logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memperbanyak anakan tanaman padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Banyak anak banyak rejeki, falsafah ini sangat pas jika diterapkan dalam ilmu Pertanian khususnya tanaman padi. Semakin banyak anakan pada tanaman padi diharapkan akan semakin banyak malai yang terbentuk dan akhirnya diharapkan semakin banyak peningkatan produksi yang kita peroleh. Betul khan?.

Dibawah ini ada tips / cara memperbanyak anakan padi pada tiap rumpunnya, tips ini saya peroleh pada kelompok tani di kampung saya serta pengalaman pas menanam padi.

Cara memperbanyak anakan tanaman padi

Cara memperbanyak anakan tanaman padi
i. Sebaiknya menanam bibit padi muda. Katanya semakin muda umur bibit padi akan semakin baik. Sedangkan umur terbaik untuk tanam padi adalah antara 10 – 20 .

ii. Mengaplikasikan pupuk urea seawal mungkin. Maksimal 5 hari setelah tanam harus sudah diberikan. Ini adalah salah satu kunci utama dalam membantu pembentukan anakani.

 FOTO : Bunga padi
 FOTO : Bunga padi

ii. Jangan tanam bibit padi terlalu dalam. Cukup 2-5 cm saja sudah cukup.. Tanam bibit padi yang terlalu dalam akan menghabiskan energi tanaman padi untuk menembus tanah penutupnya. Tapi kadang di daerah saya, tukang tandur malah menyukai tanam padi yang dalam. Pernah saya menanyakan pada tukang tandur (tukang tanam) kenapa kalau tanam harus dalam, terus tukang tandur jawab...  “”katanya kalau nggak dalam nggak enak mang!”.

iii. Pengairan yang tidak selalu tergenang. Jaga pemberian air pada tanaman padi secara periodik diairi lalu dibiarkan sampai kering (tanahnya pecah rambut) lalu diairi lagi demikian seterusnya.

iv.  Penggunaan varietas unggul seperti benih padi yang unggul..

v. Jarak tanam jangan terlalu rapat. Sebaiknya menggunakan sistem tanam jajar legowo.

 FOTO : Tanam padi menggunakan sistem tanam jajar legowo.
 FOTO : Tanam padi menggunakan sistem tanam jajar legowo.

vi. Pemberian pupuk organik padat sebagai penyubur dan pembenah tanah.   

Dan yang terakhir Kita sebaiknya selalu waspada terhadap hama dan penyakit seperti  Hama keong mas, sundep dan tikus atau  busuk pangkal batang padi. 

Baca juga :  
Cara membuat benih padi sendiri. 
Tanaman Padi Rojolele Lulus Cuaca
Mulai mencoba menanam padi beras merah   
Mengajak Istri melihat tanaman padi di sawah  
Hujan terus menerus hama Wereng Cokelat pun datang

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 komentar

Wah, ternyata untuk memperbanyak anakan padi juga harus ada aturannya juga ya mang, lumayan menjadi ilmu bagi para petani yang kebetulan ngintip Blog ini.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger