logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara memelihara dan memisahkan Anak ayam dari Induknya

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Cara memelihara dan memisahkan Anak ayam dari Induknya.

Dengan memisahkan anak ayam dari induknya akan mendapat hasil yang lebih cepat. Karena induk ayam tidak harus mengasuh sampai berbulan-bulan. Jadinya sang induk ayam akan segera kawin dan bertelur kembali dan tentunya akan segera menetas kembali. Baca Cara agar induk ayam betina bertelur kembali.

Dibawah ini adalah cara-cara beternak dengan cara memisahkan anaka ayam dari induknya yang Mang admin lakukan dengan harapan hasil yang diperoleh akan lebih maksimal disbanding diliarkan, apalagi sekarang mau memasuki musim hujan... Kemungkinan besar anak - anak ayam akan hanyut terbawa air hujan.. Karena ayam saya ini semuanya diliarkan atau dengan cara dilepas. Baca Horee ... Ayam si Aa yang bertelur ditaman menetas

Cara memelihara dan memisahkan Anak ayam dari Induknya. Anak ayam admin yang dipisahkan sebanyak 35 ekor, dari 3 indukan


Cara memelihara dan memisahkan Anak ayam dari Induknya
Setelah anak ayam menetas, biarkan induknya mengasuh dan mengerami sampai berumur 4 – 6 hari atau induk ayam mengajak keluar dari kandang , karena masa-masa ini anak ayam sangat rentan mati.

Pisahkan anak ayam dari induknya. Ambil anak ayam satu persatu dan masukkan ke dalam kandang secara hati-hati agar tidak terjadi cidera pada kaki anak ayam

Pembuatan Kandang anak ayam terbuat dari ram kawat / kawat ayam atau bambu yang dibelah. Untuk ­+ 30 ekor anak ayam buatlah kandang ukuran +  1 m2.

Pada alas kandang baik pula bila dikasih sekam (kulit padi). Beri penutup agar tidak kehujanan atau kandang diletakan di emperan lumbung padi. Usahakan agar kandang dalam keadaan kering dan bersih serta udara lancar keluar masuk.

Sebagai penghangat tubuh pada malam hari agar anak ayam tidak mati kedinginan, mutlak disediakan penghangat berupa lampu 10 – 60W didalam kandang. Dengan adanya lampu tersebut, anak ayam akan mencari sendiri tempat yang paling nyaman dan hangat sesuai kebutuhan. 

Pemberian penghangat berupa lampu 15 Watt.
Pemberian penghangat berupa lampu 15 Watt. Sebagai penghangat tubuh pada malam hari agar anak ayam tidak mati kedinginan.






Cara mengetahui suhu atau kenyamanan anak ayam di kandang yaitu : 
i. Apabila anak ayam bergerombol menjahui lampu, berarti suhu dalam kotak kandang terlalu panas

ii. Apabila anak ayam bergerombol mendekati lampu berarti suhu dalam kotak kandang kurang hangat atau terlalu dingin

iii. Apabila anak ayam menyebar berarti suhu dalam kotak kandang sesuai dengan kebutuhan panas anak ayam kampung.

Makanan anak ayam pada minggu-minggu pertama adalah pakan jenis awal / permulaan  yang dapat dibeli di toko-toko makanan ayam. Bila anda kesulitan mencarinya, anda bisa membeli makanan ayam di toko makanan burung berupa makanan jadi/ voor untuk anak ayam (biasanya penjual sudah tahu). 

Usahakan makanan tidak terlalu penuh dalam satu wadah untuk menghindari diacak-acak dan tidak terinjak-injak, lebih bagus lagi makanan diletakan pada wadah yang digantung agar makanan tersebut tidak diinjak - injak anak ayam. 

Beri air minum yang di letakan pada wadah yang tergantung juga. Untuk satu kandang cukup sediakan 1 tempat minum, tempat minum inibisa dibeli di toko penjual makanan ayam atau burung.

Cek keadaan anak ayam setiap saat agar tidak mati karena kurang nyaman. Biasanya kalau tempat kurang nyaman atau lapar anak ayam akan menciak keras dan tak beraturan. Cek kelembaban kandang, kepanasan atau kedinginan, makanan, ataupun sirkulasi udara, apakah sudah nyaman atau belum. Bila anak ayam tenang dan bersuara / menciak dengan suara yang beraturan pertanda anak ayam nyaman dalam kandang.

 FOTO : Anak  dan Istri Admin serdang mengecek keadaan anak ayam. 

Kandang untuk pemisahan dari induk ayam saya buat 2 tingkat, tingkat bawah untuk anak ayam yang sudah umur 3 bulan jumlahnya ada 4 ekor, tingkat atas dibuat 2 sekat, sekat sebelah kiri untuk anak ayam berumur 1 - 4 Minggu jumlah anak ayam ada 35 ekor dari 3 induk, sedangkan sekat sebelah kiri atas untuk anak ayam  1 - 2 bulan jumlah anak ayam ada 4 ekor.

Baca juga :
Induk ayam mulai mengeram telur - telurnya di taman

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

Salam kenal Bang, apakah kandang untuk anak ayam yang baru di posahkan harus jauh dari kandang indukan. Soanya takut anak nya terus memanggil indukan nya. Takutnya ayam jadi stres dan tidak mau bertelur lagi. Mohon pencerahannya bang. Terimakasih sebelumnya.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger