--> Skip to main content

Tantangan menanam padi dimusim hujan di Pagaden Barat

Sampurasun .... Rampes.

MANGYONO.com – Di saat musim hujan yang ekstrim seperti sekarang ini sangat berpengaruh banget kepada pola tanam padi yang ditanam di sawah, terutama di Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia. Musim hujan yang biasanya mulai turun di awal bulan September ternyata mundur hingga menjelang akhir bulan Desember. Baca juga Tanaman Padi Rojolele Lulus Cuaca

Tantangan menanam padi dimusim hujan di Pagaden Barat. Mau gak mau para petani terpaksa harus memundurkan jadwal tanam padi sawah yang tadinya awal bulan Desember sudah mulai tanam karena debit air yang kurang, menjadi tanam di akhir bulan Desember bahkan di bulan Januari tahun 2015 ini. Meskipun hujan datang namun kondisi debit air dari situ Cijambe, Kukulu, Desa balingbing masih belum stabil dan juga harus berbagi air di beberapa desa yang diperparah dengan banyaknya kerusakan sepanjang hulu hingga hilir membuat banyak petani masih menunda musim tanam hingga aliran air lancar dan terkendali.

Tantangan menanam padi dimusim hujan di Pagaden Barat
Tantangan menanam padi dimusim hujan di Pagaden Barat. Para petani mulai mengolah sawahnya di akhir bulan Desember.

Petani pun mulai menanam padi di akhir bulan Desember. Namun pada bulan tersebut hujan mulai deras hal ini membuat beberapa sawah terkena dampak banjir. Pengaruh cuaca juga memicu hama Keong Emas maupun sundep, hal ini juga harus memaksa para petani menyulam tanaman padi. Baca Tumpang Sari Tanaman Jagung Dengan Padi Di Sawah

Memang tidak mudah bagi Masyarakat Subang pada khususnya dan masyarakat petani pada umumnya akibat pengaruh cuaca dan kondisi alam setempat yang rentan terhadap banjir akibat cuaca ekstrim. Untuk itu diperlukan upaya-upaya pencegahan terhadap musim hujan yang ekstrim seperti: Pembenahan dan perbaikan saluran air dengan bergotong royong antar petani dan dinas terkait. Memakai benih yang tahan terhadap genangan air.

Tanaman padi sudah berumur 1 bulan. umur segini sudah tahan terhadap keong emas dan curah hujan.
 Tanaman padi sudah berumur 1 bulan. umur segini sudah tahan terhadap keong emas dan curah hujan.

Silahkan baca juga Pawinian / Penyemaian Bibit Padi secara Tradisional.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments