--> Skip to main content

Menanam pepaya di kebun belakang rumah

Sampurasun ... 

Menanam pepaya di kebun belakang rumah

MANGYONO.com - Menanam pepaya di kebun belakang rumah ini merupakan tulisan lanjutan tentang Bibit pepaya sudah siap dipindah ke area tanam

Umur bibit pepaya yang siap dipindahkan mempunyai 5 daun sempurna atau lebih. Seperti pada foto semaian pepaya admin dibawah ini.

Bibit pepaya di penyemaian samping rumah admin.
 Bibit pepaya di penyemaian samping rumah admin.



Pertama-tama yang saya lakukan yaitu membuat lubang tanam dengan jarak
1,5×1,5 Meter
   
Ukuran lubang tanam 20x20x20 cm. Sebaiknya pembuatan lubang tanam tidak di musim hujan... Jadi pas seperti sekarang ini.

Kemudian campurkan pupuk dasar berupa kompos atau pupuk kandang yang telah matang dengan tanah galian. Dosis pupuk sebanyak 1 kg per lubang tanam.

Setelah lubang tanam siap, pindahkan bibit dari semaian ke lubang tanam. Lalu timbun dengan tanah yang sudah dicampur tadi... Setelah itu lakukan penyiraman sampai basah pada tanaman baru, tujuannya agar rongga - rongga pada akar tanam atau tanah timbunan tertutup rapat dan tidak ada rongga udar ke akar tanaman.


Lakukan penyiraman pada tanaman baru ditanam
 Lakukan penyiraman pada tanaman baru ditanam



Lakukan penyiraman pagi atau sore hari setidaknya hingga tanaman berumur 1,5 bulan sejak dipindahkan.

FOTO : Tanaman pepaya admin yang baruditanam
FOTO : Tanaman pepaya admin yang baruditanam

Dalam penanaman pepaya yang biasa dilakukan petani, yaitu menanam satu bibit dalam satu lubang tanam atau dua bibit dalam satu lubang tanam. Tujuan penanaman dua bibit untuk menghindari tumbuhnya pepaya jantan/pepaya gandul dan jadi bisa dicabut tuh pepaya jantannya dan disisakan pepaya betina serta memudahkan penyulaman.

Pada bulan ke-4, ketika pepaya berbunga pertama kali, dilakukan seleksi untuk mencabut pepaya yang tidak dikehendaki atau pepaya jantan. Pada akhirnya hanya satu pepaya sempurna per lubang tanam yang dibiarkan tumbuh hingga berbuah.


Baca juga :
Cara semai pepaya dari biji 
Semaian biji pepaya tumbuh tunas 

Lihat vidionya :  Vidio : Semai biji pepaya tanpa perkecambahan 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments