--> Skip to main content

Wisata ke Kelenteng Dewi Laut, Pulau Bangka

Sampurasun ...

Wisata ke Kelenteng Dewi Laut, Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung

MANGYONO.com - Nah, ini merupakan Wisata terakhir saya pada hari Rabu, 08 Februari 2017 Sehari kerja sambil jalan - jalan ke Pulau Bangka. Setelah dari Kota Pangkalpinang beli oleh - oleh saya diantar ke Kelenteng Dewi Laut yang berlokasi di Pantai Tanjung Bunga. Perjalanan yang ditempuh dari Kota Pangkalpinang hanya sekitar 10 menit untuk mencapai Kelenteng ini. Begitu datang, Anda akan disambut dengan bangunan yang megah

Kelenteng merupakan tempat ibadah pemeluk Kong Hu Cu yang memang banyak bermukim di Pulau Bangka. 

Berfoto depan patung shio Harimau [虎], Kelinci [兔] dan Naga [龙],


Klenteng Dewi Laut sangat cantik. Cantiknya kelenteng ini semakin cantik karena letaknya yang menghadap langsung ke laut.

Tangga dari Kelenteng Dewi laut menuju ke laut
Tangga dari Kelenteng Dewi laut menuju ke laut


Kelenteng Dewi Laut (Tian Hau Xin Mu / Sen Mu Miau / Ma Cho). Seperti namanya, Sen Mu Miau adalah seorang Dewi penguasa lautan.

Menariknya lagi, di halaman Klenteng ada patung 12 shio yang ada dalam penanggalan Tiongkok, seperti Sapi [牛], Ayam [鸡], Harimau [虎], Kelinci [兔], Naga [龙], Kambing [羊], Monyet [猴], Anjing [狗], Ular [蛇], Tikus [鼠], Kuda [马] dan Babi [猪]

 Patung Shio Sapi [牛]
 Patung Shio Sapi [牛]


 Patung Shio Kelinci [兔] dan Naga [龙]
 Patung Shio Kelinci [兔] dan Naga [龙]


Shio Ular [蛇]
Shio Ular [蛇]
 

Patung Shio Kambing [羊] dan Monyet [猴]
Patung Shio Kambing [羊] dan Monyet [猴]


Patung Shio Monyet [猴], Ayam [鸡] dan Anjing [狗]
Patung Shio Monyet [猴], Ayam [鸡] dan Anjing [狗]


Uniknya lagi, patung-patung itu dibangun atas sumbangan para sukarelawan yang namanya tertera di bagian bawah patung shio. Hampir semua ornamen atau perlengkapan yang ada di kelenteng ini merupakan hasil sumbangan dari pemeluk Kong Hu Cu. 


Pantai Tanjung Bunga itu memang sempat diwacanakan untuk dibangun semacam komplek yang berisi rumah ibadah semua agama yang ada di Indonesia.

Gak jauh dari Kelenteng Dewi Padi Di Kawasan Tanjung Bunga ini terdapat juga Pura Penataran Agung dan Vihara Dharmas Satya Buddhis Center. Tapi karena waktu yang mepet saya gak sempat mengunjungi Pura Penataran Agung dan Vihara Dharmas Satya Buddhis Center di Tanjung Bunga .... Ah, sudahlah.. Waktu sudah menunjukan Pkl. 15.45 WIB dan saya harus kembali lagi ke Jakarta dengan pesawat Sriwijaya Air, penerbangan Pkl. 17.10 WIB. 

Baca juga : 
Sehari kerja sambil jalan - jalan ke Pulau Bangka
Wisata ke Vihara Puri Tri Agung, Bangka Belitung
Wisata Penangkaran Penyu Tukik Babel, Pulau Bangka Belitung
 

Wisata ke Kelenteng Dewi Laut, Pulau Bangka

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments