logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Anak senang menggambar..

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –   Anak senang menggambar.. Bagus untuk melatih kecerdasan. Selain anak sulung saya “Gugum”anak yang bontot juga “Gigin”, salah satu anak yang tak  luput dari coretan pensil warna atau sepidol atau pun crayon.

Ternyata saya tidak perlu menunggu usia TK untuk melatih motorik halus anak. Sejak dini, kita bisa memperkenalkan kegiatan menulis ataupun menggambar kepada buah hati. Kegiatan ini ternyata bisa mengasah kecerdasan dalam dirinya.

FOTO :  Anak saya yang bontot "Gigin" umur 3 tahun.
FOTO :  Anak saya yang bontot "Gigin" umur 3 tahun. Anak senang menggambar..

Bermain-main dengan pensil, krayon, atau cat lukis pada sebidang kertas tentu merupakan keasyikan tersendiri bagi anak-anak. Kegiatan menulis, menggambar, atau mewarnai ini bukan hanya menyenangkan bagi mereka semata. Lebih dari itu, ada manfaat besar di balik kertas-kertas yang berserakan, baju, dan dinding yang kotor penuh coretan, ataupun tangan anak yang penuh jejak krayon, spidol, dan cat lukis.

FOTO : Gigin sedang corat - coret buku.
 FOTO : Gigin sedang corat - coret buku.
Kegiatan ini berguna untuk merangsang syaraf motorik anak. Nanti kalau sudah masuk TK sudah tidak asing lagi dengan aktivitas belajar menggambar, melukis, dan mewarnai.

Menurut Psikolog Tubagus Amin Fa SPsi CTL CH CHt Cl mengatakan, menggambar memberikan kesempatan bagi anak untuk memiliki ruang kreativitas yang lebih baik dari menghafal.
“Jika anak-anak terlalu banyak menghafal, mereka akan cepat lupa di kemudian hari."
Walaupun mereka bisa mengingat, namun belum tentu mereka mengerti apa yang disampaikan oleh guru,” katanya.

Nah, Lewat menulis ataupun menggambar, setidaknya ada empat kecerdasan yang dilatih, yaitu cerdas gerak, gambar, diri, dan cerdas bahasa. Cerdas gerak yakni saat anak membuat gambar, dia sedang melatih gerakan tangannya. Sementara, cerdas gambar adalah bagaimana anak bisa membuat berbagai bentuk yang mereka gambar.
Cerdas diri, melalui gambar, anak bisa membuat gambar yang sesuai dengan imajinasi mereka. Cerdas bahasa, anak mampu mengungkapkan apa yang ingin mereka katakan lewat apa yang mereka gambar.

Anak usia 3 (Tiga) tahun biasanya akan mulai menggambar mengikuti bentuk, menarik garis, dan mulai menggunting. Biasanya anak akan membuat tulisan semacam benang kusut.

Nah, pada usia 4 (Empat) tahun, anak mulai bisa menggambar yang lebih jelas.

Kita sebagai orang tua dengan anak yang suka menggambar, siap-siap saja tembok rumah menjadi sasaran mereka menuangkan kreasinya.... Hehe... Makanya adminmembiarkan saja tembok rumah gak di cat dulu... Nanti kalau anak saya sudah besar baru saya cat temboknya... hehehe

 FOTO : Tembok penuh coretan tak beraturan..
 FOTO : Tembok penuh coretan tak beraturan..

Memang sih saya sudah menyiapkan kertas kosong atau buku gambar, tapi tetap saja anak saya ini lebih suka mengincar dinding sebagai pelampiasan imajinasi mereka. Mungkin.... Menggambar di dinding itu anak merasa ikut terlibat di dalam kisah yang mereka gambarkan.... Gambar dan bidangnya lebih gede ... Melalui bidang yang lebih luas, mereka lebih bebas menggambar dan masuk ke dalamnya...

FOTO : Mebiarkan saja anak corat - coret tembok.
 FOTO : Mebiarkan saja anak corat - coret tembok.


Baca juga :
Anak senang corat - coret dan menggambar

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 komentar

sama donk mas, anak saya juga baru 3tahun sukanya coret2 tembok dan lainnya, sekarang sudah beli krayon 4 kali. hehe maklum lah dunia anak...

Balas

wah, adik saya biasanya mang yang suka kayak gitu. Tapi, untung deh sekarang udah nggak kayak gitu lagi.

Balas

HE he waktu kecil saya juga suka coret-coret tembok

Balas

kalo anak saya malah kurang begitu tertarik sama menggambar kang, senengnya malah maen rumah-rumahan sama temen-temennya, apa karena anak perempuan kali ya... dan pas umur 4-5 tahun baru deh mulai suka menggambarm itu juga yang digambar paling gambar bunga sama rumah hehehee....

Balas

kalo waktu kecil saya mah gak suka coret-coret tembok mas, paling menggambarnya itu di tanah halaman depan rumah :D

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger