Bandrek Minuman Khas Sunda

Bandrek Minuman Khas Sunda 

Sampurasun.... Rampess... Masih berkaitan dengan minuman khas sunda, setelah kemarin mamang menulis tentang  Bajigur minuman khas sunda  kali ini adalah minuman “ Bandrek ” minuman ini  cocok dihidangkan pada saat-saat yang dingin, seperti di kala hujan, malam hari ataupun sambil  paling asik bakar jagung . Bandrek bahan dasarnya yang paling penting adalah jahe dan gula merah



Tapi di daerah-daerah tertentu di Indonesia, ada yang menambahkan rempah - rempah tersendiri agar hangatnya lebih terasa dan jreng hehehe, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung jangan telur ayam kota kwkwkw dan  Susu bisa ditambahkan juga, tergantung dari selera sobat. Banyak orang percaya khasiat bandrek untuk menyembuhkan penyakit ringan, seperti sakit tenggorokan dan flu atu pun bisa untuk yang lagi jomlo hohohoho (ngawur ah si Amang).



Bandrek Minuman Khas Sunda
        
"Bandrek berkhasiat karena minuman ini bisa menghangatkan badan, mencegah masuk angin, melancarkan peredaran darah dan menjaga stamina tubuh." 
  
.Ini Mamang kasih resepnya, catat yah.


Bahan Bandrek  yang harus disediakan atau harus dibeli, minta ketetangga juga tidak apa - apa tapi ingat nanti kalau sudah mateng kasih tetangganya eheheh :

Bahan - Bahan
  • 1 Liter  air
  • 200 gram gula merah atau gula aren, diiris halus
  • 100 gram jahe dibakar dulu terus memarkan
  • 5 cm kayumanis
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 butir buah cengkeh
  • 1/2 sendok teh garam 
Cara Membuat Bandreknya kurang lebih seperti ini : 


-  Rebus 1 Liter air, 2 lembar daun pandan, gula merah atau gula aren, jahe yang sudah dimemarkan, 5 cm kayumanis, 5 butir cengkeh dan ½ sendok garam sampai mendidih dan beraroma. 

- Saring. Sajikan selagi hangat, ini untuk 3 porsi.

Terimakasih anda sudah membaca tentang  Bandrek minuman khas sunda semoga bermanfaat dan bisa dipraktekan ditempat anda hehehe

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar