--> Skip to main content

Cara memperbanyak anakan tanaman padi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Banyak anak banyak rejeki, falsafah ini sangat pas jika diterapkan dalam ilmu Pertanian khususnya tanaman padi. Semakin banyak anakan pada tanaman padi diharapkan akan semakin banyak malai yang terbentuk dan akhirnya diharapkan semakin banyak peningkatan produksi yang kita peroleh. Betul khan?.

Dibawah ini ada tips / cara memperbanyak anakan padi pada tiap rumpunnya, tips ini saya peroleh pada kelompok tani di kampung saya serta pengalaman pas menanam padi.

Cara memperbanyak anakan tanaman padi

Cara memperbanyak anakan tanaman padi
i. Sebaiknya menanam bibit padi muda. Katanya semakin muda umur bibit padi akan semakin baik. Sedangkan umur terbaik untuk tanam padi adalah antara 10 – 20 .

ii. Mengaplikasikan pupuk urea seawal mungkin. Maksimal 5 hari setelah tanam harus sudah diberikan. Ini adalah salah satu kunci utama dalam membantu pembentukan anakani.

 FOTO : Bunga padi
 FOTO : Bunga padi

ii. Jangan tanam bibit padi terlalu dalam. Cukup 2-5 cm saja sudah cukup.. Tanam bibit padi yang terlalu dalam akan menghabiskan energi tanaman padi untuk menembus tanah penutupnya. Tapi kadang di daerah saya, tukang tandur malah menyukai tanam padi yang dalam. Pernah saya menanyakan pada tukang tandur (tukang tanam) kenapa kalau tanam harus dalam, terus tukang tandur jawab...  “”katanya kalau nggak dalam nggak enak mang!”.

iii. Pengairan yang tidak selalu tergenang. Jaga pemberian air pada tanaman padi secara periodik diairi lalu dibiarkan sampai kering (tanahnya pecah rambut) lalu diairi lagi demikian seterusnya.

iv.  Penggunaan varietas unggul seperti benih padi yang unggul..

v. Jarak tanam jangan terlalu rapat. Sebaiknya menggunakan sistem tanam jajar legowo.

 FOTO : Tanam padi menggunakan sistem tanam jajar legowo.
 FOTO : Tanam padi menggunakan sistem tanam jajar legowo.

vi. Pemberian pupuk organik padat sebagai penyubur dan pembenah tanah.   

Dan yang terakhir Kita sebaiknya selalu waspada terhadap hama dan penyakit seperti  Hama keong mas, sundep dan tikus atau  busuk pangkal batang padi. 

Baca juga :  
Cara membuat benih padi sendiri. 
Tanaman Padi Rojolele Lulus Cuaca
Mulai mencoba menanam padi beras merah   
Mengajak Istri melihat tanaman padi di sawah  
Hujan terus menerus hama Wereng Cokelat pun datang
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments