--> Skip to main content

Desa Cilamaya Hilir, Kecamatan Blanakan

Sampurasun ...

Desa Cilamaya Hilir, Kecamatan Blanakan

MANGYONO.com - Cilamaya Hilir merupakan desa di Kecamatan Blanakan , Kabupaten Subang, Jawa Barat.  » Kode POS : 41259

Wilayah Cilamaya Hilir terdiri atas 4 dusun yakni Dusun Balok, Dusun Wanakersa, Dusun Kemurang dan Dusun Ketileng yang terbagi 4 RW dan 4 RT. Topografi Desa Cilamaya Hilir merupakan daerah pedataran dengan sebagian besar berupa hamparan persawahan.

Sebagai salah satu desa yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Blanakan , Desa Cilamaya Hilir merupakan desa hasil pemekaran dari desa induknya yaitu Desa Cilamaya Girang.



Di Desa Cilamaya Hilir itu ada Tradisi Baritan.  Istilah Baritan berasal dari bahasa Sunda, yakni dari kata buritan, yang memiliki arti waktu menjelang maghrib karena berkaitan dengan waktu penyelenggaran acara tersebut antara pukul 16:00-18:00. Namun ada yang mengatakan, Baritan berasal dari kata mbubarake peri lan setan (mengusir hantu dan setan).

Anggota masyarakat yang akan melaksanakan upacara Baritan membuat nasi tumpeng dilengkapi dengan lauk-pauk. Nasi tumpeng ini bukan suatu keharusan. Kalau memang tidak mampu menyediakan atau membuat nasi tumpeng bisa diganti dengan yang lain saja
Baritan dilaksanakan pada bulan Muharam oleh seluruh warga kampung yang ada pada RT tersebut, tidak ada batasan umur untuk warga yang boleh ikut baritan. Mulai dari anak bayi sampai orang tua boleh ambil bagian dalam baritan.




PETA : Desa Cilamaya Hilir, Kecamatan Blanakan
PETA : Desa Cilamaya Hilir, Kecamatan Blanakan


Desa lainnya di Kecamatan Blanakan : 
- Desa Blanakan, Kecamatan Blanakan
- Desa Cilamaya Girang, Kecamatan Blanakan
- Desa Cilamaya Hilir, Kecamatan Blanakan
- Desa Jayamukti, Kecamatan Blanakan
- Desa Langensari, Kecamatan Blanakan
Desa Muara, Kecamatan Blanakan
- Desa Rawamekar, Kecamatan Blanakan
- Desa Rawameneng, Kecamatan Blanakan
- Desa Tanjungtiga, Kecamatan Blanakan


Data dari  Desa Cilamaya Hilir, Kecamatan Blanakan. Kabupaten Subang, mungkin bisa sobat tambahkan pada kolom komentar atau bagi warga Desa Cilamaya Hilir, Kecamatan Blanakan boleh mengirimkan data atau kegiatan dari desa tersebut ke  email  : blogmangyono(at)gmail(dot)com. Atau bagi sobat yang tinggal di Desa lain ( masih di wilayah Kabupaten Subang ) bisa mengirimkan poto asli jepretan sobat dan data Desa sobat untuk dipublikasikan di Blog Mang Yono ( BIAR MAKIN KEREN DESANYA dan DIKENAL DUNIA ).                                                                                                 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments