--> Skip to main content

Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo

Sampurasun ... Rampes.

Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo

MANGYONO.com - Desa Sadawarna termasuk dari 9 desa yang berada di Kecamatan Cibogo. Terletak di sebelah timur Kecamatan Cibogo dan berbatasan dengan Kabupaten Indramayu dan Sumedang, maka Desa Sadawarna menjadi pintu gerbang jalur transportasi lintas kabupaten maupun provinsi.

Desa Sadawarna terdiri dari 3 (tiga) dusun yang terdiri dari 9 (sembilan) Rukun Warga, 19 (sembilan belas) Rukun Tetangga.

FOTO 1 : Kantor Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo
FOTO 1 : Kantor Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo


Sebagian besar warga desa Sadawarna memiliki mata pencaharian sebagai petani. Jenis mata pencaharian terbanyak yang dilakukan warga Sadawarna setelah petani adalah buruh. di pabrik bahan peledak untuk pertambangan yaitu PT Dahana yang terletak di dusun Dukuh dan tanah perkebunan karet milik PTPN VIII di dusun Sadawarna dan Dukuh.


FOTO 2 : Kantor Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo
FOTO 2 : Kantor Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo

 
Desa Sadawarna memiliki beberapa industri rumah tangga diantaranya adalah pembuatan opak dan rengginang. Industri rumah tangga ini dikelola oleh ibu Mun, ibu Eti, dan Ibu Ntes yang terletak di dusun Dukuh, desa Sadawarna. Opak adalah camilan berbahan dasar tepung beras, sedangkan rengginang terbuat dari tepung beras dan tapioka. Proses pembuatan opak dan rengginang masih menggunakan mesin tradisional dan tenaga manusia. Industri ini telah dilakukan turun temurun dari beberapa generasi.

Kondisi Desa Sadawarna yang terletak di lingkungan dengan suku sunda membuat kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desa ini lekat dengan seni Sunda dimana kesenian tradisional selalu diutamakan dalam kegiatan perayaan-perayaan, seperti diantaranya pernikahan dan khitanan. Untuk melakukan bermacam kegiatan ini didukung oleh kelompok  budaya dan kesenian yang ada seperti jaipongan, pantun/kacapi, organ tunggal, qasidah/marawis, dan terbang/gembyung 



PETA : Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo
 PETA : Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo


Batas Wilayah Desa Sadawarna :
  • Sebelah Utara : Desa Sumurbarang
  • Sebelah Selatan : Desa Cibalandong Jaya
  • Sebelah Barat : Desa Cibogo, Desa Padaasih, dan Kelurahan Wanareja
  • Sebelah Timur : Kabupaten Indramayu
Di desa Sadawarna ini ada fasilitas pengembangan dan produksi bahan peledak modern dan terbesar di Asia Tenggara atau ASEAN. Yaitu PT Dahana (Persero).

Perusahaan pelat merah yang telah berdiri sejak tahun 1966 ini mampu mengembangkan dan memproduksi bahan peledak untuk keperluan militer dan industri non militer di dalam dan luar negeri. 


Pabrik milik Dahana tersebar di seluruh negeri namun pusat produki bahan peledak tingkat tinggi (high explosive) berada di area pabrik energetic material center, Kantor Manajemen Pusat (Kampus) di Desa Sadawarna, Kecematan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Daftar nama Desa di Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang :
- Desa Belendung, K
ecamatan Cibogo
- Desa Cibalandong Jaya
, Kecamatan Cibogo  

Data dari Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Sadawarna, Kecamatan Cibogo boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  (email  : blogmangyono@gmail.com) / Inbox Facebook ( Mang Yono ). Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan Foto asli jpretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA ).

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments