logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Panduan dan Cara Menanam Padi NAZWA 80 HST Panen

Pertanian ...

Panduan dan Cara Menanam Padi NAZWA 80 HST Panen

MANGYONO.com -  Padi NAZWA merupakan padi Genjah Varian Terbaru. Umur 75-80 HST ( Hari Setelah Tanam ) bisa di panen. Anakan padi NAZWA banyak 35-40 per rumpun dari 1 benih. Malai panjang dan bulir banyak sekitar 250-350 bulir. Ketahanan penyakit pun kuat. Hasil melimpah 8-14 Ton/ha

Panduan dan Cara Menanam Padi NAZWA 80 HST Panen
 Tanaman padi NAZWA admin umur 65 HST di sawah rawa

Nah, berikut ini  Panduan dan Cara Menanam Padi NAZWA 80 HST Panen
PEMBIBITAN
Ada beberapa tahapan untuk menanam padi khususnya padi NAZWA maupun budidaya padi lainnya, langkah-langkanh tersebut perlu kita lakukan untuk mendapat hasil yang maksimal. Sebelum  disemai dan ditanam, tanaman padi harus direndam, diperam dan disemaikan lebih dahulu.  


Perendaman benih padi NAZWA supaya biji cepat berkecambah. Lama perendaman selama 2 x 24 jam, kemudian biji diambil dari rendaman lalu ditiriskan atau dijemur sebentar, lalu di peram dibungkus memakai daun pisang dan karung. Pemeraman dibiarkan selama 2x24 jam.

Apabila biji padi NAZWA sudah berkecambah dengan panjang 1 mm, maka biji disebar ditempat pesemaian. Diusahakan agar penyebaran biji merata, tidak terlalu rapat dan tidak terlalu jarang. Apabila penyebarannya terlalu rapat akan mengakibatkan benih yang tumbuh kecil-kecil dan lemah. Kebutuhan benih untuk 1 Ha areal pertanaman adalah 15-25 kg.

Pekerjaan penanaman didahului dengan pekerjaan pencabutan bibit di pesemaian. Bibit yang akan dicabut adalah bibit yang sudah berumur 17-20. Sebelum pencabutan benih pesemaian 2 atau 3 hari tanah digenangi air agar tanah menjadi lunak dan memudahkan pencabutan.

Bibit yang telah dicabut lalu diikat dalam satu ikatan besar untuk memudahkan pengangkutan. Bibit yang sudah dicabut harus segera ditanam, jangan sampai bermalam.

Benih ditanam pada lahan sawah yang sudah diolah. Penanaman padi yang baik harus menggunakan larikan atau taplakan ke kanan dan ke kiri dengan jarak 30 x 30 cm, hal ini untuk memudahkan pemeliharaan, baik penyiangan atau pemupukan dan memungkinkan setiap tanaman memperoleh sinar matahari yang cukup dan zat-zat makanan secara merata.
  
Usahakan penanaman bibit tidak terlalu dalam ataupun terlalu dangkal. Bibit yang ditanam terlalu dalam akan menghambat pertumbuhan akar dan anakannya sedikit. 

Tanam padi NAZWA di sawah rawa
 Tanam padi NAZWA di sawah rawa

Bibit yang ditanam terlalu dangkal akan menyebabkan mudah reba atau hanyut oleh aliran air. Dengan demiikian jelas bahwa penanaman bibit yang terlalu dalam maupun terlalu dangkal akan berpengaruh pada hasil produksi.

Pemeliharaan Tanaman Padi NAZWA
A.    Pengairan
Air merupakan syarat mutlak bagi pertumbuhan tanaman padi sawah terutaman tanaman padi NAZWA. Masalah pengairan bagi tanaman padi sawah merupakan salah satu factor penting yang harus mendapat perhatian penuh demi mendapat hasil panen yang akan datang. Tapi tanaman padi NAZWA tak begitu membutuhkan air yang berlebih.


B.    Penyiangan dan Penyulaman
Setelah penanaman, Apabila tanaman padi ada yang mati harus segera diganti (disulam). Tanaman sulam itu dapat menyamai yang lain, apabila penggantian bibit baru jangan sampai lewat 20 hari setelah tanam.

Tanaman padi NAZWA ini gak disukai keong mas.
 Tanaman padi NAZWA ini gak disukai keong mas.

Selain penyulaman yang perlu dilakukan adalah penyiangan agar rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman padi tidak bertumbuh banyak dan mengambil zat-zat makanan yang dibutuhkan tanaman padi. Penyiangan dilakukan dua kali yang pertama setelah padi berumur 3 minggu dan yang kedua setelah padi berumur 6 minggu.

C.    Pemupukan
Pemupukan bertujuan untuk menambah zat-zat dan unsur-unsur makanan yang dibutuhkan oleh tanaman di dalam tanah. Untuk tanaman padi NAZWA, pupuk yang digunakan antara lain:

 Pemupukan padi NAZWA

1. Pupuk alam, sebagai pupuk dasar yang diberikan 7-10 hari sebelum tanaman dapat digunakan pupuk-pupuk alam, misalnya: pupuk hijau, pupuk kandang, dan kompos. Banyaknya kira-kira 10 ton / ha.

2. Pupuk buatan diberikan sesudah tanam, misalnya: ZA/Urea, DS/TS, dan ZK. 

Baca : Pemupukan Tanaman padi NAZWA


D. Pemberantasan Hama / Penyakit 
Burung, banyak yang menyerang padi sedang menguning, gunakan benda-benda untuk menghalaunya. Seperti pita plastik, orang - orangan sawah.

Pasang pita plastik untuk pengusir burung
Pasang pita plastik untuk pengusir burung

Baca : Pasang Pita plastik pengusir burung pipit pada Tanaman Padi NAZWA


Walang sangit, penyerangan dilakukan saat padi masih muda, walang sangit dapat diberantas dengan disemprot.




Baca juga :
Rendam Benih Padi NAJWA 70-80 HST Panen Untuk Sawah Cibandung
Ngayuman / Penyulaman Tanaman Padi NAZWA Umur 7 HST - 80 HST Panen Penyemprotan pencegahan hama ulat dan wereng pada tanaman padi NAZWA
Varietas Padi Genjah NAZWA Tidak Disukai Keong Mas - 80 HST Panen  
Tanaman Padi NAZWA Umur 22 HST di Sawah Rawa - 80 HST Panen   
Tanaman Padi NAZWA Umur 29 HST di Sawah Rawa - 80 HST Panen
Tanaman Padi NAZWA Umur 37 HST di Sawah Rawa - 80 HST Panen  
Pemupukan Kedua Tanaman Padi NAZWA 39 HST di Sawah Rawa  
Tanaman Padi NAZWA Umur 44 HST di Sawah Rawa - 80 HST Panen
Tanaman Padi NAZWA Umur 51 HST di Sawah Rawa Sudah Keluar Bunga  
Bersama Keluarga Melihat Padi NAZWA 58 HST di Sawah Rawa Sudah Matang Susu  Penyemprotan Score Padi NAZWA 58 HST di Sawah Rawa, Cibandung   
Pasang Pita plastik pengusir burung pipit pada Tanaman Padi NAZWA  
Padi NAZWA 65 HST di Cibandung, Sudah Matang Adonan.
Padi NAZWA 72 HST di Cibandung, Sudah Mulai Menguning.
Panen Padi NAZWA 80 HST di Sawah Cibandung, Pagaden Barat
Tanaman Padi NAZWA Umur 1 HST di Sawah Rawa - 80 HST Panen
Jual Benih Padi NAZWA 75-80 HST Panen

   

Kalau artikel ini bermanfaat bagi sobat, tolong share keteman anda melalui Facebook, google plus, atau twitter sobat dengan cara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terima kasih atas partisipasinya di blogg www.mangyono.com.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 komentar:

saya baru denger yang namanya padi nazwa mang :). Bagaimana dengan jumlah bulirnya banyak gak? soalnya saya lihat untainya kurang panjang..

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger