logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Memanfaatkan Lahan Kosong Belakang Rumah

Sampurasun ...

Memanfaatkan Lahan Kosong Samping Rumah.

MANGYONO.com - Halaman belakang rumah saya, eh belakang apa samping ya... Ya udah sama saja, yang penting halaman rumah kita bukan halaman rumah orang lain ... Hehehe. Halaman belakang rumah saya itu kosong tak ditanami apa - apa, cuma ada beberapa tanaman sih... tapi kebanyakan kosong... Memang sih lahan kosong biasa diterlantarkan dan bahkan diubah fungsinya sesuai keinginan pemiliknya. 

Lahan kosong ini baru saja saya beli dari mertua... Hehehe... Karena kurangnya perhatian dari saya, maka lahan kosong tersebut dibiarkan saja sehingga banyak tumbuh tanaman liar atau ilalang yang dapat merusak pemandangan karena lahan kosong tersebut terbengkalai... Khan sayahnya sibu nguli di Jakarta... Jadi gak ada yang ngurus tuh lahannya.

Memanfaatkan Lahan Kosong Belakang Rumah
Memanfaatkan Lahan Kosong Belakang Rumah


Awalnya lahan kosong ini mau saya sulap menjadi tempat bersantai, tapi setelah saya pikir - pikir nanti saya malah kebanyakan santai.... Hehehe... Terus saya berubah pikiran lagi ingin menutupi tanah dengan rumput... Alasan saya menanam rumput. Karena warna hijau dari rumput akan menghasilkan kesan asri. Terus penambahan aksesoris, seperti bebatuan atau batu alam pun bisa mempercantik tempat tersebut.... Tap setelah saya pikir - pikir nanti malah banyak pengembala kambing ke tempat saya ini... Hehehe... Ya udah saya urungkan saja rencana itu...


Terus saya berencana memanfaatkan lahan kosong tersebut dengan membuat kolam ikan... Karena kebanyakan orang lebih memilih kolam ikan menjadi salah satu alternative untuk memanfaatkan lahan kosong belakang rumahnya. Ditaambah dengan air terjun mini dapat menenangkan pikiran saya karena suara gemericik yang dihasilkan.... Tapi kendalanya dari sumber air... Ya sudah saya urungkan lagi aja... Hehehe

Selanjutnya saya ingin memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk kolam renang dan bisa dijadikan sebagai sarana olahraga atau saya dapat bersantai dipinggir kolam renang tersebut.,,.. Tapi ya itu tadi kendalanya dari sumber air yang susah ditambah lagi biayanya gak sedikit juga ... hehe... Ya udah saya urungkan lagi aja niat saya itu...

Nah, selanjutnya saya ingin membuat kebun... Ya, saya bisa menanam beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti halnya menanam tanaman cabai, tomat, pepaya, singkong, pisang, terong ataupun tanaman lain yang menjadi kebutuhan sehari-hari keluarga saya... Ya, kalau hasilnya agak banyakan bisa di jajakan di warung mertua... Betul khan?... Meskipun dibuat kebun kalau pengaturan yang tepat maka lahan belakangpun akan menghasilkan pemandangan yang indah ditambah saya memiliki kebun sendiri yang dekat dengan rumah... 

Tapi kendalanya dari ancaman ayam - ayam tetangga, bebek tetangga, entok tetangga.. disamping ancaman ayam saya juga sih... Hehehe. 

Tanaman pisang saya dibungkus plastik dan karung
 Tanaman pisang saya dibungkus plastik dan karung

Nah, untuk mengatasinya saya memagar lahan kosong tersebut dengan pagar bambu... pakai pagar yang murah meriah aja hehehe....Lihat aja foto diatas ntu tanaman pisang saya bungkus dengan plastik atau karung, tujuannya untuk mencegah ayam merusak tanaman pisang saya. Tapi dasar ayam sekarang dah pinter... ntu karung malah di patokin, dirobek... Hehehe.

Selanjutnya lahan kosong ini saya tanami berbagai tanaman. Baca Tanaman di kebun belakang rumah




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

wah tempat belakang rumah saya terlanjur saya bikin lapangan batminton mas....gak tahunya jika dibuat perkebunan jauh lebih menguntungkan ya.....

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger