--> Skip to main content

Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah, Lahan Tadah Hujan

Sampurasun ...

Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah atau lahan tadah hujan.

MANGYONO.com - Padi TRISAKTI selain dibudidayakan dilahan sawah  juga dapat dibudidayakan di lahan kering atau sering kita sebut padi gogo.. Gogorancah merupakan lahan sawah tegalan atau darat atau ladang. Pada penanaman padi TRISAKTI di lahan darat ini seolah-olah padi ini adalah tanaman palawija, sehingga kebutuhan air pada sistem ini sangat lah minim.

Ini merupakan tanaman padi TRISAKTI kakek dan nenek saya.. Mereka pengen mencoba menanam padi dilahan kering. Lahan ini bekas tanaman mentimun. Untuk penanaman padi TRISAKTI gak langsung dari gabah, tapi melakukan penyemaian terlebih dahulu seperti menanam padi di lahan sawah.

FOTO 1 : Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah
FOTO 1 : Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah. 
Umur tanaman Padi Trisakti 10 HST

 
Pengolahan tanah / lahannya pun sangat sederhana. Tanah diolah pada kondisi kering sebelum hujan atau sebelum diairi.
 
Pengolahan tanah dengan dicangkul tanah bagian bawah di balik kebagian atas. Kemudian tanah di biarkan atau di kelentangkan.

Setelah lahan disiram, segeralah lahan di olah lagi dan diratakan sampai siap tanam. Tanah di beri pupuk pupuk kandang sebanyak 2 karung.


Penanaman
Penanaman dapat di lakukan setelah penyiraman.. Penanaman tanpa jajar legowo. Dengan Jarak tanam 20×20 cm, 2-4 benih/rumpun.

Pelaksanan tanam di bantu dengan alat tugal ( aseuk bahasa sunda).



FOTO 2 : Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah
FOTO 2 : Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah
Umur tanaman Padi Trisakti 10 HST

 

Pemupukan
Kakek saya ini melakukan pemberian pupuk berdasarkan kesuburan tanah,dan berdasarkan sifat-sifat tanah lokasi tersebut.

Pupuk yang di gunakan Urea, dan NPK Phonska dengan perbandingan 1 Urea : 2 NPK Phonska.

Pemberian pupuk di lakukan baru sekali yaitu umur 14 hst. Penyulaman di lakukan jika terlihat padi yang tidak tumbuh atau tidak normal, penyulaman di lakukan 10-15 hari setelah tanam.



FOTO 3 : Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah
FOTO 3 : Tanam Padi TRISAKTI di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah
Umur tanaman Padi Trisakti 10 HST


Lahan ladang / kebun ini biasanya ditanami Mentimun... Ini dia penampakannya.. Tanam mentimun saja suka kekeringan dan pengairanya menggunakan pompanisasi.. Gimana kalau tanam padi ya?.. Baca Tanam mentimun kakek saya kekeringan



Catatan : Kesalahan dari kakek dan nenek saya ini yaitu waktu penanaman. Benih pindah tanam pada umur 25 HSS.. terlalu tua.. Karena padi TRISAKTI itu umurnya Genjah dari semai benih sampai dipanen itu cuma butuh waktu 95 Hari. Kemungkinan anakan dari padi TRISAKTI gak maksimal. Tapi kita lihat saja perkembangan tanaman padi TRISAKTI yang ditanam di Darat / Ladang atau Lahan Gogorancah
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments