logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tanaman padi di Pagaden Barat, Subang di serang Walang Sangit

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Tanaman padi saya di Blok Tegalsungsang, Pagaden Barat, Subang diserang Walang sangit (Leptocorisa acuta), yaitu serangga yang menjadi hama penting pada tanaman padi. Padahal tanaman padi saya bisa di panen sekitar 7 Harian lagi, tapi kalau melihat gelagatnya begini, apa boleh buat tanaman padi saya akan dipanen pada hari sabtu 21 Maret 2015 mendatang. Di tempat saya serangga ini disebut kungkang ( Jawa Barat ). Baca Cara Membasmi Kungkang / Walang Sangit Yang Unik

Mungkin ini diakibatkan cuaca yang tidak menentu atau apalah - apalah begitu ... Harga gabah basah sekarang sekitar 4000/Kg, itu juga mungkin hari ke hari harganya akan mengalami penurunan ... Ya, sudah ... Nasib ... nasib...

Tanaman padi di Pagaden Barat, Subang diserang Walang Sangit
 Tanaman padi di Pagaden Barat, Subang diserang Walang Sangit

Bentuk dari Walang Sangit yaitu langsing dan memanjang, berukuran sekitar 1,5 - 2 cm, warnanya coklat kelabu, ada juga yang berwarna hijau terutama anakan walang sangit. Sedangkan telur berbentuk lonjong. Kalau kakinya panjang, memiliki "belalai "untuk menghisap cairan tumbuhan. Memiliki aroma / bau yang khas.
FOTO: Walang sangit menclok pada daun bendera padi
 FOTO: Walang sangit menclok pada daun bendera padi

Hama yang satu ini menghisap cairan tanaman padi dari tangkai bunga (paniculae) dan juga cairan buah padi yang masih pada tahap masak susu sehingga menyebabkan tanaman kekurangan hara dan menguning (klorosis), dan perlahan-lahan melemah, layu dan mengering, sehingga buah menjadi hampa. Pada bekas tusukannya, timbul suatu bercak-bercak putih yang disebabkan cendawan Helminthosporium.

FOTO : Tanaman padi saya di blok Tegalsungsang sudah mulai menguning.
 FOTO : Tanaman padi saya di blok Tegalsungsang sudah mulai menguning.
Ciri khas dari hewan ini yaitu mengeluarkan aroma yang menyengat hidung (sehingga dinamakan "sangit"). Sebenarnya tidak hanya walang sangit yang mengeluarkan aroma ini, tetapi juga banyak anggota Alydidae lainnya.

Menurut yang saya baca Kungkang betina menghasilkan 50-200 telur, yang ditempel pada daun bendera padi. Nimfanya berwarna hijau, yang berangsur-angsur menjadi coklat, dan mengalami ganti kulit 5 kali. Seperti pada photo dibawah ini.
Nimfa Walang Sangit berwarna hijau, berangsur - angsur berwarna coklat kelabu
 Nimfa Walang Sangit berwarna hijau, dalam perkembangan untuk menjadi dewasa berangsur - angsur berwarna coklat kelabu

Kungkang atau Walang sangit (Leptocorisa acuta) hanya menyerang tanaman yang sudah berbulir dengan cara menghisab butir-butir padi yang masih sangat muda. Biji yang sudah dihisap akan menjadi hampa atau agak hampa, yang kemudian kulit biji  akan berwarna kehitam-hitaman.

FOTO: Walang sangit dewasa, warnanya coklat
FOTO: Walang sangit dewasa, warnanya coklat

Kungkang Goreng, mungkin  bagi kebanyakan masyarakat, belalang, kungkang, lembing hijau dianggap sebagai hewan liar dan hama tanaman. Tetapi di beberapa daerah, termasuk didaerah saya di kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Hewan ini masih dimanfaatkan menjadi sumber pangan yang kaya nutrisi.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger