--> Skip to main content

Padi di Bakan Bandung, Pagaden Barat padat berisi.

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Panen di blok Tegalsungsang akhirnya selesai juga. Nah, sekarang fokus ketanaman padi di Bakan bandung, kalau tanaman padi ini penanamannya selisih satu bulan dengan tanaman padi di Blok Tegalsungsang. Tanaman padi di sini saya cuma sedikit, tapi gak apa lah yang penting tanaman padinya bagus dan bulir padi padat berisi

Untuk menghasilkan produksi padi yang tinggi tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja, misalnya obat – obatan atau pupuk - pupukan. Sebaiknya optimalkan semua faktor produksi, seperti bibit yg bagus, pengairan, tanah, pemupukan, semua paktor diterapkan. 

Padi di Bakan Bandung, Pagaden Barat padat berisi.
FOTO : Padi di Bakan Bandung, Pagaden Barat padat berisi.

Menanam padi  itu punya tata cara sendiri lho, agar padinya tumbuh subur dan bulir-bulirnya berisi penuh. Bagi saya yang baru di dunia Pertanian atau setengah petani, budaya menanam sangat rumit, mulai dari mempersiapkan tanah, mengolah tanah, pembibitan di peersemaian hingga menanam bibit padi yang harus sambil berjalan mundur ... Eh, sekarang sudah maju menanam padinya.

FOTO : Tanaman padi di Bakan Bandung, Pagaden Barat sudah berisi
FOTO : Tanaman padi di Bakan Bandung, Pagaden Barat sudah berisi
Menurut saya menanam padi itu rumit dan sulit. Karena itu kita harus menghargai jerih payah pak tani dengan cara jangan membuang nasi sembarangan... Iya khan?.

FOTO : Sekitar 1 bulanan lagi panen ... Hehehe
 FOTO : Sekitar 1 bulanan lagi panen ... Hehehe

Menurut para petani di kampung saya, ternyata hujan malam itu menganggu proses pengisian bulir padi. Kalau hujan pada siang atau sore, tidak akan berakibat kegagalan pembentukan bulir padi. 

FOTO : Sedang apakah gerangan admin, ngurek apa cari jangkrik  ... Hehhe
 FOTO : Sedang apakah gerangan admin, ngurek apa cari jangkrik  ... Hehhe

Penggunaan dosis pupuk urea oleh petani di Indonesia untuk budidaya padi masih sangat berlebih. Selain hal ini merupakan pemborosan anggaran subsidi, pemberian urea berlebih pada tanaman padi ternyata juga berdampak pada rasa nasi yang dikonsumsi.... Jadi harus sesuai takarannya.

Baca juga : 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments