logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Panen Padi Ketan di Pagaden Barat, Subang

Panen Padi Ketan di Pagaden Barat, Subang

Masa panen padi Ketan Grendel di Bakan Bandung, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, di Kabupaten Subang baru di mulai terutama di sawah admin yang ditanami Padi ketan Grendel.

Sepanjang masa panen ketan ini, sepak terjang para tengkulak tidak bisa direm. Sampai silih berganti datang ke sawah yang sedang panen.

Seperti diakui Yono, 37, petani di Pagaden Barat, Subang, saat ditemui mangyono.com, Jumat (06/5/2016), di sela acara panen padi Ketan Grendel di Bakan Bandung.

Panen Padi Ketan di Pagaden Barat, Subang
 Panen Padi Ketan di Pagaden Barat, Subang

“Lahan saya hanya 3.200 meter persegi. Panennya baru dimulai, semua hasil paen padi ketan saya jual. Harganya Rp550.000per kuintal gabah, rendah banget,” tutur dia.

Yono mengatakan fenomena menjual hasil panen kepada tengkulak dilakukan mayoritas petani di lingkungannya. Alasannya sama, petani butuh modal untuk memulai tanam padi berikutnya.

Penuturan senada disampaikan Nurja, petani mertua Yono... hehehe, yang juga sedang panen padi ketan. Tanaman padi ketan miliknya seluas 5000 Meter persegi sedang dipanen.

Panen Padi Ketan sawah admin di Pagaden Barat, Subang
 Panen Padi Ketan sawah admin di Pagaden Barat, Subang

Seperti halnya Yono, Nurja juga menjual hasil panen kepada tengkulak. Selain harga jual gabah yang rendah, Yono dan Nurja direpotkan dengan serangan hama. Sebab, banyak bulir padi di lahan mereka yang gapuk atau tak ada isinya akibat hama.

Masih ada 2 hektare tanaman padi ketan yang sedang menunggu dipanen yaitu milik H. Mugni. Satu hektare lahan menghasilkan sekitar 8 - 9 ton padi ketan.

Baca juga : Harga gabah Ketan di tingkat petani di Kabupaten Subang mengalami penurunan



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger