang menjuntai ke bawah bisa dengan mudah dipetik.  Satu lagi yang unik, agar buah pare ular bisa lurus, pada saat buah masih pentil harus dikasih tali gandulan / pemberat.   Dulu saat saya masih kecil suka sekali memberi pemberat buah pare dengan batu yang saya ikat dengan tali rafia. 
   
Banyak bagian tanaman ini digunakan termasuk biji, buah dan akar. Buah pare belut bisa dipakai obat cacing, dan pencahar.

Baca juga Tanaman Paria Belut selain enak dimasak, bagus untuk tanaman hiasan didepan Rumah

Ciri – ciri buah Pare Belut
1. Kulit / permukaan buah berwarna belang-belang, yaitu hijau keputihan bergaris memanjang
2. Buah berbentuk bulat panjang, bisa mencapai 150 cm
3. Rasa daging buah tidak pahit, enak untuk sayur.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments