--> Skip to main content

Cara Membuat Comro, Oncom di Jero

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  COMRO. Makanan ini kadang disebut juga comro atau gemet merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Combro terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat yang bagian dalamnya diisi dengan sambal oncom kemudian digoreng, karena itulah dinamai combro yang merupakan kependekan dari oncom di jero (bahasa Sunda )

Namun nama tradisionalnya combro bukan comro, yang mempunyai arti: oncom di dalam. Makanan combro ini sangat nikmat kalau disantap dalam keadaan hangat, dengan segelas teh manis hangat atau secangkir kopi. Apalagi di musim hujan yang rintik – rintik berdua sama kekasih .... Halaaah... Hehehe.

Comro, Oncom di Jero

Ingin tahu cara membuatnya?. Silahkan baca sampai tamat ya.

Bahan:
2 kg singkong
1 butir kelapa parut
2 Papan Oncom

Bumbu:
3 siung bawang putih, diiris
5 siung bawang merah, diiris
3 batang bawang daun, diiris
Cabe rawit sesuai selera, digerus halus
Minyak goreng
Garam serta penyedap rasa secukupnya.

Lanjut pada cara membuatnya ....
i. Singkong di kupas, lalu dicuci bersih, terus diparut. Terus campurkan parutan singkong dengan parutan kelapa.

Ngupas singkong
 Ngupas singkong

ii. Siapkan oncom untuk isinya.


Cara membuat oncom untuk isian:
Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris halus, setelah wangi masukkan oncom yang sudah dihancurkan (diremes-remes aja pake tangan), lalu masukkan bawang daun yang sudah diiris, dan cabe rawit yang sudah digerus halus, lalu tambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya, dan tambahkan sedikit air (kira-kira setengah gelas atau 125 cc), biarkan oncom sampai agak kering.

Setelah oncom diangkat dan didinginkan, baru kita mulai membentuk comro.

Cara membuat Combro : 
i. Sebaiknya menggunakan plastik sebagai alas, ambil parutan singkong dan kelapa yang sudah dicampur tadi, dibentuk bulat pipih, kemudian ambil tumis oncom secukupnya, dibentuk lagi menjadi bulat lonjong dengan oncom di dalamnya. terus diulang sampai adonan parutan singkong habis. Kira – kira comro yang di hasilkan dengan adonan segini, yaitu 30 – 40 ... Tapi tergantung besar kecilnya ding ... hehehe.

ii. Siapkan penggorengan dan minyak goreng, mulai kita goreng comro yang sudah dibentuk tadi sampai terlihat berwarna kuning kecoklatan. Setelah diangkat ditiriskan sebentar supaya minyaknya turun, lalu... siap disantap, selagi hangat ...


Baca juga :  

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments