Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin

Pesona Hidden Hill Jantho : Bukit Jalin

Jelajah alam itu bagaikan "nar+ko+ba", sekali dicoba maka akan menarik kita untuk lagi dan lagi. Selain itu alam mengajarkan kita untuk bersyukur dan tanggung jawab akan ciptaan tuhan.

Kota Jantho merupakan ibu kota Kabupaten Aceh Besar yang terletak di Propinsi Aceh dan membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk tiba di Kota Jantho dari Kota Banda Aceh. Kota Jantho sendiri masih terlihat asri dan dikelilingi hutan lindung. Sehingga tidak heran jika Kota Jantho sendiri tidak terlihat seperti kota pada umumnya. Selain itu, Jantho juga memiliki wisata alam yang masih jarang diketahui masyarakat luar, salah satunya adalah Bukit Jalin.


Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -1
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
......

Bukit Jalin ini terletak di Desa Jalin, Jantho. Kira-kira 15km kearah Timur dari Kota Jantho. Bukit Jalin ini terkenal sebagai destinasi para pecinta alam. Para traveler dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor dan memarkirkannya dibawah dan selanjutnya melewati jembatan dengan berjalan kaki hingga mendaki bukit.

Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -2
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
......... 

Untuk mencapai puncak, para traveler harus melewati beberapa bukit dibawah terik matahari. Sehingga dibutuhkan kegigihan untuk mencapai puncak. Di bukit jalin ini sendiri masih sedikit terdapat pepohonan untuk berteduh. Sehingga tidak mengherankan jika banyak para pendaki yang menyerah untuk mencapai puncak. Meskipun begitu, tidak menyurutkan para pendaki yang ingin menaklukkan bukit ini.

Ketika tiba di puncak, kita akan menikmati begitu indahnya ciptaan. Dari Puncak ini terlihat oase yang tersembunyi dibalik bukit dan pemandangan yang masih hijau.


Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -3
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
.......

Bagi sobat traveler yang tidak melakukan pendakian juga dapat menikmati aliran sungai di kaki Bukit Jalin. Aliran sungainya masih alami, bersih, dan sejuk.

Photo oleh: Ratna Mutia Dewi -4
 Photo oleh: Ratna Mutia Dewi
.......

Saat ini wisata alam Bukit Jalin hanya dikelola oleh masyarakat setempat. sehingga fasilitas yang tersedia masih belum memadai, seperti mushalla dan toilet. Sehingga lambat laun daerah ini semakin banyak dikunjungi dan akan merusak keindahan alamnya jika fasilitas yang diperlukan tidak tersedia, seperti toilet.
 
Jelajah alam mengajarkan kita untuk selalu bersyukur dan bertanggung jawab terhadap alam dan indahnya ciptaan tuhan. Alam juga merupakan asset yang sangat vital bagi kehidupan dan harus dilindungi. Sekian cerita perjalanan jelajah saya, semoga bermanfaat.

*********
Penulis      :  Ratna Mutia Dewi
Twitter     :  @R_mutiadewi
Hobi          :  Jelajah alam dan menulis
Blogger    :  mutiaharu.blogspot.com
                

Tulisan kiriman dari Ratna Mutia Dewi  :
1. Pesona Hidden Hill Jantho: Bukit Jalin
3. Menikmati Hijaunya Gampong Lam Ara Tunong...
4. Keindahan Air Terjun Seuhom ( Krueng Kala ) 
5. Menguak 5 Pilar Keajaiban Rezeki 
6. Lhokseudu, Lokasi Terbaik Menikmati Senja
7. Sore Bersama Sunset Di Ujung Pantai Lhoknga, Aceh Besar
8. Pesona Keindahan dibalik Bukit Krueng Raya

"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar