logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tahun 2016 Ini Festival Sinden Titim Fatimah Kembali Digelar Di Subang.

Sampurasun ... Rampes.

Tahun 2016 Ini Festival Sinden Titim Fatimah Kembali Digelar Di Subang.

Sempat Vakum Selama 12 Tahun Kabupaten Subang sejak tahun 2004 lalu, baru tahun 2016 ini Festival Sinden Titim Fatimah digelar kembali.

Padahal seperti diketahui, Sinden Titim Fatimah merupakan sinden asal Subang yang tersohor pada masanya di Jawa Barat hingga diakui sampai mancanegara. Bahkan oleh Presiden Soekarno, Titim kerap kali diundang dalam acara kenegaraan waktu itu.

Tahun 2016 Ini Festival Sinden Titim Fatimah Kembali Digelar Di Subang. Karinding Kuring....mangprang. PRUNG!
Tahun 2016 Ini Festival Sinden Titim Fatimah Kembali Digelar Di Subang. Karinding Kuring....mangprang. PRUNG!


Di tahun 2016 ini dalam rangka memperingati HUT Ke-103 Paguyuban pasundan. Paguyuban Pasundan Cabang Kabupaten Subang menyelenggarakan Festival Sinden Titim Fatimah Tingkat Nasional dan Karawitan Inovation Festival 2016 di Wisma Karya yang dilaksanakan dari 17 Juli 2016 sampai 20 Juli 2016.

Lurah Yuli dengan KARINDING KURING-nya
Lurah Yuli dengan KARINDING KURING-nya

 

Baca juga : Pameran Museum Nasional. Festival Titim Fatimah di Wisma Karya, Subang

 
Bersamaan dengan itu pertunjukan seni, dan pameran museum. Peserta yang mengikuti festival sinden sebanyak 9 orang, festival karawitan 6 tim dan pameran museum diikuti oleh 5 museum terdiri dari UPTD Museum Daerah Subang, museum Sri Baduga, museum pendidikan UPI, museum KAA dan museum Pleret Yogyakarta.

Semoga saja festival ini terus digelar di tahun - tahun berikutnya dan bertambah meriah. Selain melalui festival nama besar Titim juga dapat dilakukan misalnya dengan diabadikan menjadi nama jalan di Subang atau dibuatkan patungnya untuk mengingat jasa beliau.  .


FOTO Lurah Yuli Merdeka Wati Sinden Subang berlatar Lukisan Titim Fatimah Maestro Sinden Subang.
FOTO Lurah Yuli Merdeka Wati Sinden Subang berlatar Lukisan Titim Fatimah Maestro Sinden Subang.
 
"Menjadi seniman sejati tentu tidak mudah, sang maestro sinden subang Ibu Titim Fatimah telah menginspirasi banyak pesinden untuk tidak hanya piawai "ngahaleuang" (nyinden) tetapi pesinden juga harus cerdas dalam mensikapi tantangan jaman, berfikir jauh kedepan dan peka terhadap pelbagai masalah2 sosial yang ada di sekitar kehidupannya." Tulis Lurah Yuli


Sekilas tentang Titim Fatimah Maestro Sinden, Subang, Jawa Barat

Titim Fatimah ini merupakan sinden yang paling sukses sepanjang masa. Konon kabarnya ketika baru turun dari mobil saja penggemar sudah berbondong - bondong mengerubunginya, hingga bikin petugas keamanan kewalahan. Dan ketika Titim Fatimah mulai "menghaleuangkan" (nyinden) tembang, penonton seolah terhipnotis, begitupun dengan saweran yang diberikan, bahkan penggemarnya berani memberi saweran yang tidak hanya cuma berbentuk uang namun juga mobil hingga rumah...

Pada puncak karirnya disebutkan bahwa honor sekali panggung Titim Fatimah bahkan bisa melebihi penyanyi pop terkenal pada masa itu. Tapiii... walau pun sukses Titim Fatimah tidak menjadi buta akan nafsu, Uang tersebut ia gunakan untuk pergi naik haji, membangun usaha dan membangun sekolah dasar di Jalan Cagak, Subang, yang merupakan kampung halamannya dengan nama Sekolah Dasar Titim Fatimah.


Atau selengkapnyah bisa dibaca disini Titim Fatimah Maestro Sinden, Subang, Jawa Barat
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger